MUI Coba Tawarkan Solusi agar Umat Bisa Berhaji di Usia Belia

MUI tawarkan usulan haji

Hasuna.co.id Diketahui lebih dari 50 persen jemaah haji asal Indonesia telah berusia lanjut. Tak heran, karena biasanya mereka harus menabung ber-tahun-tahun guna menyiapkan dana untuk mendaftar haji, ditambah lagi biaya yang naik tiap tahunnya.

MUI tawarkan usulan haji

Belum lagi, jumlah jemaah yang mengantri sangat banyak hingga perlu menunggu minimal 10 tahun untuk bisa berangkat setelah melunasi biaya. Kenyataan seperti ini pada gilirannya menimbulkan kerepotan tersendiri ketika jemaah melaksanakan ibadah hajinya. Sebab, ibadah yang satu ini tak cuma butuh biaya yang besar, tapi juga stamina fisik yang prima.

Bersumber dari detik.com, Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang menyadari adanya fenomena itu, akan membahas isu dan membuatkan fatwa tentang penggunaan dana talangan. Sekretaris Komisi Fatwa MUI Asrorun Niam Sholeh menerangkan, selama ini sudah lumrah seseorang mendapatkan kepercayaan dari lembaga keuangan untuk memiliki rumah atau kendaraan dengan cara mencicil.

“Pada dasarnya berutang itu hukumnya mubah, apalagi kalau punya portofolio untuk membayarnya. Karena itu, sudah lumrah orang punya rumah atau mobil dengan cara berutang dan melunasinya dengan cara mencicil. Tapi apakah hal serupa bisa diterapkan untuk mendaftar ibadah haji? Ini yang akan dibahas para ahli fiqih di komisi fatwa,” papar Nian dalam program Blak-blakan di detikcom, Rabu (21/10/2020).

Pembahasan mengenai wacana ini dilakukan dalam Musyawarah Nasional MUI pada 25-28 November 2020 di Jakarta.

Bila secara fiqih hal itu dapat diterima, dia menuturkan, kemungkinan selanjutnya umat Islam yang mendaftar untuk menunaikan haji usianya bisa jauh lebih muda dari sekarang. Dengan demikian, jemaah haji kemungkinan besar bisa melaksanakan setiap rangkaian ibadah haji secara lebih baik karena kondisi fisik lebih prima.
Untuk diketahui, berhaji termasuk salah satu rukun Islam. Hanya, pelaksanaannya diwajibkan untuk mereka yang sudah mampu. Pengertian mampu ini tak cuma secara fisik, tapi juga secara finansial.

“Jadi kalau secara fisik masih fit, dan secara finansial telah cukup tapi tidak mendaftar untuk berhaji, itu dosa atau tidak? Ini juga menjadi kajian secara fiqih,” kata Niam.

Baca Juga Artikel Menarik dari Hasuna Umrah Jogja

buah kurma

Sejarah Kurma dan Beragam Manfaatnya bagi Kesehatan Tubuh

Kurma adalah salah satu buah yang identik dengan negara Timur Tengah. Buah yang sering kita jumpai di bulan Ramadhan ini kerap kali dijadikan oleh-oleh ketika menunaikan ibadah haji ke tanah suci. Selain itu, buah kurma

Pakaian Ihram Perempuan dan Laki-Laki serta Cara Memakainya

Pakaian adalah salah satu dari sekian hal yang harus diperhatikan ketika hendak bertandang ke tanah suci. Memakai pakaian ihram adalah sebuah tanda dimulainya ibadah haji ataupun umroh. Terdapat aturan yang diperbolehkan maupun tidak diperbolehkan ketika

Mengenal 10 Sahabat Nabi yang Utama

Artikel ini akan membahas Mengenal para sahabat nabi. Nabi Muhammad SAW adalah suri tauladan bagi umat muslim. Segala perbuatan dan juga perkataan beliau ditiru dan diamalkan oleh seluruh umat muslim. Namun, Nabi Muhammad SAW juga

syukur arab buka penerbangan internasional lagi

Syukur Arab Buka Penerbangan Internasional Lagi, Umroh Bisa?

Hasuna.co.id – Assalamualaikum Sobat Hasuna👋 Pasti beberapa dari Hasuna sudah merindukan pergi ke tanah suci. Beberapa waktu yang lalu Arab Saudi mengumumkan bahwa akan membuka penerbangan internasional. Namun, untuk umroh akan diberikan izin secara bertahap.

sejarah kota madinah

Ini Sejarah Singkat Kota Madinah Yang Perlu Kamu Tahu

Hasuna.co.id – Kota Madinah, adalah tempat yang sangat penting bagi penyebaran Islam di dunia. Sejarah kota Madinah atau Madinah Al Munawwarah, (juga Madinat Rasul Allah, Madīnah an-Nabī) merupakan kota utama di Arab Saudi. Madinah ialah

haji di usia muda

8 Langkah Berangkat Haji Usia Muda

Tanah Suci Mekah merupakan tempat dan pusat peribadahan umat muslim seluruh dunia. Naik haji merupakan salah satu cita cita  banyak orang. Dan haji juga merupakan salah satu rukun islam yang harus dipenuhi bagi yang sudah

KANTOR PUSAT

Jl. Ipda Tut Harsono No.3, Muja Muju, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55165.

KANTOR HASUNA

© 2019 Hasuna Tour All right reserved