8 Oleh-Oleh Khas Haji dan Umroh Selain Kurma dan Air Zam-Zam

oleh-oleh haji dan umroh

Setelah Anda selesai melaksanakan ibadah haji atau umroh, tentu saja Anda ingin membawa pulang beberapa oleh-oleh khas haji dan umroh untuk keluarga ataupun kerabat yang  ada di Tanah Air. Tak melulu membawa oleh-oleh kurma dan air Zam-Zam saja. Kini, ada beragam pilihan buah tangan khas haji dan umroh yang bisa Anda bawa pulang.

Berikut ini adalah beberapa buah tangan, selain kurma dan air Zam-Zam, yang bisa Anda pulang setelah menjalankan ibadah haji dan umroh.

1. Coklat Al Hadi

Coklat merupakan makanan yang biasa dijadikan sebagai buah tangan. Di Arab Saudi, Anda pun dapat menemukan berbagai varian coklat. Salah satu coklat berkualitas premium yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh bagi keluarga ataupun teman-teman di Tanah Air adalah coklat Al-Hadi. Coklat yang satu ini memiiki cita rasa yang begitu khas karena terbuat dari kurma asli Arab. Sekotak coklat Al Hadi (isi enam) biasanya dibanderol dengan harga mulai dari Rp 17 ribu.

2. Coklat Batu

 Oleh-Oleh Khas Haji dan Umroh

Seperti namanya, bentuk dari coklat yang satu ini pun menyerupai batu. Coklat batu telah dikenal sebagai salah satu oleh-oleh khas haji dan umroh karena keunikan bentuk dan cita rasanya yang begitu manis.

3. Kismis

Oleh-Oleh Khas Haji dan Umroh kismis

Anda dapat dengan mudah menemukan kismis di berbagai pasar tradisional ataupun tempat-tempat wisata di Arab. Kismis khas Arab pada umumnya memiliki warna kuning atau kecoklatan. Kismis sendiri merupakan bahan yang kaya akan zat mineral, zat besi, serta vitamin B kompleks yang ampuh mengobati animea.

4. Madu Khasmir

Madu Khasmir

Madu Khasmir merupakan madu yang berasal dari Pegunungan Himalaya, namun sangat populer di Tanah Suci. Karena itulah, banyak pedagang yang menjajakan madu Khasmir sebagai salah satu oleh-oleh khas haji dan umroh. Bagi penduduk Arab, madu biasa dijadikan sebagai bahan pelengkap makanan karena dipercaya memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Harga madu khasmir yang dijual di Arab lebih murah jika dibandingkan dengan harga madu khasmir di Tanah Air.

5. Kacang Pistachio

Kacang Pistachio oleh -oleh khas mekkah

Kacang Pistachio merupakan salah satu jenis kacang yang populer di Arab. Kacang ini memiliki kulit berwarna krem dan daginganya berwarna hijau. Cita rasanya pun begitu gurih sehingga cocok untuk disajikan dengan dengan makanan yang manis. Kacang ini sangat baik untuk dikonsumsi karena mampu menjaga kesehatan jantung, mencegah terjadinya kanker, melindung sistem syaraf, dan lain sebagainya. Untuk harganya sendiri, kacang Pistachio biasa dibanderol dengan harga Rp 35 ribu.

6. Kacang Almond

Kacang Almond

Selain kacang Pistacio, kacang almond juga menjadi jenis kacang yang cukup pouler. Meski kacang ini juga bisa kita jumpai di Indonesia, namun kacang almond yang berasal dari Arab memiliki keistimewaan tersendiri. Kacang almond asli Arab biasanya memiliki cita rasa yang lebih gurih dan tekstur yang lebih lembut. Karena itulah, sekali coba Anda pasti ketagihan. Untuk satu kilo kacang almond Arab, biasanya dibanderol dengan harga Rp 210 ribu, jadi Anda harus pandai-pandai menawar ya!

7. Buah Tin

Buah Tin

Buah Tin merupakan buah favorit Rasullulah SAW. Buah tin ini berkhasiat untuk melancarkan sistem pencernaan, membentuk sel darah merah pada tubuh, sebagai sumber energi, dan juga antibakteri. Anda dapat membeli buah tin yang telah dikeringkan dan telah dikemas. Harga per kemasan biasanya berkisar antara R 45-155 ribu.

8. Ma’amoul

Ma’amoul

Ma’amoul adalah roti isi kurma yang bertestur lembut. Bentuknya hamir mirip dengan bakpia yang sering kita jumpai di Indonesia. Harga roti lezat yang satu ini biasanya berkisar R 18-180 ribu.

Saat Anda pergi haji atau umroh, kini Anda punya beberapa alternatif oleh-oleh khas haji dan umroh yang bisa Anda berikan pada keluarga maupun kerabat yang berada di Tanah Air. Jika Anda merupakan jamaah umroh yang berangkat dari Jogja, kini telah hadir biro perjalanan haji dan umroh Jogja yang akan memberikan kesempatan bagi jamaah untuk berbelanja oleh-oleh di pasar tradisional maupun tempat wisata yang ada di Arab.

Hasuna Tour, perusahaan perjalanan haji dan umroh Jogja yang telah berdiri lebih dari 22 tahun akan melayani Anda dengan sebaik mungkin saat menjalankan ibadah di Tanah Suci. Percayakan kebutuhan haji dan umroh bersama Hasuna Tour yang telah terjamin legalitas hukumnya dan tersertifikasi Komite Kreditasi Nasional. Bersama Hasuna Tour, perjalanan haji dan umroh Anda akan terasa semakin menyenangkan.

 

Bagikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga Artikel Menarik dari Hasuna Umrah Jogja

Bolehkah Umroh Saat Hamil? Simak Pembahasannya Berikut ini!

Bolehkah umroh saat hamil? Hal ini menjadi salah satu pertanyaan para wanita, terutama bagi mereka yang sedang mengandung. Sebenarnya umroh dapat dilaksanakan kapan saja, termasuk saat dalam kondisi hamil. Tidak ada larangan bagi wanita hamil

Sejarah Ka’bah, Awal Mula diBangunnya Tempat Suci di Mekah

Sejarah Ka’bah, Awal Mula diBangunnya Tempat Suci di Mekah

Kabah adalah bangunan suci yang terdapat di Kota Mekah, tepatnya di tengah-tengah Masjidil Haram. Kabah dijadikan oleh umat muslim di seluruh dunia sebagai kiblat dalam beribadah salat. Tidak berhenti di situ, Kabah juga merupakan salah

Sejarah dari Melempar Jumrah

Sejarah dari Melempar Jumrah di Tanah Mina

Melempar jumrah adalah salah satu dari banyaknya rangkaian yang harus jmaah lakukan ketika menjalankan ibadah haji di tanah suci. Lempar jumrah ini umumnya dilaksanakan oleh jamaah ketika berada di Mina. Sedangkan batu yang digunakan untuk

Hal yang Pantang Dilakukan Ketika Umroh

Hal-Hal yang Pantang Dilakukan Ketika Umroh Agar Tidak Terkena Dam

Hal-hal yang pantang dilakukan ketika umroh- Melaksanakan ibadah umroh adalah sebuah kesempatan istimewa yang diinginkan oleh umat muslim. Di tanah suci, jamaah dapat memanjatkan doa dan juga meleburkan dosa. Tentu saja, ibadah umroh harus dilakukan

Inilah 3 Macam-Macam Haji dan Hukumnya

Inilah 3 Macam-Macam Haji dan Hukumnya

Macam-macam haji- Melaksanakan ibadah haji adalah rukun islam yang kelima. Ibadah haji merupakan salah satu perjalanan spiritual yang dilakukan umat muslim yang mampu, baik fisik maupun materi atau finansial. Berdasarkan pelaksanaannya, terdapat tiga jenis atau

4 Ciri-Ciri Haji Mabrur Menurut Rasulullah SAW

4 Ciri-Ciri Haji Mabrur Menurut Rasulullah SAW

Seperti apakah ciri-ciri haji mabrur menurut islam?- Mabrur dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah diterima Allah atau baik. Jadi, secara bahasa, haji mabrur adalah haji yang baik atau ibadahnya telah dilaksanakan dengan baik dan diterima