Marak Penipuan, Begini 5 Cara Memilih Biro Travel Haji dan Umroh yang Aman

HASUNA BIRO UMROH JOGJA DAN HAJI PLUS FURODA (55)-min

Cara memilih biro travel haji dan umroh yang aman- Perjalanan spiritual ke tanah suci dalam rangka menunaikan ibadah haji maupun umroh adalah salah satu cita-cita umat muslim di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Besarnya keingina untuk menunaikan ibadah haji, membuat peluang usaha travel haji dan umroh semakin berkembang. Saat ini banyak sekali biro travel yang berlomba menyediakan perjalanan ke tanah suci dengan berbagai kelebihannya.

HASUNA BIRO UMROH JOGJA DAN HAJI PLUS FURODA (30)

Akan tetapi, momentum ini tidak jarang dimanfaatkan oleh beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab untuk merauk keuntungan. Salah satu contohnya adalah kasus penipuan yang dilakukan oleh salah satu biro travel yang belakangan disorot oleh media. Oleh karena itu, penting bagi calon jamaah untuk memastikan bahwa biro travel yang ia pilih aman terpercaya. Berikut adalah cara memilih biro travel umroh yang aman.

1.             Terdaftar di Kementerian Agama

Mendirikan sebuah bisnis travel haji dan umroh, terdapat banyak syarat yang harus dipenuhi oleh agen penyedia. Misalnya Surat Izin Tetap Usaha Pariwisata, Tanda Daftar Perusahaan, NPWP Perusahaan, Surat Keterangan Domisili Perusahaan,  SK Menteri Kehakiman, SK Depag Dirjen Penyelenggara Haji dan Umroh, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, menjadi PPIU atau Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah bukanlah hal yang mudah dilakukan.

Setelah semua syarat terpenuhi, agen travel haji kemudian akan terdaftar dan mendapatkan izin Kementerian Agama. Nah, inilah salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui apakah agen tersebut aman, yaitu dengan memastikan bahwa agen travel haji tersebut telah terdaftar di Kementerian Agama Republik Indonesia. Pastikan untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum Anda mempercayakan perjalanan ibadah haji dan umroh Anda ke sebuah travel agen haji dan umroh.

2.             Riwayat Travel Haji dan Umroh yang Baik

Langkah selanjutnya adalah dengan mencari tahu riwayat atau track record biro travel haji dan umroh tersebut. Cari tahu tentang berapa lama travel tersebut telah beroperasi, berapa jamaah yang telah ia berangkatkan, bagaimana kepuasan jamaah, dan pastikan dimana kantor travel tersebut berada. Agar lebih aman, ada baiknya Anda menanykan langsung kepada teman, tetangga, ataupun saudara Anda yang pernah menggunakan atau melakukan perjalanan dengan travel haji dan umroh tersebut.

3.             Jadwal Keberangkatan Jelas

Cara memilih biro travel haji dan umroh yang aman selanjutnya adalah dengan memastikan jadwal keberangkatan Anda. Berbeda dengan ibadah haji yang harus menunggu bertahun-tahun agar bisa berangkat, ibadah umroh dapat dilaksanakan kapanpun sepanjang tahun. Apabila Anda menemukan biro travel umroh yang menjanjikan keberangkatan satu atau dua tahun lebih, maka sebaiknya Anda berpikir dua kali untuk memilihnya.

4.             Jangan Tergiur Harga Murah

Dalam kasus penipuan travel haji dan umroh, yang sering terjadi adalah calon jamaah tergiur dengan harga murah yang ditawarkan. Untuk itu, apabila Anda menemui biro travel haji dan umroh yang menawarkan harga murah yang tidak masuk akal, sebaiknya Anda berpikir dua kali. Bukan berarti harga murah bermasalah, akan tetapi apabila harga tersebut tidak rasional maka perlu bagi Anda untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu terhadap biro travel tersebut.

5.             Periksa Fasilitas yang Disediakan

Cara terakhir ini akan sangat membantu Anda untuk mendapatkan kenyamanan selama perjalanan iadah haji maupun umroh Anda. Biro travel haji dan umroh biasanya menyediakan fasilitas seperti, tiket pulang-pergi dengan nama pesawat yang jelas, hotel dengan nama dan bintang yang jelas, trabsportasi ketika di tanah suci, makan tiga kali sehari, pajak, bagasi pesawat 3kg, air zam-zam, muthawif dan pembimbing, dan juga manasik.

Aturan Penyelenggaraan Haji yang Dikeluarkan oleh Pemerintah Indonesia

Demikianlah lima Cara memilih biro travel haji dan umroh yang aman untuk perjalanan Anda ke tanah suci. Salah satu biro travel haji dan umroh yang dapat Anda percaya adalah Hasuna Tour Umroh & Haji. Hasuna adalah biro travel haji plus Jogja dengan pengalaman 22 tahun serta telah berhasil memberangkatkan 21.000 jamaah ke tanah suci Mekah. Tidak berorientasi pada harga yang murah, Hasuna memiliki prioritas untuk memberikan pelayanan dan perjalanan yang aman dan menyenangkan. Selain itu, biro umroh Jogja ini juga memberikan pembimbing yang telah berpengalaman dan juga bersertifikat.

Baca Juga Artikel Menarik dari Hasuna Umrah Jogja

Hasuna Tour Umroh Jogja

Inilah 6 Keistimewaan dan Keutamaan Ibadah Umrah

Keutamaan ibadah umrah- Umrah berasal dri kata i’timar yang berarti ziarah. Umrah disebut juga dengan haji kecil. Umrah atau haji kecil adalah ziarah ke baitullah guna melakukan serangkaian ibadah dengan rukun, syarat, wajib yang telah

Perbedaan Haji dan Umroh

Haji dan umroh merupakan dua hal yang berbeda, buat anda yang belum tahu apa perbedaan haji dan umroh, tenang saja. Kali ini Hasuna akan berbagi tentang perbedaan Umroh dan Haji. Nah beberapa ada kesamaan antara

Menag: Kita Akan Evaluasi Kebijakan Penyelenggaraan Umrah

Hasuna.co.id – Menteri Agama Yaqut Cholil menyebut akan mengevaluasi kembali kebijakan penyelenggaraan umroh di masa pandemi. Hal ini disampaikan Menag Yaqut saat menerima perwakilan asosiasi-asosiasi Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU) di Kantor Kementerian Agama, Jakarta.

Hukum Naik Haji Tapi Berhutang

Hukum Naik Haji Tapi Berhutang

Ibadah haji diwajibkan bagi setiap muslim yang memiliki kemampuan, baik secara fisik maupun finansial. Tapi fenomena yang terjadi sekarang ini adalah pergi haji dengan jalan berhutang. Berhutang apabila dilihat dari satu sisi menunjukkan bahwa orang

MUI tawarkan usulan haji

MUI Coba Tawarkan Solusi agar Umat Bisa Berhaji di Usia Belia

Hasuna.co.id – Diketahui lebih dari 50 persen jemaah haji asal Indonesia telah berusia lanjut. Tak heran, karena biasanya mereka harus menabung ber-tahun-tahun guna menyiapkan dana untuk mendaftar haji, ditambah lagi biaya yang naik tiap tahunnya.

biaya sebelum berangkat haji

Ini Dia Biaya Yang Perlu Anda Persiapkan Sebelum Berangkat Haji

Hasuna.co.id – Apa hal yang perlu Anda lakukan sebelum berangkat menunaikan ibadah haji? Salah satu hal yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan biaya untuk melakukan vaksin meningitis. Sesuai informasi dari WHO (World Health Organization), Arab

KANTOR PUSAT

Jl. Ipda Tut Harsono No.3, Muja Muju, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55165.

KANTOR HASUNA

© 2019 Hasuna Tour All right reserved