5 Tempat Mustajab untuk berdoa di Tanah Suci

Berdoa tentu saja dapat dilaksanakan dimanapun dan kapanpun. Namun, terdapat tempat-tempat yang mustajab untuk berdoa . Berikut adalah Tempat Mustajab untuk berdoa di Tanah Suci yang perlu Anda ketahui sebelum melakukan ibadah umroh atau haji.

Melaksanakan ibadah haji adalah salah satu impian umat muslim. Selain untuk menunaikan rukun islam yang kelima, ibadah haji kerap kali dijadikan momen untuk mendekatkan diri kepada Allah. Dalam kesempatan melaksanakan perjalanan spiritual tersebut, doa-doa terbaik disiapkan agar dapat diijabah oleh Allah SWT.

1. Kawasan Masjidil Haram

Kawasan yang terdapat di sekitar Masjidil Haram adalah salah satu tempat dimana doa akan mudah untuk diijabah. Beberapa kawasan dari Masjidil Haram tersebut antara lain, Multazam, dalam Ka’bah, Hijr Ismail, Rukun Yamani, dan juga Bukit Sofa dan Marwah.

Pertama adalah Multazam. Multazam ini adalah tempat yang berada di antara Hajar Aswad dan juga pintu Ka’bah. Multazam dianggap sebagai tempat paling utama dimana doa mudah diijabah. Hanya jika memungkinkan, berdoalah sembari memegang pintu Ka’bah. Kedua adalah tempat di dalam Ka’bah. Ketika haji atau umroh, jamaah biasanya berdoa di area ini setelah keluar dari Hijir Ismail. Selanjutnya dalah Hijir Ismail. Hijir Ismail masih merupakan bagian dari Ka’bah. Dahulu, tempat ini digunakan oleh Siti Hajar beserta dengan anaknya untuk berlindung. Tempat ini biasanya digunakan oleh para jamaah haji untuk berdoa usai melakukan thawaf.

Tempat berikutnya yang masih masuk dalam kawasan Masjidil Haram adalah Rukun Yamani. Tempat ini dikenal dengan Hajar Aswad, dimana batu hitam yang tergantung pada ketinggian 1,5 meter berada di atas tanah. Tempat terakhir di area Masjidil Haram yang menjadi Tempat Mustajab untuk berdoa di Tanah Suci adalah Bukit Sofa dan Marwah. Saat melakukan Sa’i, yaitu berjalan mengelilingi bukit sofa dan marwah, jamaah dianjurkan untuk berdoa dan beristighfar.

2. Kawasan Masjid Nabawi

Masjid terpenting kedua bagi umat muslim ini juga dianggap sebagai salah satu Tempat Mustajab untuk berdoa di Tanah Suci . Menurut sejarah, kawasan Masjid Nabawi di Madinah ini dahulunya adalah halaman rumah atau pekarangan dari Nabi Muhammad SAW. Tempat ini biasanya dibuka 24 jam agar jamaah yang berada di area ini tidak terlalu padat.

3. Arafah saat Ibadah Haji

Arafah atau Padang Arafah adalah tempat ibadah wukuf dilaksanakan dari sinag hingga sore hari. Tempat ini menjadi inti atau pokok dari kegiatan haji. Berdoa di Padanag Arafah selama wukuf dipercaya dapat membuat doa cepat diijabah oleh Allah SWT.

4.  Muzdhalifah saat Ibadah Haji

Selesainya melakukan wukuf di Arafah, jamaah haji akan menuju muzdalifah yang berlokasi di antara Padang Arafah dan juga Mina dan juga bermalam. Di tempat ini, jamaah akan mengumpulkan kerikil yang nantinya akan digunakan untuk melempar Jumrah. Orang-orang percaya bahwa berdoa di tempat ini pada malam hari adalah waktu yang tepat agar doa diijabah oleh Allah SWT.

5. Jamarat saat Ibadah Haji

Tiga pilar batu ini menjadi satu dari sekian Tempat Mustajab untuk berdoa di Tanah Suci . Sama halnya dengan Padang Arafah, hanya jamaah haji yang mengunjungi Jumarat, sedangkan umroh tidak. Menurut sejarah, ketiga batu yang terdapat di tempat ini dahulunya digunakan oleh Nabi Ibrahim untuk melempar setan yang menggodanya untuk tidak mengorbankan putranya, Nabi Ismail.

Kelima kawasan tersebut merupakan Tempat Mustajab untuk berdoa di Tanah Suci . Untuk melakukan ibadah haji dan mengunjungi tempat-tempat tersebut, Anda dapat menggunakan travel haji plus Jogja Hasuna untuk merancang perjalanan spiritual Anda menuju tanah suci. Dengan pengalaman selama 22 tahun sebagai penyedia travel haji dan umroh jogja, Hasuna akan membantu ibadah Anda menjadi lebih khidmad dan khusyu’.

Baca Juga Artikel Menarik dari Hasuna Umrah Jogja

Kisah Penaklukan Mekah / Fathu Makkah

Kisah Penaklukan Mekah- Sejarah penaklukan Kota Mekah / fathu makkah tidak pernah lepas dari perjanjian Hudaibiyah. Perjanjian Hudaibiyah adalah perjanjian antara Kaum Quraisy di Mekah dengan Kaum Muslim di Madinah. Salah satu dari isi perjanjian

Apa itu Tawaf, Jenis-Jenis, Tata Cara, dan Sunnah Pelaksanaannya

Salah satu rangkaian ibadah dalam umroh adalah melakukan tawaf. Apa itu Tawaf ? Tawaf merupakan salah satu rukun haji dan umroh yaitu mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali putaran. Perintah untuk melakukan tawaf ada di Q.S

6 Syarat Ibadah Haji yang Wajib Untuk Dipenuhi

Terdapat 6 syarat ibadah haji yang harus diketahui sebelum Anda menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci. Ibadah haji sendiri merupakan rukun Islam kelima yang dalam pelaksanaanya terdapat syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi. Nah, apa

tukar rupiah ke riyal

5 Persiapan Sebelum Berangkat Haji

Persiapan sebelum berangkat haji mutlak dilakukan oleh calon jamaah haj. Ibadah haji sendiri memang merupakan ibadah yang sangat menuntut persiapan, baik secara fisik, mental, maupun keuangan. Ibadah haji menjadi ibadah paripurna dari keislaman seorang muslim.

HASUNA BIRO UMROH JOGJA DAN HAJI PLUS FURODA (9)

Tata Cara Ibadah Umroh Sesuai Tuntunan Rasulullah

Jamaah umroh harus mengetahui tata cara ibadah umroh beserta dengan doa dan bacaannya yang  sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW. Ibadah umroh memiliki tata cara yang sedikit berbeda dengan ibadah haji. Perbedaan tersebut terletak pada waktu

Sejarah Sa’i di Antara Bukit Shafa dan Marwah dan Maknanya

Tahukah anda ada kisah menarik tentang Sejarah sa’i atau berlari kecil di antara Bukit Shafa dan Marwah yang merupakan rangkaian ibadah umroh dan haji? Salah satu rukun dalam melaksanakan ibadah umroh dan haji adalah Sa’i.

KANTOR PUSAT

Jl. Ipda Tut Harsono No.3, Muja Muju, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55165.

KANTOR HASUNA

© 2019 Hasuna Tour All right reserved 

%d blogger menyukai ini: