Perlukah Manasik Haji Online?

manasik haji online

Hasuna.co.id Haji adalah kegiatan ziarah Islam tahunan ke Makkah, kota suci umat Islam, dan kewajiban bagi umat Islam yang harus dilakukan setidaknya sekali seumur hidup oleh semua Muslim dewasa yang secara fisik dan finansial mampu (istita’ah). Setiap tahun, ritual haji dilaksanakan dalam periode lima hari, mulai dari tanggal 8 dan berakhir di tanggal 12 Zulhijah, bulan kedua belas sekaligus terakhir dalam kalender Islam.

Haji merupakan demonstrasi solidaritas orang-orang Islam dan ketundukan mereka kepada Tuhan (Allah). Kata haji berarti “berniat melakukan perjalanan”. Haji adalah pertemuan tahunan terbesar orang-orang di dunia. Keadaan yang secara fisik dan finansial mampu melakukan ibadah haji disebut istita’ah, dan seorang muslim yang memenuhi syarat ini disebut mustati.  

Yang dimaksud mampu dalam pelaksanaan haji mencakup semua, mampu lahir dan batin. Mampu dalam biaya merupakan mampu yang paling utama. Biaya tersebut ialah biaya mendaftar haji hingga biaya untuk keperluan dari sebelum berangkat dan ketika tiba di Arab Saudi, juga mampu menghidupi keluarga yang ditinggalkan selama pergi melaksanakan ibadah haji. Mampu dalam hal biaya pun tidak cukup untuk menunjuang seseorang berhaji. Mampu dalam kesehatan juga penting untuk bisa menunjang seseorang ketika tiba di Arab Saudi dalam menjalankan serangkaian ibadahnya.

Selain mampu dalam biaya dan kesehatan, jemaah juga harus mampu dalam jiwa maupun psikisnya. Jemaah perlu mengondisikan psikis supaya bahagia dalam beribadah, fokus untuk bekal akhirat dengan meninggalkan ihwal dunianya untuk sementara waktu agar dalam menjalankan ibadah haji menjadi khusyuk. Selama haji, jemaah bergabung dalam prosesi ratusan ribu orang, yang secara bersamaan berkumpul di Makkah selama minggu haji, dan melakukan serangkaian ritual.

Salah satu prosesi haji ialah tawaf, yaitu setiap orang berjalan berlawanan arah jarum jam tujuh kali di sekitar. Selain itu, berjalan bolak-balik antara bukit Safa dan Marwah, minum dari sumur Zamzam, sampai ke dataran Gunung Arafah untuk berjaga-jaga, menghabiskan satu malam di dataran Muzdalifah, dan melempar jumrah dengan melemparkan batu ke tiga pilar. Jemaah kemudian mencukur rambut kepala mereka, melakukan ritual pengorbanan hewan, dan merayakan festival global tiga hari Idul Adha.

Sebelum haji dilaksanakan, terlebih dahulu dilaksanakan manasik haji. Tujuannya ialah sebagai pembekalan untuk jemaah melaksanakan ibadah haji di Arab Saudi. Karena konteksnya di Indonesia, dalam hal ini yang menjadi contoh adalah Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) serta jemaah di Indonesia. Manasik ini dilakukan oleh semua KBIH yang mengurusi jemaah. Lain KBIH, lain halnya dalam jumlah pertemuan manasik. Setiap KBIH juga mempunyai aturan dan ciri khas tersendiri.


Baca Juga:

Perbedaan Haji Plus dan Haji Reguler
3 Tempat Membeli Oleh-Oleh Haji di Jogja yang Perlu Anda Tahu


 

 

Mengingat sekarang sudah memasuki zaman revolusi industri 4.0 atau biasa disebut zaman digital, ketika akan dicanangkan transisi antara tenaga manusia digantikan dengan tenaga mesin, pengerjaan konvensional diganti dengan virtual. Akan terbayang bagaimana manasik haji ini jika diubah sistemnya yang dulu kegiatan manasik secara tatap muka, menjadi kegiatan yang sistemnya online.  Akan banyak sekali kelebihan maupun kekurangan dalam kegiatan manasik haji berbasis online. Satu contoh kelebihannya seperti dalam operasional menjadi hemat biaya. Oleh karena itu, tidak ada alasan lagi bagi jemaah untuk berhalangan hadir. Adapun kekurangan dari pelaksanaan manasik haji online ini antara lain mengurangi ukhuwah antarjemaah, menjadi penghambat bagi jamaah lansia yang kurang mengetahui teknologi informasi, penerimaan materi oleh jemaah tidak terawasi, dan lainnya.

Dilihat dari beberapa kelebihan dan kekurangan, dirasa kurang pas apabila wacana revolusi industri ini masuk ke ranah bimbingan manasik. Karena manasik haji ini sebagai ajang koordinasi antara KBIH dengan jemaah, khususnya ketika sudah sampai di Arab Saudi. Beberapa aturan yang diterapkan KBIH untuk jemaahnya diatur di manasik ini. Semua materi yang diberikan sangat penting dan sangat berguna untuk keberlangsungan jemaah ketika tiba di Arab Saudi untuk melaksanakan ibadah haji.

Yang menjadi masalah ketika manasik online ialah tidak semua jemaah paham teknologi informasi. Beberapa kejadian tak terduga mungkin akan terjadi di sini, seperti ketika tiba saatnya manasik, jemaah tidak aktif untuk mengikutinya, trouble karena masalah sinyal sehingga jemaah akan ketinggalan materi, serta jamaah lansia yang kurang pendengarannya sehingga tidak paham apa yang disampaikan. Pasti jemaah akan jenuh melihat pembahasan yang monoton dengan hanya menatap layar gawai. Maka dari itu, walaupun dari tahun ke tahun mengalami banyak inovasi dan perubahan seperti yang sekarang sudah memasuki zaman revolusi industri 4.0 yang banyak kelebihan dan kekurangannya ini, tidak semua kegiatan akan cocok diterapkan dengan zaman ini. Seperti halnya manasik yang mana menjadi kegiatan urgent sebelum jenmaah melaksanakan ibadah haji di Arab Saudi.

Perlu dipertimbangkan dengan serius mengenai pelaksanaan manasik haji, baik itu dilaksanakan dengan online atau dengan tatap muka secara langsung. Apalagi, di zaman yang serba digital sekarang ini, segala kemudahan dapat dilakukan dengan gawai, tetapi banyak pula hal-hal yang belum bisa dilakukan karena banyak faktor.**

 

Penulis: Muhammad Kurniawan, Manajemen Dakwah, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Editor: M. Imam Fatkhurrozi

Baca Juga Artikel Menarik dari Hasuna Umrah Jogja

tukar rupiah ke riyal

5 Persiapan Sebelum Berangkat Haji

Persiapan sebelum berangkat haji mutlak dilakukan oleh calon jamaah haj. Ibadah haji sendiri memang merupakan ibadah yang sangat menuntut persiapan, baik secara fisik, mental, maupun keuangan. Ibadah haji menjadi ibadah paripurna dari keislaman seorang muslim.

Hasuna Tour Umroh Jogja

Tata Cara Melaksanakan Ibadah Umroh yang Harus Anda Ketahui

Penting bagi Anda untuk mengetahui tata cara melaksanakan ibadah umroh sebelum menunaikan ibadah tersebut di Tanah Suci. Umroh memang bisa menjadi pilihan alternatif bagi mereka yang belum berkesempatan untuk menunaikan ibadah haji di Tanah Suci.

Inilah 3 Macam-Macam Haji dan Hukumnya

Inilah 3 Macam-Macam Haji dan Hukumnya

Macam-macam haji- Melaksanakan ibadah haji adalah rukun islam yang kelima. Ibadah haji merupakan salah satu perjalanan spiritual yang dilakukan umat muslim yang mampu, baik fisik maupun materi atau finansial. Berdasarkan pelaksanaannya, terdapat tiga jenis atau

hikmah ibadah haji

Ini Dia 5 Hikmah Ibadah Haji dan Umroh Penting Kita Ketahui

Hasuna.co.id – Hikmah ibadah Haji | HIKMAH adalah pengaruh atau akibat yang timbul pada diri manusia setelah melakukan atau meninggalkan suatu hal. Hikmah itu bisa ada pada hampir setiap hal, termasuk ibadah. Hikmah juga bisa

Begini 5 Cara Berdoa di Depan Ka’bah Agar Dikabulkan Allah

Cara berdoa di depan ka’bah agar dikabulkan- Berdoa di depan ka’bah ketika melakukan ibadah haji ataupun umrah adalah salah satu hal yang sangat dinantikan umat muslim di seluruh dunia. Pasalnya, berdoa di tanah suci membuat

biaya sebelum berangkat haji

Ini Dia Biaya Yang Perlu Anda Persiapkan Sebelum Berangkat Haji

Hasuna.co.id – Apa hal yang perlu Anda lakukan sebelum berangkat menunaikan ibadah haji? Salah satu hal yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan biaya untuk melakukan vaksin meningitis. Sesuai informasi dari WHO (World Health Organization), Arab

KANTOR PUSAT

Jl. Ipda Tut Harsono No.3, Muja Muju, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55165.

KANTOR HASUNA

© 2019 Hasuna Tour All right reserved