fbpx

Ini 5 Keutamaan Puasa Ramadhan Yang Dapat Anda Maksimalkan

Hasuna.co.id – Puasa Ramadhan memiliki kedudukan yang sangat agung. Di dalamnya ada keistimewaan dan ganjaran yang begitu besar. Untuk Anda ketahui, berikut ini diantaranya 5 keutamaan puasa bulan Ramadhan yang bisa Anda maksimalkan.

Pertama, masuk dalam rukun Islam

Belum sempurna keislaman seseorang kecuali dengan mengerjakan lima perkara. Puasa Ramadhan termasuk rukun Islam.

Islam itu dibangun di atas lima perkara: syahadat(persaksian) bahwa tidak ada ilah (sembahan) yang berhak diibadahi dengan benar kecuali hanya Allah dan bahwa Muhammad adalah rasul (utusan) Allah, mendirikan shalat, membayar za kat, berhaji ke Baitullah, dan berpuasa di bulan Ramadhan.’” (HR al-Bukhari: 8 dan Muslim: 16)

Kedua, menghapus dosa yang telah lalu

“Barangsiapa berpuasa Ramadhan atas dasar iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari no. 38 dan Muslim No. 860).

Jadi, apabila kita menjalankan puasa Ramadhan dengan dasar iman, yaitu meyakini akan perintah Allah dan kewajiban puasa, serta mengharap pahala dari Allah. Maka dosa-dosa kita dapat diampuni.

Ketiga, salah satu sebab masuk surga

Abu Abdillah Jarir Al-Anshari RA menerangkan, ada seorang lelaki yang bertanya kepada Rasulullah SAW, ”Bagaimana pendapatmu jika aku telah mengerjakan sholat maktubah (sholat fardhu lima waktu), berpuasa Ramadhan, menghalalkan yang halal dan mengharamkan yang haram, dan aku tidak menambahnya dengan suatu apapun. Apakah aku bisa masuk surga?” Rasul menjawab, ”Ya.” (HR Muslim “15).

Keempat, do’anya terkabulkan

“Sesungguhnya Allah mempunyai orang-orang yang akan dibebaskan (dari neraka) setiap hari dan malam. Setiap hamba dari mereka punya do’a yang mustajab.” (HR Ahmad 12/420. Hadits ini dishahihkan oleh asy-Syaikh al Albani di dalam Shahih al-Jami’ no. 2169).

 

Kelima, pahala yang berlipat ganda tanpa batas.

“Semua amal Bani Adam akan dilipat gandakan kebaikan sepuluh kali sampai tujuh ratus kali lipat. Allah Azza Wa Jallah berfirman, ‘Kecuali puasa, maka ia untuk-Ku dan Aku yang akan memberikan pahalanya.”

Yakni Aku akan memberikan pahala yang banyak tanpa menentukan kadarnya. Hal ini seperti firman Allah Ta’ala, “Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah Yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.” (QS. Az-Zumar: 10)

 

Baca Juga Artikel Menarik dari Hasuna Umrah Jogja

tips berat koper haji

5 Tips Agar Berat Koper Tidak Melebihi Batas Saat Haji

  Melakukan perjalanan haji memerlukan persiapan yang matang, termasuk dalam hal pengemasan koper. Maskapai penerbangan umumnya memberlakukan batas berat koper yang harus dipatuhi oleh setiap penumpang. Agar koper Anda tidak melebihi batas berat yang ditetapkan,

DINAMIKA MANAJEMEN HAJI INDONESIA – ARAB SAUDI

Hasuna.co.id – Ibadah Haji merupakan ibadah yang wajib dilakukan oleh semua umat Islam bagi yang memiliki kemampuan baik dari sisi lahiriah, batiniah, dan juga finansial. Kewajiban pelaksanaan ibadah haji pun hanya dilakukan sekali dalam seumur

Bolehkah Umroh Tapi Belum Haji

Bolehkah Umroh Tapi Belum Haji? Simak Pembahasannya Berikut ini!

Bolehkah umroh tapi belum haji? Ya, pertanyaan tersebut sering kali menjadi pertanyaan banyak orang, terutama bagi mereka yang ingin pergi ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah umroh namun belum berhaji. Saat ini, antrean keberangkatan haji

MUI tawarkan usulan haji

MUI Coba Tawarkan Solusi agar Umat Bisa Berhaji di Usia Belia

Hasuna.co.id – Diketahui lebih dari 50 persen jemaah haji asal Indonesia telah berusia lanjut. Tak heran, karena biasanya mereka harus menabung ber-tahun-tahun guna menyiapkan dana untuk mendaftar haji, ditambah lagi biaya yang naik tiap tahunnya.

haji di masa covid 19

Haji Di Masa Pandemi Covid-19

Hasuna.co.id – Ibadah haji merupakan rukun Islam yang kelima setelah zakat dan merupakan sebuah kewajiban manusia terhadap Allah SWT yang harus dilakukan oleh setiap muslim yang mampu mengerjakanny. Ibadah haji pada masa sekarang tidak hanya

KANTOR PUSAT

Jl. Ipda Tut Harsono No.3, Muja Muju, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55165.

KANTOR HASUNA

© 2019 Hasuna Tour All right reserved