Solusi Naik Haji bagi yang Kurang Mampu

Ibadah haji merupakan ibadah yang diwajibkan bagi mereka yang telah mampu secara fisik maupun finansial. Jadi, bagi mereka yang tidak memiliki kemampuan secara fisik maupun materi, ibadah haji ini tidak diwajib untuk dilaksanakan. lalu bagaimana solusi Naik Haji bagi yang kurang mampu ?

Bagi Anda yang masih belum memiliki dana yang cukup untuk pergi haji, maka jangan sampai Anda putus harapan. Jika Anda tetap berdoa dan berusaha, Allah SWT pasti akan menolong hamba-Nya untuk memberi solusi agar bisa naik haji. Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk bisa naik haji meski keuangan Anda terbilang pas-pasan.

Memiliki Niat dan Komitmen Kuat

Dengan niat dan komitmen yang kuat untuk bisa naik haji, Anda akan lebih fokus pada tujuan yang ingin Anda raih. Segala sesuatu tergantung pada niatnya, maka niatkan ibadah haji tersebut untuk memenuhi panggilan Allah dan hanya mengharapkan ridho dari Allah SWT.

Memanjatkan Doa

Berdoa dan meminta petunjuk dari Allah SWT dapat menudahkan langkah Anda untuk pergi ke Baitullah. Dengan berdoa pada Allah SWT, maka Allah akan memberikan jalan bagi Anda meski sekarang keuangan Anda masih terbilang pas-pasan.

Hitung Kebutuhan Biaya Ibadah Haji

Untuk bisa berhaji, banyak dana yang harus dikeluarkan. Selain untuk ongkos naik haji, Anda juga harus menyiapkan dana untuk bekal selama di Tanah Suci dan juga untukbiaya seputar rencana keberangkatan. Jadi, ketika Anda hendak naik haji maka terlebih dulu Anda harus menghitung biaya kebutuhan ibadah haji tersebut secara rinci.

Update Informasi Seputar Ibadah Haji

Sebagai bentuk nyata niat dan komitmen Anda, maka Anda harus berusaha mengupdate informasi seputar ibadah haji. Untuk itu, Anda harus mencari lembaga keuangan untuk menabung biaya haji dan juga biro perjalanan haji dan umroh yang resmi. Dalam memilih biro perjalanan haji dan umroh, pastikan diri Anda tidak mudah tergiur dengan iming-iming diskon yang terbilang tidak masuk akal. Biro perjalanan haji dan umroh yang menawarkan diskon yang besar-besaran, bisa jadi salah satu indikasi penipuan.

Buka Tabungan Haji

Salah satu solusi naik haji bagi yang kurang mampu adalah dengan membuka tabungan khusus haji di bank syariah yang sudah terkenal kredibel. Untuk itu, atur keuangan Anda dengan sebaik mungkin agar dapat digunakan untuk menabung.

tabungan haji

Kumpulkan Biaya Untuk Pendaftaran Ibadah Haji

Untuk bisa mendapatkan nomor antrean pemberangkatan haji, Anda harus bisa melunasi biaya pendaftaran sebesar Rp 25 juta. Misalnya, biaya naik haji misalnya RP 35 juta dan saat Anda bisa membayar Rp 25 juta, maka Anda akan mendapatkan nomor antean keberangkatan. Anggap saja Anda berangkat 10 tahun lagi. Jika setiap tahunnya biaya haji naik 5 %, maka saat Anda berangkat haji pada 10 tahun mendatang biaya haji menjadi Rp 57 juta. Jadi, biaya pelunasan yang harus Anda keluarkan untuk bisa naik haji adalah Rp 32 juta.

Berusaha Mengumpulkan Sisa Biaya Haji

Setelah Anda mendaftar dan mendapat nomor antrean, Anda harus berusaha untuk mengumpulkan sisa biaya haji. Untuk bisa melunasi sisa biaya haji, Anda dapat melakukan investasi selama sembilan tahun dengan perkiraan pada tahun ke-10, hasilnya dapat digunakan untuk membayarkan pelunasan.

Berhenti Bergaya Hidup Konsumtif

Untuk bisa melunasi biaya naik haji, Anda harus berhenti bergaya hidup konsumtif. Untuk itu, jangan sampai tergoda dengan barang-barang diskonan. Anda harus tetap fokus menyisihkan penghasilan Anda untuk membayar pelunasan biaya ibadah haji. Jangan mudah mengeluarkan uang untuk hal-hal yang sifatnya di luar kebutuhan dan kemampuan. Anda juga harus mengatur keuangan dengan lebih bijaksana.

Itulah beberapa langkah yang dapat dilakukan sebagai solusi naik haji bagi yang kurang mampu. Untuk memudahkan langkah Anda pergi haji ke Tanah Suci, Anda harus memilih biro perjalanan haji dan umroh yang kredibel. Hasuna Tour, biro perjalanan haji dan umroh Jogja yang telah berdiri sejak 22 tahun lebih telah berpengalaman melayani puluhan ribu jamaah haji dan umroh dari seluruh Indonesia. Hasuna Tour telah berizin resmi dan bersertifikat Komite Akreditasi Nasional yang selalu berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para jamaah. Percayakan kebutuhan haji dan umroh bersama Hasuna Tour, biro perjalanan haji dan umroh Jogja dengan kualitas teratas.

Baca Juga Artikel Menarik dari Hasuna Umrah Jogja

5 Alasan Mengapa Muslim Dianjurkan Umroh

5 Alasan Mengapa Muslim Dianjurkan Umroh

Alasan mengapa muslim wajib umroh- Banyak orang yang berasumsi bahwa pergi ke Tanah Suci adalah hal yang diwajibkan untuk orang yang sudah berusia lanjut dan punya pemahaman agama yang cukup. Namun sebenarnya perintah untuk menunaikan

Perbedaan Haji dan Umroh

Haji dan umroh merupakan dua hal yang berbeda, buat anda yang belum tahu apa perbedaan haji dan umroh, tenang saja. Kali ini Hasuna akan berbagi tentang perbedaan Umroh dan Haji. Nah beberapa ada kesamaan antara

Mengenal 10 Sahabat Nabi yang Utama

Artikel ini akan membahas Mengenal para sahabat nabi. Nabi Muhammad SAW adalah suri tauladan bagi umat muslim. Segala perbuatan dan juga perkataan beliau ditiru dan diamalkan oleh seluruh umat muslim. Namun, Nabi Muhammad SAW juga

Pakaian Ihram Perempuan dan Laki-Laki serta Cara Memakainya

Pakaian adalah salah satu dari sekian hal yang harus diperhatikan ketika hendak bertandang ke tanah suci. Memakai pakaian ihram adalah sebuah tanda dimulainya ibadah haji ataupun umroh. Terdapat aturan yang diperbolehkan maupun tidak diperbolehkan ketika

KANTOR PUSAT

Jl. Ipda Tut Harsono No.3, Muja Muju, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55165.

KANTOR HASUNA

Β© 2019 Hasuna Tour All right reservedΒ