fbpx

5 Perbuatan Baik Kepada Tetangga yang Perlu Dijalankan Muslimin

berbuat baik pada tetangga

Hasuna.co.id Sebagai seorang muslim kita berkewajiban berbuat baik kepada tetangga dan berusaha memuliakannya. Tetangga memiliki posisi penting dalam kehidupan kita, terutama dalam bermasyarakat. Hal ini sebagaimana diperintahkan Allah Subhanahu wa ta’ala dan diajarkan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam.

Dengan memuliakan serta berbuat baik kepada tetangga akan mencerminkan akhlak seorang Muslim. Apabila benar-benar dijalankan oleh seorang muslim, keberkahan pun akan dilimpahkan Allah.

berbuat baik pada tetangga

Kemudian, perbuatan baik apa saja yang dapat kita lakukan untuk memuliakan tetangga kita? Sahabat Hasuna bisa merenungkan beberapa hal berikut ini.

1. Sedekah harta

“Bukan mukmin, orang yang kenyang perutnya sedang tetangga sebelahnya kelaparan.” (HR Al Baihaqi dalam Sunan Al Kubra 18108, disahihkan Al Albani dalam Silsilah Ash Shahihah 149)

Seorang mukmin dapat memberikan sedekah kepada tetangganya jika memang membutuhkan. Apabila ada tetangga sakit bisa kita sisihkan sedikit harta kita untuk membantu.

2. Membagi makanan

Rasulullah bersabda “Jika engkau memasak sayur, perbanyaklah kuahnya. Lalu lihatlah keluarga tetanggamu, berikanlah sebagiannya kepada mereka dengan cara yang baik.” (HR Muslim 4766).

Bersedekah bukan hanya sebatas dengan harta benda. Jika kita sedang berada dalam kelimpahan makanan, maka bagikanlah sebagian untuk tetangga kita.

3. Memberi salam

Dalam salah satu sabdanya, Rasulullah menyampaikan  “Sembahlah Ar Rahman semata, berikanlah makan (kepada yang membutuhkan), tebarkanlah salam, maka engkau akan masuk surga dengan selamat.” (HR Bukhari dalam Adabul Mufrad 981, Ibnu Majah 3694, disahihkan Al Albani dalam Silsilah Ash Shahihah, 2/115)

4. Menjenguk ketika sakit

Menjenguk orang sakit merupakan perbuatan mulia. Walaupun pada masa sekarang ini kita juga mesti berhati-hati dalam menjenguk orang sakit, akibat adanya wabah Covid-19. Namun ada keutamaan yang agung dan pahala besar di balik keutamaan mengunjungi orang yang sedang sakit.

5. Senyum

Senyum kepada orang lain akan menimbulkan kebahagiaan, begitu juga kepada tetangga kita. Tidak ada hati yang fitrah dan bersih kecuali pasti akan memberikan respons positif terhadap senyuman.

Wajah yang penuh senyum adalah akhlak Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam. Sebagaimana diceritakan Jarir bin Abdillah Radhiallahu anhu:

“Sejak aku masuk Islam, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam tidak pernah menghindari aku jika aku ingin bertemu dengannya, dan tidak pernah aku melihat Beliau kecuali Beliau tersenyum kepadaku.” (HR Bukhari Nomor 6089)

 

Baca Juga Artikel Menarik dari Hasuna Umrah Jogja

tanaman yang tumbuh subur di mekkah

7 Tanaman yang Tumbuh Subur di Mekkah

Hasuna.co.id – Mekkah, sebuah kota suci yang terletak di Arab Saudi, dikenal dengan iklimnya yang panas dan kering. Meskipun demikian, ada beberapa jenis tanaman yang mampu tumbuh subur di tanah gersang ini. Keberhasilan tanaman-tanaman ini

Bolehkah Umroh Saat Hamil

Bagimana Jika Umroh dalam Keadaan Haid?

Halo kali ini Hasuna akan membaikan sebuah artikel tentang Bagimana Jika Umroh dalam Keadaan Haid? simak ya Mengalami menstruasi atau haid bagi wanita yang masih subur dan tidak ada masalah dengan sistem reproduksinya adalah sebuah

HASUNA BIRO UMROH JOGJA DAN HAJI PLUS FURODA (50)

6 Persiapan Fisik Sebelum Umroh yang Perlu Anda Lakukan

Calon jamaah umroh perlu menjalani serangkaian persiapan fisik sebelum umroh. Umroh merupakan ibadah yang membutuhkan kondisi fisik yang begitu prima. Bahkan mulai dari menentukan jadwal penerbangan, mempersiapkan perlengkapan umroh, hingga nantinya menjalankan serangkaian ibadah umroh,

Mengapa Memilih Haji Plus dan Haji Furoda Lebih Menguntungkan?

Mengapa Memilih Haji Plus dan Haji Furoda Lebih Menguntungkan? Haji adalah salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan oleh setiap muslim yang mampu secara finansial dan fisik. Haji merupakan perjalanan spiritual yang sangat penting bagi

manasik haji online

Perlukah Manasik Haji Online?

Hasuna.co.id – Haji adalah kegiatan ziarah Islam tahunan ke Makkah, kota suci umat Islam, dan kewajiban bagi umat Islam yang harus dilakukan setidaknya sekali seumur hidup oleh semua Muslim dewasa yang secara fisik dan finansial mampu (istita’ah). Setiap tahun,

nama-nama bulan dalam tahun hijriah

Berikut Nama-Nama Bulan dalam Kalender Islam Beserta Artinya

Kalender Islam, juga dikenal sebagai kalender Hijriah, adalah kalender yang digunakan oleh umat Islam untuk menentukan tanggal-tanggal penting dalam agama mereka, seperti puasa Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri. Kalender ini berbeda dari kalender Gregorian

KANTOR PUSAT

Jl. Ipda Tut Harsono No.3, Muja Muju, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55165.

KANTOR HASUNA

© 2019 Hasuna Tour All right reserved