Mengenal Sejarah Masjid Nabawi, Ada Makam Nabi Muhammad SAW

Hasuna.co.id Masjid Nabawi merupakan salah satu tempat paling suci bagi umat Islam diseluruh dunia. Masjid Nabawi mempunyai sejarah sangat menarik yang harus diketahui oleh umat Islam. Apa yang menarik dari Masjid Nabawi? Penasaran? Di bawah ini merupakan beberapa informasi penting mengenai masjid yang satu ini!

Masjid bersejarah sejak masa kepemimpinan Rasulullah yang berada di kota Madinah ini sekarang menjadi salah satu masjid terbesar di dunia.

Masjid Nabawi juga menjadi tempat paling suci dalam agama Islam setelah Masjidil Haram yang berada di kota Mekkah.

Oke, ada baiknya Anda mengetahui seluk beluk mengenai masjid Nabawi agar keislaman dan keimanan Anda bertambah.

Mengenal Masjid Nabawi buatan Nabi Muhammad Saw

Sejarah Masjid Nabawi adalah masjid kedua yang dibangun oleh Nabi Muhammad pada masa kepemimpinannya dulu, sebelumnya Rasulullah mendirikan masjid Quba dalam perjalanan hijrah-Nya dari Makkah ke Madinah.

Masjid ini dibangun pada tempat di mana unta yang menjadi kendaraan nabi menghentikan perjalanannya.

Tempat itu sebelumnya merupakan tempat penjemuran kurma kepunyaan anak yatim bersaudara, Sahl dan Suhail bin ‘Amr, yang pada saat itu dibeli oleh Nabi Muhammad.

Di lokasi itu kemudian dibuat menjadi masjid Nabawi sekaligus ber sampingan dengan tempat kediaman Nabi Muhammad.

Rasulullah Muhammad SAW membangun masjid tersebut bersama para sahabat dan kaum muslimin.

Temboknya terbuat dari batu bata dan tanah, sedangkan atapnya terbuat dari daun kurma dengan tiang penopang dibuat dari batang kurma.

Masjid Nabawi selanjutnya terus menerus direnovasi dan diperluas hingga saat ini. Sampai lokasi yang dulunya merupakan rumah Nabi, sekarang telah berada di dalam komplek Masjid Nabawi.

Sampai pada saat ini, luas masjid Nabawi mencapai 100.000 mdengan luas lantai atas yang mencapai 67.000 mdan luas pelataran masjid 135.000 m2.

Masjid ini sekarang bisa menampung sekitar 535.000 jemaah dari seluruh dunia.

Baca Juga Artikel Menarik dari Hasuna Umrah Jogja

Hasuna Tour Umroh Jogja

Tata Cara Melaksanakan Ibadah Umroh yang Harus Anda Ketahui

Penting bagi Anda untuk mengetahui tata cara melaksanakan ibadah umroh sebelum menunaikan ibadah tersebut di Tanah Suci. Umroh memang bisa menjadi pilihan alternatif bagi mereka yang belum berkesempatan untuk menunaikan ibadah haji di Tanah Suci.

Menag: Kita Akan Evaluasi Kebijakan Penyelenggaraan Umrah

Hasuna.co.id – Menteri Agama Yaqut Cholil menyebut akan mengevaluasi kembali kebijakan penyelenggaraan umroh di masa pandemi. Hal ini disampaikan Menag Yaqut saat menerima perwakilan asosiasi-asosiasi Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU) di Kantor Kementerian Agama, Jakarta.

HASUNA BIRO UMROH JOGJA DAN HAJI PLUS FURODA (30)

8 Keistimewaan Ibadah Umroh yang Harus Anda Ketahui

Sebagai muslim, kita perlu tahu apa saja keistimewaan ibadah umroh. Meski berbeda dengan ibadah haji, namun ibadah umroh tidak kalah istimewanya di banding rukun Islam yang kelima itu. Banyak hal istimewa yang Allah janjikan pada

manasik haji online

Perlukah Manasik Haji Online?

Hasuna.co.id – Haji adalah kegiatan ziarah Islam tahunan ke Makkah, kota suci umat Islam, dan kewajiban bagi umat Islam yang harus dilakukan setidaknya sekali seumur hidup oleh semua Muslim dewasa yang secara fisik dan finansial mampu (istita’ah). Setiap tahun,

Sejarah Sa’i di Antara Bukit Shafa dan Marwah dan Maknanya

Tahukah anda ada kisah menarik tentang Sejarah sa’i atau berlari kecil di antara Bukit Shafa dan Marwah yang merupakan rangkaian ibadah umroh dan haji? Salah satu rukun dalam melaksanakan ibadah umroh dan haji adalah Sa’i.

Arab Saudi Larang Masuk Warga dari 20 Negara, Termasuk Indonesia?

Hasuna.co.id – Kabar kurang menggembirakan datang dari Arab Saudi. Ada kebijakan terbaru yang diambil oleh kerajaan Arab Saudi sebagai langkah memerangi pandemi Covid-19. Sayangnya, kebijakan baru tersebut berimbas terhadap para calon jamaah Umroh dari Indonesia

KANTOR PUSAT

Jl. Ipda Tut Harsono No.3, Muja Muju, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55165.

KANTOR HASUNA

© 2019 Hasuna Tour All right reserved