Sejarah Ka’bah, Awal Mula diBangunnya Tempat Suci di Mekah

Sejarah Ka’bah, Awal Mula diBangunnya Tempat Suci di Mekah

Kabah adalah bangunan suci yang terdapat di Kota Mekah, tepatnya di tengah-tengah Masjidil Haram. Kabah dijadikan oleh umat muslim di seluruh dunia sebagai kiblat dalam beribadah salat. Tidak berhenti di situ, Kabah juga merupakan salah satu destinasi perjalanan spiritual impian bagi umat muslim, yakni ibadah haji. Lalu bagaimana sejarah Ka’bah itu sendiri? simak artikel berikut ini.

3 Versi sejarah Ka’bah yang ada

Dalam sejarahnya, terdapat beberapa cerita berbeda mengenai awal mula berdirinya Kabah. Untuk mengetahui sejarah Ka’bah secara lebih jauh, berikut adalah beberapa versi tentang sejarah berdirinya Kabah.

1. Ka’bah Dibangun Oleh Malaikat

Versi pertama dari sejarah berdirinya Kabah dituliskan oleh Ali Husni Al-Kharbuthi. Dalam versi ini disebutkan bahwa Kabah pertama kali dibangun oleh malaikat. Hal ini merujuk pada Quran Surah Al Baqarah. Kisah ini dimulai ketika Allah hendak menciptakan manusia di bumi sebagai khalifah di bumi. Akan tetapi, hal tersebut dipertanyakan oleh malaikat.

Malaikat khawatir bahwa manusia hanya akan merusak dan saling menumpahkan darah. Kemudian Allah berfirman dalam QS Al-Baqarah Ayat 30, “Sesungguhnya aku lebih mengetahui segala sesuatu yang tidak kalian ketahui.”. Mendengar jawaban Allah, kemudian malaikat memohon ampun kepada Allah sembari mengelilingi Arsy.

Atas rahmat Allah, kemudian diciptakanlah Bait Al-Makmur tepat di bawah Arsy. Kemudian malaikat diperintahkan untuk membangun miniatur Bait Al-Makmur di bumi dan memerintahkan malaikat untuk berthawaf.

ilustrasi kak'bah jaman dahulu
The Kaaba, Mecca. Illustration from Cassell’s Illustrated Universal History by Edward Ollier (1890).

2. Ka’bah Dibangun Oleh Nabi Adam

Sejarah Kabah berikutnya datang dari sejarahwan lain. Menurut versi ini, manusia pertama yang membangun Kabah adalah Nabi Adam. Melalui Malaikat Jibril, Nabi Adam diperintahkan untuk mendirikan sebuah bangunan dimana Kabah sekarang berdiri.

Setelah bangunan tersebut didirikan, kemudian Allah memerintahkan Nabi Adam dan juga Hawa untuk berthawaf. Kemudian ketika datang masanya Nabi Ibrahim, bangunan tersebut dibuat dengan pondasi yang lebih tinggi.

3. Ka’bah Dibangun Oleh Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail

Diantara semua versi sejarah Kabah yang ada, versi yang paling banyak disepakati oleh para sejawan adalah versi yang menyebutkan bahwa Kabah dibangun oleh Nabi Ibrahim beserta dengan putranya, Nabi Ismail. Merujuk pada QS Surah Al-Baqarah Ayat 127.

Ayat tersebut menyiratkan bahwa bangunan Kabah telah ada sebelum Nabi Ibrahim. Akan tetapi beberapa sejarahwan mengungkapkan bahwa sebelum dibangun oleh Nabi Ibrahim, tempat tersebut sebelumnya adlaah sebuah tanah tinggi berwarna merah, yang mana digunakan oleh kaum Amaliq untuk beribadah sebelum mereka musnah.

Seusai Nabi Ibrahim dan juga Nabi Ismail membangun Kabah, keduanya berdoa  dan memohon kepada Allah SWT agar amalnya diterima dan juga anak serta cucunya menjadi umat yang taat. Nabi Ibrahim dan juga Ismail juga memohon kepada Allah mengenai tata cara melaksanakan ibadah haji.

*****

ka'bah pada jaman dahulu
ka’bah pada jaman dahulu – muslimvibes.com

Penutup

Demikianlah 3 versi sejarah Kabah saat dibangun. Saat ini, Kabah merupakan tempat tersuci bagi umat Islam dan menjadi pusat keagamaan. Setiap tahun, jamaah datang untuk melaksanakan ibadah haji di tanah suci.

Apabila Anda juga memiliki keinginan untuk pergi ke tanah suci untuk menyaksikan secara langsung bangunan Kabah serta menunaikan ibadah Haji dan umroh, Anda dapat menghubungi Hasuna. Hasuna adalah salah satu biro travel haji plus Jogja yang telah memiliki pengalaman selama 22 tahun sebagai penyedia jasa travel dan umroh. Biro travel umroh Jogja ini telah berhasil memberangkatkan sebanyak 21 ribu jamaah haji. Dengan pembimbing yang berpengalaman dan bersertifikat, Hasuna akan membuat perjalanan spiritual Anda menuju tanah suci menjadi lebih hikmat dan khusyu’.

Bagikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga Artikel Menarik dari Hasuna Umrah Jogja

Bolehkah Umroh Saat Hamil? Simak Pembahasannya Berikut ini!

Bolehkah umroh saat hamil? Hal ini menjadi salah satu pertanyaan para wanita, terutama bagi mereka yang sedang mengandung. Sebenarnya umroh dapat dilaksanakan kapan saja, termasuk saat dalam kondisi hamil. Tidak ada larangan bagi wanita hamil

Inilah 3 Macam-Macam Haji dan Hukumnya

Inilah 3 Macam-Macam Haji dan Hukumnya

Macam-macam haji- Melaksanakan ibadah haji adalah rukun islam yang kelima. Ibadah haji merupakan salah satu perjalanan spiritual yang dilakukan umat muslim yang mampu, baik fisik maupun materi atau finansial. Berdasarkan pelaksanaannya, terdapat tiga jenis atau

Perbedaan Haji dan Umroh

Haji dan umroh merupakan dua hal yang berbeda, buat anda yang belum tahu apa perbedaan haji dan umroh, tenang saja. Kali ini Hasuna akan berbagi tentang perbedaan Umroh dan Haji. Nah beberapa ada kesamaan antara

5 Alasan Mengapa Muslim Dianjurkan Umroh

5 Alasan Mengapa Muslim Dianjurkan Umroh

Alasan mengapa muslim wajib umroh- Banyak orang yang berasumsi bahwa pergi ke Tanah Suci adalah hal yang diwajibkan untuk orang yang sudah berusia lanjut dan punya pemahaman agama yang cukup. Namun sebenarnya perintah untuk menunaikan

Baik Untuk Kesehatan, Inilah Kandungan Air Zam-Zam di Mekah

Kandungan air zam-zam- Sumur Zam-Zam yang berada di Masjidil Haram, lebih tepatnya Tenggara Kabah, dipercaya memiliki banyak manfaat. Manfaat tersebut dihasilkan dari kandungan yang terdapat pada air zam-zam. Setidaknya hal itulah yang telah dipaparkan dalam