fbpx

Berikut Ini 5 Adab Membaca Al-Quran, Yang Anda Perlu Tahu

adab membaca Al-quran

adab membaca Al-quran

Kitab suci utama dalam agama islam ini yang dijadikan pedoman dalam kehidupan di dunia dan di akhirat, terdiri dari beberapa surat dan pada setiap surat nya terdiri dari beberapa ayat.

Hasuna.co.id – Halo sahabat Hasuna dimanapun berada. Sudahkah sahabat membaca Al-Quran hari ini meskipun hanya satu ayat? Semoga dengan rajin membaca Al-Quran kita semua senantiasa diberi petunjuk oleh Allah SWT.

Alquran merupakan kalam Allah yang telah diturunkan kepada Nabi Muhammad melalui perantara malaikat Jibril.

 

Sebagai seorang muslim yang selalu berusaha mengamalkan ajaran-ajaran Al-Quran sebaiknya kita juga memperharikan adab-adab dalam membaca kitab suci Al-Quran. Apa saja adab yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan kesempurnaan dalam membaca Al-Quran? Berikut ini adab-adab dalam membaca Al-Quran.

1. Mengawali membaca Al-Quran dengan Isti’adzah

Kalimat Isti’adzah atau Taawudz merupakan doa untuk memohon perlindungan dan penjagaan dari godaan setan. Seperti firman Allah pada surat An Nahl ayat 98:

فَاِ ذَا قَرَأْتَ الْقُرْاٰ نَ فَا سْتَعِذْ بِا للّٰهِ مِنَ الشَّيْطٰنِ الرَّجِيْمِ

“Maka apabila engkau (Muhammad) hendak membaca Alquran , mohonlah perlindungan kepada Allah dari setan yang terkutuk.” (QS An Nahl ayat 98)

2. Baca Al-Quran dalam keadaan suci, tenang dan duduk dengan sopan

Anjuran dalam membaca Al-Quran berikutnya adalah suci. Artinya, baik badan, pakaian,maupun tempat membaca Al-Quran harus suci dari najiz. Selain itu dalam membaca Al-Quran diutamakan dalam posisi duduk tenang dan sopan. Meskipun demikian, tidak ada larangan untuk membaca Al-Quran dengan posisi berbaring maupun berdiri.

3. Membaca Al-Quran dengan Tartil

Yang ketiga, membaca Al-Quran juga harus jelas, harakat dan makhrajul hurufnya. Lebih baik bacalah pelan dan tidak terburu-buru.

4. Membaca Al-Quran dengan khusyuk

Bacalah Al-Quran dengan khusyuk, meresapi hingga sampai ke hati. Terlebih apabila Anda bisa meneteskan air mata karena membaca ayat-ayat Al-Quran. Usahakan juga mengeluarkan suara dan irama yang bagus ketika membaca Al-Quran.

5. Bacalah Al-Quran, Namun Jangan Sampai Mengganggu Orang Lain

Membaca Al-Quran namun usahakan tidak sampai mengganggu orang lain. Seperti contohnya ada orang yang sedang sholat di dekat Anda. Dan Anda membaca Al-Quran dengan suara yang terlalu lantang. Usahakan dapat mengatur volume suara sesuai dengan keadaan lingkungan sekitar Anda.

Baca Juga Artikel Menarik dari Hasuna Umrah Jogja

HAJAR ASWAD

6 Keistimewaan Hajar Aswad, Batu Surga yang Dimuliakan

Keistimewaan Hajar Aswad- Pergi ke tanah suci menunaikan ibadah haji adalah impian bagi seluruh umat muslim di dunia. Di antara serangkaian kegiatan ibadah haji, salah satu yang menjadi impian jamaah haji adalah mencium hajar aswad.

modus penipuan travel umroh

6 Cara Terhindar dari Modus Penipuan Umroh

Modus Penipuan Umroh – Kasus penipuan jamaah umroh memang sangat membuat trauma banyak orang yang ingin mencari jasa travel umroh. Tentunya kepercayaan publik pun juga menurun akibat kasus-kasus penipuan umroh yang pernah terjadi. Kekhawatiran jamaah

Bolehkah Umroh Tapi Belum Haji

Bolehkah Umroh Tapi Belum Haji? Simak Pembahasannya Berikut ini!

Bolehkah umroh tapi belum haji? Ya, pertanyaan tersebut sering kali menjadi pertanyaan banyak orang, terutama bagi mereka yang ingin pergi ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah umroh namun belum berhaji. Saat ini, antrean keberangkatan haji

Begini 5 Cara Berdoa di Depan Ka’bah Agar Dikabulkan Allah

Cara berdoa di depan ka’bah agar dikabulkan- Berdoa di depan ka’bah ketika melakukan ibadah haji ataupun umrah adalah salah satu hal yang sangat dinantikan umat muslim di seluruh dunia. Pasalnya, berdoa di tanah suci membuat

KANTOR PUSAT

Jl. Ipda Tut Harsono No.3, Muja Muju, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55165.

KANTOR HASUNA

© 2019 Hasuna Tour All right reserved