5 Persiapan Sebelum Berangkat Haji

tukar rupiah ke riyal

Persiapan sebelum berangkat haji mutlak dilakukan oleh calon jamaah haj. Ibadah haji sendiri memang merupakan ibadah yang sangat menuntut persiapan, baik secara fisik, mental, maupun keuangan. Ibadah haji menjadi ibadah paripurna dari keislaman seorang muslim. Karena itulah, para calon jamaah haji berusaha keras untuk mempersiapkan segala hal demi kelancaran pelaksanaan ibadah hajinya di Tanah Suci. Bagi Anda yang hendak berangkat ke Tanah Suci, jangan lupa untuk melakukan beberapa persiapan sebelum berangkat haji berikut ini.

1.     Perkaya Pengetahuan Tentang Ibadah Haji

Anda harus terus memperkaya dan memperbarui wawasan atau pengetahuaan agama Anda tentang ibadah haji di Tanah Suci. Sembari menunggu antrean keberangkatan haji, Anda dapat mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan cara beribadah haji yang baik dan benar (melakukan manasik haji). Manasik haji memang diwajibkan bagi calon jamaah haji dan dilaksanakan beberapa bulan sebelum keberangkatan. Selain itu, Anda juga harus rutin mendatangi majelis taklim untuk menimba ilmu agama dari para ahli agama.

selain itu anda perlu juga mengetahui aturan haji yang dikeluarkan oleh pemerintah indonesia.

2.     Menjaga  Kondisi Fisik dan Kesehatan

Persiapan sebelum berangkat haji yang sangat penting untuk diakukan adalah persiapan fisik dan kesehatan. Kondisi cuaca di Tanah Suci jauh berbeda dari kondisi cuaca di Indonesia. Jika tidak memiliki kondisi fisik yang prima, para calon jamaah haji rentan mengalami sakit karena faktor perbedaan cuaca ini. Karena itu, mulai sekarang Anda harus rajin mengonsumsi makanan bergizi, olahraga teratur, istirahat cukup, dan memeriksa kesehatan secara berkala.

3.     Melakukan Packing Barang Bawaan

Sebelum berangkat menunaikan ibadah haji di Tanah Suci, calon jamaah haji harus memersiapkan barang-barang yang akan dibawa. Barang-barang tersebut akan digunakan untuk menunjang aktivitas keseharian jamaah haji yang saat tinggal di Tanah Suci selama kurang lebih 40 hari. Karena itulah, para jamaah haji harus mencari trik agar barang bawaan yang dibawa tidak melampaui batas.

Salah satu tips packing yang dapat dicoba adalah dengan menggulung pakaian sebelum diletakkan di dalam koper. Hal ini akan jauh menghemat ruang jika dibandingkan dengan melipat baju. Selain itu, Anda juga harus memprioritaskan barang-barang yang akan dibawa agar nantinya koper tidak menjadi penuh sesak. Untuk itu, minta saran atau referensi mengenai barang apa saja yang penting untuk dibawa dari mereka yang telah berpengalaman dalam melaksanakan ibadah haji.

4.     Tukar Uang Sebelum Tiba Waktu Keberangkatan

tukar rupiah ke riyal

Uang sangat diperlukan untuk melakukan berbagai transaksi jual beli. Nah, untuk memudahkan Anda belanja oleh-oleh di Tanah Suci nanti, pastikan Anda telah menukar uang sebelum waktu keberangkatan ke Tanah Suci tiba. Anda dapat menukar uang Rupiah Anda ke Riyal di layanan money charger ataupun bank. Usahakan untuk menukarkannya jauh-jauh hari atau tidak terlalu dekat dengan waktu keberangkatan. Hal ini untuk menjamin ketersediaan stok uang Riyal dan Anda pun dapat memilih nilai kurs yang tidak begitu tinggi. Selain itu, untuk menjamin keamanan Anda selama menjalankan ibadah haji, usahakan untuk tidak membawa uang dalam jumlah yang terlalu banyak.

Opsi lainnya yang dapat Anda coba adalah dengan memiliki kartu debit yang menawarkan banyak manfaat untuk melakukan transaksi di luar negeri. Saat ini ada beberapa bank syariah di Indonesia yang menawarkan fasilitas kartu ATM yang dapat digunakan di Arab Saudi.

5.     Persiapkan Pulsa Telepon dan Kuota Internet

paket internet haji

Demi menunjang kelancaran komunikasi Anda selama berada di Tanah Suci, Anda harus mempersiapkan pulsa telepon dan kuota internet. Untuk itu, Anda dapat pergi ke layanan operator telekomukasi untuk berkonsultasi tentang pilihan pulsa telpon terbaik untuk digunakan di luar negeri. Selain itu, Anda juga dapat membeli kartu SIM lokal di Arab Saudi untuk mendapatkan kuota internet yang murah.

Itulah beberapa persiapan sebelum berangkat haji yang harus dilakukan oleh calon jamaah haji. Bagi Anda yang berniat untuk pergi ke Tanah Suci, percayakan saja pada Hasuna Tour, biro perjalanan haji dan umroh Jogja yang telah berpengalaman lebih dari 22 tahun melayani puluhan ribu jamaah haji dan umroh dari seluruh Inonesia. Hasuna Tour telah mengantongi izin resmi dan memiliki sertifikat Komite Akreditasi Nasional. Sebagai biro perjalanan haji dan umroh Jogja yang memiliki kualitas teratas, Hasuna Tour selalu berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para jamaah haji dan umroh.

.

 

Baca Juga Artikel Menarik dari Hasuna Umrah Jogja

Umrah vs Haji, Perbedaan dan Tata Pelaksanaannya

Rukun Islam kelima bagi umat muslim adalah menjalankan ibadah haji bagi yang mampu. Haji yang secara literal memiliki arti menyengaja atau mengunjungi bermakna menyengaja berkunjung ke Baitullah untuk melaksanakan serangkaian ibadah dengan syarat, wajib, dan

Hasuna Tour Umroh Jogja

6 Cara Umroh Sebelum Usia 30 Tahun Paling Berhasil

Berangkat ke Baitullah untuk melaksanakan iadah haji maupun umroh merupakan impian bagi setiap muslim di seluruh dunia. Bahkan kini generasi milineal yang usianya belum mencapai 30 tahun pun sudah banyak yang memutuskan untuk menunaikan ibadah

Baik Untuk Kesehatan, Inilah Kandungan Air Zam-Zam di Mekah

Kandungan air zam-zam- Sumur Zam-Zam yang berada di Masjidil Haram, lebih tepatnya Tenggara Kabah, dipercaya memiliki banyak manfaat. Manfaat tersebut dihasilkan dari kandungan yang terdapat pada air zam-zam. Setidaknya hal itulah yang telah dipaparkan dalam

Apa itu Tawaf, Jenis-Jenis, Tata Cara, dan Sunnah Pelaksanaannya

Salah satu rangkaian ibadah dalam umroh adalah melakukan tawaf. Apa itu Tawaf ? Tawaf merupakan salah satu rukun haji dan umroh yaitu mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali putaran. Perintah untuk melakukan tawaf ada di Q.S

KANTOR PUSAT

Jl. Ipda Tut Harsono No.3, Muja Muju, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55165.

KANTOR HASUNA

© 2019 Hasuna Tour All right reserved