fbpx

Marak Penipuan, Begini 5 Cara Memilih Biro Travel Haji dan Umroh yang Aman

HASUNA BIRO UMROH JOGJA DAN HAJI PLUS FURODA (55)-min

Cara memilih biro travel haji dan umroh yang aman- Perjalanan spiritual ke tanah suci dalam rangka menunaikan ibadah haji maupun umroh adalah salah satu cita-cita umat muslim di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Besarnya keingina untuk menunaikan ibadah haji, membuat peluang usaha travel haji dan umroh semakin berkembang. Saat ini banyak sekali biro travel yang berlomba menyediakan perjalanan ke tanah suci dengan berbagai kelebihannya.

HASUNA BIRO UMROH JOGJA DAN HAJI PLUS FURODA (30)

Akan tetapi, momentum ini tidak jarang dimanfaatkan oleh beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab untuk merauk keuntungan. Salah satu contohnya adalah kasus penipuan yang dilakukan oleh salah satu biro travel yang belakangan disorot oleh media. Oleh karena itu, penting bagi calon jamaah untuk memastikan bahwa biro travel yang ia pilih aman terpercaya. Berikut adalah cara memilih biro travel umroh yang aman.

1.             Terdaftar di Kementerian Agama

Mendirikan sebuah bisnis travel haji dan umroh, terdapat banyak syarat yang harus dipenuhi oleh agen penyedia. Misalnya Surat Izin Tetap Usaha Pariwisata, Tanda Daftar Perusahaan, NPWP Perusahaan, Surat Keterangan Domisili Perusahaan,  SK Menteri Kehakiman, SK Depag Dirjen Penyelenggara Haji dan Umroh, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, menjadi PPIU atau Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah bukanlah hal yang mudah dilakukan.

Setelah semua syarat terpenuhi, agen travel haji kemudian akan terdaftar dan mendapatkan izin Kementerian Agama. Nah, inilah salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui apakah agen tersebut aman, yaitu dengan memastikan bahwa agen travel haji tersebut telah terdaftar di Kementerian Agama Republik Indonesia. Pastikan untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum Anda mempercayakan perjalanan ibadah haji dan umroh Anda ke sebuah travel agen haji dan umroh.

2.             Riwayat Travel Haji dan Umroh yang Baik

Langkah selanjutnya adalah dengan mencari tahu riwayat atau track record biro travel haji dan umroh tersebut. Cari tahu tentang berapa lama travel tersebut telah beroperasi, berapa jamaah yang telah ia berangkatkan, bagaimana kepuasan jamaah, dan pastikan dimana kantor travel tersebut berada. Agar lebih aman, ada baiknya Anda menanykan langsung kepada teman, tetangga, ataupun saudara Anda yang pernah menggunakan atau melakukan perjalanan dengan travel haji dan umroh tersebut.

3.             Jadwal Keberangkatan Jelas

Cara memilih biro travel haji dan umroh yang aman selanjutnya adalah dengan memastikan jadwal keberangkatan Anda. Berbeda dengan ibadah haji yang harus menunggu bertahun-tahun agar bisa berangkat, ibadah umroh dapat dilaksanakan kapanpun sepanjang tahun. Apabila Anda menemukan biro travel umroh yang menjanjikan keberangkatan satu atau dua tahun lebih, maka sebaiknya Anda berpikir dua kali untuk memilihnya.

4.             Jangan Tergiur Harga Murah

Manurut Matob, Dalam kasus penipuan travel haji dan umroh, yang sering terjadi adalah calon jamaah tergiur dengan harga murah yang ditawarkan. Untuk itu, apabila Anda menemui biro travel haji dan umroh yang menawarkan harga murah yang tidak masuk akal, sebaiknya Anda berpikir dua kali. Bukan berarti harga murah bermasalah, akan tetapi apabila harga tersebut tidak rasional maka perlu bagi Anda untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu terhadap biro travel tersebut.

5.             Periksa Fasilitas yang Disediakan

Cara terakhir ini akan sangat membantu Anda untuk mendapatkan kenyamanan selama perjalanan iadah haji maupun umroh Anda. Biro travel haji dan umroh biasanya menyediakan fasilitas seperti, tiket pulang-pergi dengan nama pesawat yang jelas, hotel dengan nama dan bintang yang jelas, trabsportasi ketika di tanah suci, makan tiga kali sehari, pajak, bagasi pesawat 3kg, air zam-zam, muthawif dan pembimbing, dan juga manasik.

Aturan Penyelenggaraan Haji yang Dikeluarkan oleh Pemerintah Indonesia

Demikianlah lima Cara memilih biro travel haji dan umroh yang aman untuk perjalanan Anda ke tanah suci. Salah satu biro travel haji dan umroh yang dapat Anda percaya adalah Hasuna Tour Umroh & Haji. Hasuna adalah biro travel haji plus Jogja dengan pengalaman 22 tahun serta telah berhasil memberangkatkan 21.000 jamaah ke tanah suci Mekah. Tidak berorientasi pada harga yang murah, Hasuna memiliki prioritas untuk memberikan pelayanan dan perjalanan yang aman dan menyenangkan. Selain itu, biro umroh Jogja ini juga memberikan pembimbing yang telah berpengalaman dan juga bersertifikat.

Baca Juga Artikel Menarik dari Hasuna Umrah Jogja

pakaian ihram laki-laki untuk haji & umroh

Begini Cara Memakai Pakaian Ihram Bagi Laki-Laki

  Hasuna.co.id – Dalam rukun Islam, poin ke lima adalah menjalankan ibadah Haji. Tentu dalam melaksanakan ibadah haji kita perlu mengenakan pakaian ihram. Sebenarnya tidak hanya pada ibadah Haji saja, pada saat menjalankan umroh juga

biro umroh purworejo

Biro Umroh Purworejo, Fasilitas Lengkap Pelayanan Terbaik

Hasuna.co.id – Ingin menutup tahun 2023 dengan beribadah umroh? Yuk, segera hubungi biro umroh Purworejo. Kami akan membantu Anda mewujudkan impian ini. Sebagai salah satu biro umroh yang sudah beroperasi lebih dari 20 tahun, kami

apa itu ibadah haji

Tips Memilih Paket Haji Plus yang Tepat untuk Perjalanan Ibadahmu

Haji Plus adalah paket perjalanan yang ditawarkan oleh agen perjalanan untuk memudahkan umat Muslim dalam menjalankan ibadah haji. Paket ini tidak hanya mencakup ibadah haji, tetapi juga menyediakan fasilitas tambahan seperti akomodasi, transportasi, makanan, dan

Berikut Ini Tuntunan Melaksanakan Puasa Syawal

Puasa Syawal merupakan puasa yang dilakukan setelah bulan Ramadhan selesai. Meskipun tidak diwajibkan, namun puasa Syawal punya banyak keutamaan dan manfaat bagi umat muslim yang melakukannya. Berikut ini adalah tuntunan melaksanakan puasa Syawal. Menentukan niat

HASUNA BIRO UMROH JOGJA DAN HAJI PLUS FURODA (9)

Tata Cara Ibadah Umroh Sesuai Tuntunan Rasulullah

Jamaah umroh harus mengetahui tata cara ibadah umroh beserta dengan doa dan bacaannya yang  sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW. Ibadah umroh memiliki tata cara yang sedikit berbeda dengan ibadah haji. Perbedaan tersebut terletak pada waktu

KANTOR PUSAT

Jl. Ipda Tut Harsono No.3, Muja Muju, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55165.

KANTOR HASUNA

© 2019 Hasuna Tour All right reserved