Sejarah Kurma dan Beragam Manfaatnya bagi Kesehatan Tubuh

buah kurma

Kurma adalah salah satu buah yang identik dengan negara Timur Tengah. Buah yang sering kita jumpai di bulan Ramadhan ini kerap kali dijadikan oleh-oleh ketika menunaikan ibadah haji ke tanah suci. Selain itu, buah kurma juga dinilai memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai asal-usulnya, berikut adalah sejarah singkat dari buah kurma.

Sejarah Buah Kurma

Kurma adalah salah satu buah tetua yang ada di bumi. Dalam sejarah kurma, kurma dipercaya sudah ada sejak Nabi Adam dan Hawa diturunkan ke bumi. Jejaknya ditemukan di sebuah kuburan tua yang terletak di Mesir dan diperkirakan telah ada sejak 3200 SM. Di kuburan tersebut, konon ditemukan mumi dengan penutup tikar yang dibuat dari pelepah kurma. Selain itu, jejak kurma juga ditemukan di kuburan kuno yang berada di Shakra, kemudian juga di sebuah daerah yang berada di ibukota Al-Wadi Al-Jadidi, Mesir. Di sana, jejak kurma diperkirakan telah ada sejak zaman batu.

Di Mesir Kuno, hampir sebagian orang menggunakan batang dari pohon kurma sebagai pondai rumahnya. Pelepah kurma dijadikan sebagai atap dan juga bahan pembuat tikar.  Kemudian, buah kurma digunakan sebagai memnuhi kebutuhan pokok makanan yang dapat disimpan sepanjang tahun.

Kurma masuk ke dalam keluarga palmae atau palem. Pohon kurma tidak hanya ditemukan di negara-negara Timur Tengah, melainkan juga negara seperti, Pakistan, India, Kepulauan Canary, dan negara-negara beriklim tropis lainnya. Tinggi buah kurma mencapai 23 meter. Pohon ini memiliki batang yang bulat dan juga mahkota yang indah dengan ukuran 6 meter. Daunnya berbentuk menyirip dengan panjang kurang lebih 5 meter.

Nabi Muhammad sendiri diketahui pertama kali menanan pohon kurma, tepatnya kurma jenis Ajwa di tanah yang terletak di sebelah Masjid Quba, Madinah. Nabi juga diketahui memiliki kebiasaan menjadikan kurma jenis Ajwa sebagai makanan untuk berbuka puasa. Oleh karena itu, kurma Ajwa sering dikenal sebagai kurma Nabi.

baca juga : oleh-oleh khas umroh selain kurma

Manfaat Buah Kurma

Buah kurma memiliki banyak manfaat, baik dari segi ekonomi maupun kesehatan. Dari segi ekonomi, buah kurma dapat menambah penghasilan. Seluruh bagian dari pohon kurma, dapat diperjual belikan dan tentunya memiliki nilai ekonomis tersendiri. Misalnya, batang pohon kurma yang dapat dimanfaatkan sebagai pondasi dan juga pelepah daunnya dapat dimanfaatkan untuk membuat tikar dan juga perabotan lainnya. Selain itu, dasar daun beserta dengan tangkai dari pohon kurma juga dapat dijadikan sebagai bahan bakar.

Selain segi ekonomi, buah kurma juga dinilai memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan gula, protein, serta mineral dalam buah kurma dapat menjadi obat dari beragam penyakit. Kurma, menurut penelitian salah satu universitas yang berada di Mesir, dipercaya dapat menyembuhkan kanker.

Demikianlah sejarah kurma beserta dengan bergam manfaatnya yang perlu Anda ketahui. Buah kurma juga dapat Anda beli ketika melakukan ibadah haji. Beragam jenis kurma bisa Anda dapatkan di kebun kurma di Kota Madinah, termasuk juga kurma Ajwa atau kurma Nabi.

Apabila Anda berencana berkunjung ke tanah suci untuk menunaikan ibadah haji, Anda dapat menggunakan jasa biro travel haji plus Jogja, Hasuna. Biro umroh Jogja satu ini, telah memiliki pengalaman 22 tahun serta telah berhasil memberangkatkan 21.000 jamaah haji. Dengan kualitas tersebut, tentu saja perjalanan ibadah haji Anda akan menjadi lebih nyaman, aman, dan menyenangkan.

Baca Juga Artikel Menarik dari Hasuna Umrah Jogja

Bolehkah Umroh Saat Hamil

Bagimana Jika Umroh dalam Keadaan Haid?

Halo kali ini Hasuna akan membaikan sebuah artikel tentang Bagimana Jika Umroh dalam Keadaan Haid? simak ya Mengalami menstruasi atau haid bagi wanita yang masih subur dan tidak ada masalah dengan sistem reproduksinya adalah sebuah

9 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Umroh

9 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Umroh

Terdapat beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat umroh. Larangan tersebut dimulai ketika para jamaah umroh memakai kain ihram di miqat. Ihram sendiri artinya adalah “pengharaman”. Larangan tersebut berakhir ketika mereka bertahalul “penghalalan”. Beberapa larangan

Begini 5 Cara Berdoa di Depan Ka’bah Agar Dikabulkan Allah

Cara berdoa di depan ka’bah agar dikabulkan- Berdoa di depan ka’bah ketika melakukan ibadah haji ataupun umrah adalah salah satu hal yang sangat dinantikan umat muslim di seluruh dunia. Pasalnya, berdoa di tanah suci membuat

Aturan Penyelenggaraan Haji yang Dikeluarkan oleh Pemerintah Indonesia

Aturan Penyelenggaraan Haji yang Dikeluarkan oleh Pemerintah Indonesia

Kali ini Hasuna Tour Biro Haji dan Umroh Jogja akan membahas Aturan Penyelenggaraan Haji yang Dikeluarkan oleh Pemerintah Indonesia. Terdapat beberapa aturan penyelenggaraan haji yang telah dikeluarkan oleh Pemerintah Republik Indonesia. Karena ibadah haji dilaksanakan

KANTOR PUSAT

Jl. Ipda Tut Harsono No.3, Muja Muju, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55165.

KANTOR HASUNA

© 2019 Hasuna Tour All right reserved