Pengertian Umroh, Syarat, dan Hukumnya

HASUNA BIRO UMROH JOGJA DAN HAJI PLUS FURODA (32)

Sebagai seorang muslim, kita harus memahami pengertian umroh, syarat, dan hukumnya. Menurut bahasa arab, umroh artinya berkunjung atau berziarah. Sedangkan menurut istilah, umroh adalah berkunjung ke Baitullah untuk melaksanakan serangkaian tahapan ibadah, seperti misalnya Thawaf, Sa’i antara Bukit Shafa dan Bukit Marwah, dan terakhir adalah melakukan tahalul untuk mengharapkan ridho dari Allah SWT. Sebenarnya ibadah umroh hampir sama dengan ibadah haji namun hukumnya berbeda. Ibadah umroh dapat dilaksanakan setiap saat, kecuali pada hari diselenggarakannya ibadah haji. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut ini.

Pengertian Ibadah Umroh

Dari segi bahasa, umroh artinya ziarah (erkunjung atau mengunjungi). Sedangkan menurut istilah, umroh diartikan sebagai ibadah yang dilakukan dengan berkunjung ke Baitullah untuk melaksanakan serangkaian prosesi peribadatan seperti Thawaf, Sa’i antara Shafa ke Warwah, dan mencukur rambut atau bertahalul demi mengharapkan ridho Allah SWT.

Syarat Umroh

  1. Beragama Islam (orang yang beragama Islam disebut juga muslim)
  2. Baligh, artinya orang tersebut sudah mencapai umur dewasa. Bagi laki-laki antara usia 11-15 tahun dan untuk perempuan antara usia 9-12 tahun.
  3. Berakal sehat (tidak mengalami gangguan jiwa)
  4. Merdeka, artinya orang tersebut bukan budak atau hamba sahaya
  5. Disertai dengan mahrom (khusus bagi wanita)

Rukun Umroh

  1. Berihram (berniat untuk melaksanakan ibadah umroh)
  2. Melakukan tawaf (mengelilingi Kabah sebanyak 7 kali putaran dengan posisi Kabah berada di sebelah kiri jamaah umroh)
  3. Sa’i atau berlari-lari kecil dari Bukit Shafa ke Bukit Marwah sebanyak 7 kali yang berakhir di Bukit Marwah.
  4. Tahalul, yakni mencukur rambut atau memendekkan rambut.
  5. Tertib, melakukan umroh sesuai dengan aturan.

Wajib Umroh

  1. Melakukan ihram di miqat (berniat untuk melaksanakan ibadah umroh)
  2. Meninggalkan segala larangan ihram

Jika wajib umroh ditinggalkan, umrohnya akan tetap sah namun harus ditutupi dengan membayar denda yang disebut dengan Dam yang berupa seekor kambing.

Hukum Pelaksanaan Umroh

Terdapat perbedaan mengenai hukum pelaksanaan umroh ini. Ada sebagian yang berpendapat bahwa umroh hukumnya sunnah muakkad atau sunnah yang sangat dianjurkan. Sementara itu, sebagian yang lain berpendapat bahwa hukum umroh adalah wajib bagi orang yang mampu melaksanakannya, yaitu mampu dari segi mental maupun finansial.

Rasulullah SAW ditanya oleh sahabat mengenai apakah wajib bagi umat muslim untuk menunaikan umroh. Lalu Nabi Muhammad SAW menjawab, “Tidak, Jika Engkau berumroh maka itu lebih baik.” ( HR Tirmidzi). Berdasarkan hadits tersebut, kita dapat memahami bahwa Rasulullah SAW sangat menganjurkan umatnya untuk melaksanakan ibadah umroh ke Baitullah sehingga ibadah umroh hukumnya merupakan sunnah muakadah atau sunnah yang diutamakan.

Waktu Pelaksanaan Ibadah Umroh

Selain harus memahami mengenai pengertian umroh, syarat, dan hukumnya, kita juga harus mengerti tentang waktu pelaksanaan ibadah umroh. Umroh dapat dilaksanakan kapan saja tanpa terikat waktu tertentu sebagaimana pelaksanaan ibadah haji. Namun ada waktu-waktu tertentu yang dimakruhkan untuk melaksanakan ibadah umroh, yakni pada saat jamaah haji melakukan wukuf di Padang Arafah, hari Nahar (Idul Adha)pada tanggal 10 Dzulhijjah, dan juga hari-hari tasyrik.

Tahapan Pelaksanaan Ibadah Umroh

  1. Berangkat menuju miqat
  2. Mandi dan berihram di miqat (boleh juga dilakukan di pemondokan sebelum berangkat menuju miqat)
  3. Berpakaian ihram dan melakukan shalat sunnah ihram 2 rakaat (setelah membaca surah Al-Fatihah, membaca surat Al-Kafirun pada rakaat pertama dan membaca surat Al-Ikhlas pada rakaat kedua.
  4. Membaca niat umroh “Labbaikallahu umrotan”. Setelah itu menuju Makkah dengan berpakaian ihrom dan membaca kalimat talbiyah sebanyak-banyaknya selama perjalanan.
  5. Menuju Masjidil Haram
  6. Melakukan tawaf
  7. Melakukan sholat 2 rakaat di dean Maqam Ibrahim
  8. Beristirahat sejenak dan meminum air zam-zam
  9. Melakukan sa’i antara Bukit Shafa dan Marwah sebanyak 7 kali
  10. Melakukan tahallul

Demikianlah pembahasan pengertian umroh, syarat, dan hukumnya. Bagi Anda yang kini sedang mencari biro perjalanan umroh Jogja yang terpercaya, maka Anda dapat memilih Hasuna Tour. Sebagai agen perjalanan haji dan umroh yang telah berdiri lebih dari 22 tahun, Hasuna Tour telah mengantongi izin resmi dan bersertifikat Komite Akreditasi Nasional. Hasuna Tour merupakan agen perjalanan umroh Jogja yang telah berpengalaman memberangkatkan lebih dari 21.000 jamaah haji dan umroh dari seluruh Indonesia.

Bagikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga Artikel Menarik dari Hasuna Umrah Jogja

Bolehkah Wanita Pergi Umroh Sendirian?

Bagimana Jika Umroh dalam Keadaan Haid?

Halo kali ini Hasuna akan membaikan sebuah artikel tentang Bagimana Jika Umroh dalam Keadaan Haid? simak ya Mengalami menstruasi atau haid bagi wanita yang masih subur dan tidak ada masalah dengan sistem reproduksinya adalah sebuah

Perbedaan Haji dan Umroh

Haji dan umroh merupakan dua hal yang berbeda, buat anda yang belum tahu apa perbedaan haji dan umroh, tenang saja. Kali ini Hasuna akan berbagi tentang perbedaan Umroh dan Haji. Nah beberapa ada kesamaan antara

Kisah Abrahah Menyerang Kabah

Kisah Abrahah Menyerang Kabah dengan Pasukan Bergajah

Kisah Abrahah menyerang Kabah- Dalam sejarah Islam, terdapat salah satu peristiwa besar yang terjadi bertepatan dengan kelahiran Nabi Muhammad SAW, yaitu peristiwa penyerangan Kabah yang dilakukan oleh Abrahah. Dalam peristiwa ini, dikisahkan Abrahah menyerang Kabah

HAJAR ASWAD

6 Keistimewaan Hajar Aswad, Batu Surga yang Dimuliakan

Keistimewaan Hajar Aswad- Pergi ke tanah suci menunaikan ibadah haji adalah impian bagi seluruh umat muslim di dunia. Di antara serangkaian kegiatan ibadah haji, salah satu yang menjadi impian jamaah haji adalah mencium hajar aswad.

Aturan Penyelenggaraan Haji yang Dikeluarkan oleh Pemerintah Indonesia

Aturan Penyelenggaraan Haji yang Dikeluarkan oleh Pemerintah Indonesia

Kali ini Hasuna Tour Biro Haji dan Umroh Jogja akan membahas Aturan Penyelenggaraan Haji yang Dikeluarkan oleh Pemerintah Indonesia. Terdapat beberapa aturan penyelenggaraan haji yang telah dikeluarkan oleh Pemerintah Republik Indonesia. Karena ibadah haji dilaksanakan