Bolehkah Umroh Tapi Belum Haji? Simak Pembahasannya Berikut ini!

Bolehkah Umroh Tapi Belum Haji

Bolehkah umroh tapi belum haji? Ya, pertanyaan tersebut sering kali menjadi pertanyaan banyak orang, terutama bagi mereka yang ingin pergi ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah umroh namun belum berhaji. Saat ini, antrean keberangkatan haji terbilang sangat panjang.

Karena itulah, kini banyak orang memilih untuk menunaikan ibadah umroh terlebih dahulu. Lantas bagaimana hukumnya menunaikan ibadah umroh sebelum berhaji? Hal ini mengingat hukum ibadah haji yang lebih ditekankan dibandingkan dengan hukum ibadah umroh. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut ini!

Hukum Melaksanakan Umroh Sebelum Haji

Pada Q.S Al-Baqarah ayat 166 disebutkan, “Dan sempurnakan Haji dan Umroh karena Allah”. Hal ini menunjukkan bahwa ibadah haji adalah ibadah yang harus diprioritaskan oleh umat muslim.

Dalam Q.S Ali-Imran ayat 97 juga telah disebutkan bahwa ibadah haji merupakan ibadah yang harus diprioritaskan oleh muslim yang telah memiliki kemampuan baik secara mental, fisik, dan juga finansial.

Meski ibadah haji memiliki hukum yang lebih tegas jika dibandingkan dengan hukum ibadah umroh, ternyata tidak ada peraturan yang menyebutkan bahwa haji harus dilaksanakan dulu sebelum umroh. Justru keduanya dapat dilaksanakan secara beriringan. Bahkan ada tata cara yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW, yakni cara tamattu’dan cara qiran.

Cara tamattu’ merupakan perjalanan ibadah haji yang diawali dengan umroh dan dilanjutkan dengan melaksanakan ibadah haji.

Sementara itu, haji qiran adalah perjalanan haji yang menggabungkan ibadah haji dan umroh dalam satu rangkaian.

Jadi bolehkah umroh tapi belum haji? Berdasarkan penjelasan tersebut, setiap muslim boleh memilih untuk melaksanakan ibadah umroh sebelum menunaikan ibadah haji. Meski demikian, kewajiban haji tetap melekat bagi mereka yang telah menunaikan umroh sebelum berhaji. Jadi, selama orang tersebut punya kemampuan untuk melaksanakannya, maka kewajiban untuk berhaji tetap ada.

Hikmah Melaksanakan Ibadah Umroh Sebelum Berhaji

Jika ternyata Anda melaksanakan ibadah umroh sebelum berhaji maka ada beberapa hikmah atau keuntungan yang bisa Anda dapatkan, di antaranya:

  1. Mendapatkan Gambaran Mengenai Situasi di Tanah Suci Mekkah

Dengan memiliki gambaran seputar situasi di Tanah Suci diharapkan Anda akan memiliki pengalaman yang membuat Anda lebih siap saat melaksanakan ibadah haji nantinya. Jadi, pada saat Anda berangkat melaksanakan ibadah umroh, gali informasi sebanyak-banyaknya tentang situasi di Tanah Suci sebagai bekal untuk melaksanakan haji di kemudian hari.

  1. Mengantisipasi Jika Akhirnya Anda tidak Dapat Berhaji

Jika ternyata takdir dan usia tidak memberikan kesempatan bagi kita untuk melaksanakan ibadah haji,  setidaknya kita telah melaksanakan ibadah umroh. Dengan melaksanakan ibadah umroh setidaknya itu sudah lebih baik daripada tidak sama sekali. Namun jika datang kesempatan dimana Anda bisa memilih untuk melakukan ibadah haji atau umroh, utamakan haji terlebih dulu.

ilustrasi Masjidil Haram

Haji dan Umroh Berdasarkan yang Dilakukan Nabi Muhammad SAW

Sahabat Nabi, Ibnu Abbas ra memberi keterangan bahwa Nabi Muhammad SAW mengerjakan umroh sebanyak empat kali, yakni umroh Hudaibiyah, umroh Qada di bulan Dzulqaidah setahun setelah Hudaibiyah, umroh ketiga dari Ji’ranah, dan yang terakhir adalah umroh bersamaan dengan pelaksanaan haji beliau. Dengan demikian, Rasulullah melaksanakan tiga ibadah umroh sebelum beliau menunaikan ibadah haji. Berikut ini adalah umroh yang dilaksanakan oleh Rasulullah sebelum beliau berhaji:

  1. Umroh Hudaibiyah

Umroh Hudaibiyah dilaksanakan oleh Rasulullah paa 6 H, tepatnya di bulan Dzulqa’dah. Dinamai umroh Hudaibiyah karena saat itu Nabi dan rombongan dihadang oleh kaum Quraisy sehingga perjalanan mereka terhenti di Hudaibiyah dan dibuatlah perjanjian Hudaibiyah. Setelah itu Nabi melaksanakan ibadah umroh tersebut.

  1. Umroh Qada

Pada bulan Dzulqa’dah di tahun 7 H, Nabi Muhammad SAW melaksanakan perjalanan umroh bersama 2.000 orang sahabat. Sebagian dari sahabat tersebut telah melaksanakan umroh Hudaibiyah di tahun sebelumnya.

  1. Umroh Ji’ranah

Pasca perang Hunain pada 8 H, Rasulullah membagikan ghanimah di Ji’ranah dan beliu beserta rombongan melaksanakan ibadah umroh.

Setelah Rasulullah melaksanakan tiga umroh tersebut, beliau kemudian melaksanakan ibadah haji sekaligus umroh pada tahun 10 H. Jadi, berdasarkan apa yang telah dijalankan oleh Rasulullah, menunaikan ibadah umroh sebelum haji hukumnya mubah atau tidak dilarang.

hasuna Biro Umroh dan Haji Jogja

Demikianlah pembahasan yang semoga bisa menjawab pertanyaan bolehkah umroh tapi belum haji. Bagi Anda yang ingin segera menunaikan ibadah umroh ke Tanah Suci, percayakan saja pada Hasuna Tour, biro perjalanan haji dan umroh Jogja yang telah berizin resmi dan tersertifikasi Komite Akreditasi Nasional. Kami sangat berpengalaman melayani lebih dari 21.000 jamaah haji dan umroh dari DIY, Jawa Tengah, dan seluruh Indonesia. Bersama dengan Hasuna Tour, biro perjalanan haji dan umroh Jogja yang sangat terpercaya.

Baca Juga Artikel Menarik dari Hasuna Umrah Jogja

4 Ciri-Ciri Haji Mabrur Menurut Rasulullah SAW

4 Ciri-Ciri Haji Mabrur Menurut Rasulullah SAW

Seperti apakah ciri-ciri haji mabrur menurut islam?- Mabrur dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah diterima Allah atau baik. Jadi, secara bahasa, haji mabrur adalah haji yang baik atau ibadahnya telah dilaksanakan dengan baik dan diterima

Seperti Apa Tata Cara Pelaksanaan Ibadah Haji Tamattu’?

Apa itu haji tamattu’? Haji tamattu’ adalah mengerjakan umrah lebih dahulu baru setelah itu mengerjakan haji. Cara ini mewajibkan jamaah membayar dam. Pelaksanaan haji tamattu’ ini dianjurkan kepada seluruh jamaah haji dan petugas haji Indonesia.

umrah segera dibuka dalam 4 tahap

Umroh Segera Dibuka dalam 4 Tahap

Hasuna.co.id – Assalamu’alaikum, Sobat Hasuna👋 Dilansir dari kompas.com, ada berita terbaru mengenai umroh, bahwasanya mekanisme umroh dari Arab Saudi akan dibuka secara bertahap. Terdapat 4 tahap untuk jamaah yang diperbolehkan untuk umroh, yakni tahap pertama

paket umroh jogja ramadhan

Penasaran Berapa Biaya Umroh yang Wajar? Simak Ulasan Berikut

Sebelum pergi menjalankan ibadah umroh ke tanah suci, salah satu hal yang Anda pikirkan adalah berapa sebenarnya biaya umroh yang wajar yang harus Anda keluarkan. Untuk bepergian ke luar negeri, khususnya untuk umroh, biaya yang

Menag: Kita Akan Evaluasi Kebijakan Penyelenggaraan Umrah

Hasuna.co.id – Menteri Agama Yaqut Cholil menyebut akan mengevaluasi kembali kebijakan penyelenggaraan umroh di masa pandemi. Hal ini disampaikan Menag Yaqut saat menerima perwakilan asosiasi-asosiasi Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU) di Kantor Kementerian Agama, Jakarta.

KANTOR PUSAT

Jl. Ipda Tut Harsono No.3, Muja Muju, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55165.

KANTOR HASUNA

© 2019 Hasuna Tour All right reserved