8 Tips Agar Kuat berpuasa Dan Tidak Lemas

agar kuat saat puasa

agar kuat saat puasa

Hasuna.co.id – Saat berpuasa kita diwajibakan untuk menahan makan dan minum yang dimulai dari waktu imsak hingga magrib tiba. Untuk bisa kuat berpuasa, tentu kita harus menjaga tubuh agar tetap bugar dan sehat karena durasi waktu puasa yang relatif lama.

Ada beberapa tips untuk bisa tahan dan kuat puasa seharian. Nah, berikut 10 cara agar kuat menahan haus dan lapar selama menjalan puasa:

1. Hindari Makanan Dengan Tekstur Lembek Saat Sahur

Ini bertujuan agar anda tidak cepat lapar, maka dari itu hindarilah makanan dengan tekstur lembut semacam bubur. Selain itu disarankan juga setelah selesai mengkonsumsi makanan berat untuk mengkonsumsi pisang 1-2 buah. Ini berguna untuk tambahan energimu selama puasa.

2. Minum Madu Setelah Makan Sahur

Madu mempunyai kandungan gizi yang sangat baik bagi tubuh manusia. Kandungan kalori serta gula yang tinggi dalam madu akan membantu anda menjalani ibadah puasa. Minumlah sesendok madu seusai makan sahur juga dapat meningkatkan stamina disaat berpuasa, juga madu mampu mengobati kerongkongan yang kering dan mengatasi bibir yang pecah-pecah disaat menjalani ibadah puasa.

3. Hindari Minum Kopi Saat Sahur

Sebagai orang Indonesia pasti tak bisa dipisahkan dari aktivitas ngeteg atau ngopi di pagi hari. Perlu diketahui bahwa, kopi mengandung zat diuretik (peluruh kencing) yang dapat membuat tubuh menjadi lebih cepat dehidrasi karena air dalam tubuh lebih banyak diproses menjadi air kencing. selain itu kopi juga bisa meningkatkan asam lambung.

4. Komsumsilah sayur-sayuran.

Konsumsilah sayuran seperti bayam, brokoli, wortel, sawi, dll. Sangat banyak jenis sayuran yang dapat kamu konsumsi. Jadi konsumsilah sayuran yang beragam setiap harinya agar menu makanan mu bervariasi dan tidak bosan makan yang itu-itu saja.

5. Perbanyak Meminum Air Putih.

Cairan merupakan salah satu hal yang diperlukan tubuh untuk memperlancar proses yang terjadi pada tubuh kita. Karena kita tahu kandungan tubuh kita 70%nya merupakan cairan. Silahkan perbanyak minum air putih pada saat sahur dan buka puasa.

Usahakan minum dengan cukup selama bulan ramadhan. Usahakan setiap sahur 3 gelas, waktu buka puasa 2 gelas, setelah tarawih sampai akan tidur 3 gelas. Itu takaran yang bisa anda terapkan.

6. Meminum susu di waktu usai makan sahur.

Minum segelas susu di waktu sahur sama halnya memakan sepiring nasi nah biasakan keluarga anda meminum susu waktu makan sahur untuk mencegah terjadinya lapar disaat melaksanakan ibadah puasa sebab dapat meningkatkan metabolisme tubuh walaupun disaat melaksanakan puasa. Di atas dijelaskan untuk minum 3 gelas saat sahur, nah 1 diantaranya usahakan itu adalah susu.

7. Perbanyak Konsumsi Vitamin C.

Anda bisa mendapatkan vitamin C dari buah-buahan seperti jeruk, lemon, dll. Atau bisa juga dengan membeli vitamin C kemasan yang sudah banyak ada di pasaran.

Itu beberapa tips menghadapi puasa agar kuat menahan lapar dan haus saat berpuasa. semoga bermanfaat.

Baca Juga Artikel Menarik dari Hasuna Umrah Jogja

Asal Muasal Air Zam-Zam yang Tak Pernah Kering

Asal muasal air zam-zam- Seusai melakukan ibadah haji di tanah suci, jamaah biasanya akan sibuk mencari oleh-oleh yang akan dibawa pulang ke tanah suci. Entah untuk simpanan pribadi ataupun dibagikan kepada tetangga dan sanak saudara.

Sejarah Saโ€™i di Antara Bukit Shafa dan Marwah dan Maknanya

Tahukah anda ada kisah menarik tentang Sejarah saโ€™i atau berlari kecil di antara Bukit Shafa dan Marwah yang merupakan rangkaian ibadah umroh dan haji? Salah satu rukun dalam melaksanakan ibadah umroh dan haji adalah Saโ€™i.

5 Tempat Mustajab untuk berdoa di Tanah Suci

Berdoa tentu saja dapat dilaksanakan dimanapun dan kapanpun. Namun, terdapat tempat-tempat yang mustajab untuk berdoa . Berikut adalah Tempat Mustajab untuk berdoa di Tanah Suci yang perlu Anda ketahui sebelum melakukan ibadah umroh atau haji.

Hasuna Tour Umroh Jogja

Tata Cara Melaksanakan Ibadah Umroh yang Harus Anda Ketahui

Penting bagi Anda untuk mengetahui tata cara melaksanakan ibadah umroh sebelum menunaikan ibadah tersebut di Tanah Suci. Umroh memang bisa menjadi pilihan alternatif bagi mereka yang belum berkesempatan untuk menunaikan ibadah haji di Tanah Suci.

Pakaian Ihram Perempuan dan Laki-Laki serta Cara Memakainya

Pakaian adalah salah satu dari sekian hal yang harus diperhatikan ketika hendak bertandang ke tanah suci. Memakai pakaian ihram adalah sebuah tanda dimulainya ibadah haji ataupun umroh. Terdapat aturan yang diperbolehkan maupun tidak diperbolehkan ketika

KANTOR PUSAT

Jl. Ipda Tut Harsono No.3, Muja Muju, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55165.

KANTOR HASUNA

ยฉ 2019 Hasuna Tour All right reservedย