fbpx

Gaji Cuma UMR, Apakah Bisa Berangkat Haji?

gaji umr naik haji

 

Untuk kita umat muslim, pasti sangat mendambakan untuk bisa ke tanah suci menunaikan ibadah haji. Sebagai penyempurna rukun islam kita. Meskipun hanya sekali seumur hidup pasti pengalaman beribadah ke tanah suci sangatlah berharga.

Namun problem yang kebanyakan orang hadapi adalah masalah biaya yang mahal. Hal tersebut kebanyakan di hadapi oleh para pekerja yang memiliki penghasilan UMR. Tentu tidak mudah untuk mengumpulkan dan menabung biaya berangkat haji. Lantas apa saja usaha-usaha yang perlu dilakukan pekerja bergaji UMR agar bisa segera menunaikan ibadah haji?

1. Menentukan nominal atau besaran tetap untuk ditabung

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk dapat melaksanakan ibadah haji adalah menentukan besaran tetap tabungan tiap bulan. Kamu bisa menghitung berapa persen dari pendapatan mu tiap bulan untuk disisihkan masuk tabungan.

Misal saja 10% dari pendapatanmu tiap bulan harus langsung kamu sisihkan masuk tabungan haji. Usahakan menyisihkan uang untuk tabungan diawal bulan, jangan di akhir bulan agar tidak bertabrakan dengan kebutuhan-kebutuhan lainnya.

2. Buka rekening khusus tabungan haji

Untuk lebih mengamankan dana tabungan hajimu, sebaiknya kamu membuka rekening khusus tabungan haji. Dengan adanya rekening khusus ini akan lebih aman dari gangguan-gangguan kebutuhan-kebutuhan mendadak yang kadang dapat mengikis tabunganmu.

Layanan rekening tabungan haji ini biasanya dibuka oleh bank syariah. Walaupun beberapa bank konvensional juga membuka tabungan khusus haji.

3. Terapkan gaya hidup hemat

Untuk bisa memenuhi target besaran tetap tabungan haji setiap bulan maka kamu perlu sedikit berkompromi dengan gaya hidupmu. Lakukan lah gaya hidup hemat dan juga sedikit menjaga pengeluaranmu tiap bulan.

4. Kurangi kebiasaan nongkrong

Nongkrong dan bersosial dengan teman-teman memang terkadang perlu dilakukan. Namun terkadang kita terlalu banyak menghabiskan waktu untuk nongkrong. Meskipun sebenarnya itu tidak mendatangkan manfaat yang baik untuk kita. Kurangilah pengeluaranmu untuk kegiatan nongkrong dan bersosial dengan teman-teman.

5. Mulaila belajar investasi

Untuk dapat meningkatkan pendapatanmu, salah satunya adalah dengan investasi. Belajarlah investasi sejak sekarang juga. Ada banyak instrumen investasi, kamu bisa belajar investasi saham, reksadana, deposito, dan lain-lain. Jangan lupa juga investasi leher ke atas, karena belajar adalah selama hidup. Untuk dapat terus berkembang kamu perlu terus mengasah otak dan belajar banyak pengetahuan.

Baca Juga Artikel Menarik dari Hasuna Umrah Jogja

Mengenal Sejarah Masjid Nabawi, Ada Makam Nabi Muhammad SAW

Hasuna.co.id – Masjid Nabawi merupakan salah satu tempat paling suci bagi umat Islam diseluruh dunia. Masjid Nabawi mempunyai sejarah sangat menarik yang harus diketahui oleh umat Islam. Apa yang menarik dari Masjid Nabawi? Penasaran? Di

penyelenggaraan haji 2021

Kemenag Siapkan Mitigasi Penyelenggaraan Haji 2021

Hasuna.co.id – Kementerian Agama (Kemenag) menyiapkan mitigasi penyelenggaraan haji 2021 sehubungan belum selesainya pandemi COVID-19. Oman menyebutkan pemerintah Arab Saudi hingga sekarang belum memberikan informasi resmi tentang pelaksanaan haji 2021 . Selain itu, kondisi pandemi

travel umroh dan haji boyolali terbaik hasuna tour

Dapatkan Biaya Umroh Boyolali Termurah Melalui Hasuna Tour

Biaya umroh Boyolali menjadi satu hal yang bisa dijadikan pertimbangan dalam perjalanan umroh. Dimana umroh adalah salah satu ibadah yang sangat diidamkan oleh umat Islam di seluruh dunia. Umroh menjadi perjalanan spiritual ke Tanah Suci

5 Amalan Sederhana yang Baik di Bulan Ramadan

Hasuna.co.id – Ramadan adalah bulan suci dan mulia serta penuh dengan berkah. Semua keistimewaan bulan Ramadhan ini sebaiknya dimanfaatkan untuk melakukan amalan-amalan yang baik. Menjalankan amalan yang baik di bulan Ramadan dipercaya akan mendapat balasan

KANTOR PUSAT

Jl. Ipda Tut Harsono No.3, Muja Muju, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55165.

KANTOR HASUNA

© 2019 Hasuna Tour All right reserved