fbpx

Apa Makna Haji Mambrur? Berikut Penjelasan Singkatnya

pengertian haji mabrur

pengertian haji mabrur

Hasuna.co.id – Beribadah haji merupakan salah satu rukun Islam yang ke lima. Artinya beribadah haji berhukum wajib bagi umat Islam yang mampu. Mampu di sini diartikan mampu secara fisik maupun materi dari berangkat hingga pulang kembali.

Setiap jemaah haji pasti akan mengharapkan ibadah hajinya menjadi mabrur. Lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan haji mabrur?

Ada sebuah hadist tentang haji mabrur, berikut lafal hadist tersebut.

وَ الْحَجُّ الْمَبْرُوْرُ لَيْسَ لَهُ جَزَاءٌ إِلاَّ الْجَنَّةَ

Berikut ini penjelasan dari hadist tersebut:

“Dan haji mabrur itu tiada balasan bagi-nya melainkan Surga”, Imam Yahya bin Syaraf an-Nawawi berkata: ‘(Makna) yang paling benar dan paling masyhur bagi kata “al-mabrur” yaitu (ibadah haji) yang tidak dicemari oleh perbuatan dosa’. Kata tersebut terambil dari kata”al-birr” yang bermakna “ketaatan”.

Selanjutnya beliau mengatakan: “Ada juga orang yang mengartikannya dengan ‘al-maqbul’ yaitu haji yang diterima, dan di antara tanda terkabulnya adalah kondisinya (setelah kembali dari ibadah tersebut) menjadi lebih baik daripada sebelumnya, serta tidak mengulangi lagi perbuatan maksiat”.

Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albani , berkata: “Haji mabrur yaitu haji yang tidak tercemar oleh perbuatan dosa sedikit-pun”. Ada juga yang mengatakan: “Haji yang maqbul (diterima) yang merupakan imbalan bagi suatu perbuatan kebajikan.

Selanjutnya beliau mengatakan: “Haji mabrur tidak akan terwujud kecuali jika terpelihara dari segala bentuk bid’ah dan hal-hal yang merupakan tradisi manusia, serta terlaksana dari hasil usaha yang halal, yang dengannya ia berupaya untuk menjalankan kewajiban agama dan melaksanakan perintah-perintah Allah Tabaaraka wa Ta’ala”.

Nah, semoga sedikit uraian di atas bisa mewakili penjelasan singkat mengenai pengertian haji mabrur.

Baca Juga Artikel Menarik dari Hasuna Umrah Jogja

Perbedaan Haji Plus dan Haji Reguler

Apa sih perbedaan antara Haji plus dan haji regular? Sudahkah anda tahu perbedaan antara haji plus dan haji regular? Jika anda belum tahu maka kalian harus mengetahui terlebih dahulu tentang haji plus dan haji regular.

HASUNA BIRO UMROH JOGJA DAN HAJI PLUS FURODA (50)

6 Persiapan Fisik Sebelum Umroh yang Perlu Anda Lakukan

Calon jamaah umroh perlu menjalani serangkaian persiapan fisik sebelum umroh. Umroh merupakan ibadah yang membutuhkan kondisi fisik yang begitu prima. Bahkan mulai dari menentukan jadwal penerbangan, mempersiapkan perlengkapan umroh, hingga nantinya menjalankan serangkaian ibadah umroh,

Hukum Naik Haji Tapi Berhutang

Hukum Naik Haji Tapi Berhutang

Ibadah haji diwajibkan bagi setiap muslim yang memiliki kemampuan, baik secara fisik maupun finansial. Tapi fenomena yang terjadi sekarang ini adalah pergi haji dengan jalan berhutang. Berhutang apabila dilihat dari satu sisi menunjukkan bahwa orang

perbedaan ibadah haji dan umroh

3 Perbedaan Haji dan Umroh yang Penting Kamu Ketahui

Apa kabar sahabat Hasuna semuanya? Semoga semua selalu dalam keadaan sehat dan diberkahi dalam setiap aktivitas positifnya. Sahabat Hasuna, ibadah umroh dan haji adalah ibadah yang sangat baik jika kita bisa melaksanakannya. Meskipun ibadah haji

KANTOR PUSAT

Jl. Ipda Tut Harsono No.3, Muja Muju, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55165.

KANTOR HASUNA

© 2019 Hasuna Tour All right reserved