Nama Lain Ka’bah dan Mengapa Kabah Disebut Baitullah?

Nama Lain Kabah dan Mengapa Kabah Disebut Baitullah?

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa Ka’bah merupakan bangunan suci kiblat solat orang muslim seluruh dunia. Namun Tahukah anda bahwa Ka’bah memiliki nama lain? Lalu apa nama lain Ka’bah? Simak terus artikel ini.

Kabah merupakan bangunan berbentuk kubus yang ada di tengah-tengah Masjidil Haram di Kota Mekah. Bangunan ini menjadi kiblat bagi selurh umat muslim di eluruh dunia. Selain itu, tempat ini menjadi destinasi utama untuk perjalanan spiritual umat islam, yaitu ibadah haji. Saat menunaikan ibadah haji, jamaah biasanya salat menghadap ke Kabah dan melaksanakan tawaf atau mengelilingi Kabah.

Nama Lain Ka’bah

Di dalam Al-quran, Kabah memiliki berbagai macam sebuatan atau nama. Hal ini sesuai dengan yang tercantum di dalam Al-quran. Berikut adalah nama-nama lain dari Kabah beserta dengan alasan mengapa kabah disebut baitullah.

1. Ka’bah

Sebutan yang paling populer dan banyak digunakan untuk menyebut bangunan di tengah-tengah Masjidil tersebut adalah Kabah. Kabah sendiri berarti persegi empat. Hal ini merujuk pada bangunan tersebut yang berbentuk kubus. Dalam Al-quran kata Ka’bah tercantum dalam Quran Surah Al-Maida Ayat 97.

2. Baitullah

Nama kedua yang juga cukup banyak digunakan oleh masyarakat untuk menyebut Kabah adalah Baitullah. Baitullah berarti Rumah Allah. Sebutan Baitullah disebutkan dalam Quran Surah Al Baqarah Ayat 125 sebagai berikut.

“Dan (ingatlah), ketika Kami menjadikan rumah itu (Baitullah) sebagai tempat berkumpul manusia dan tempat aman. Dan jadikanlah sebagian maqam Ibrahim sebagai tempat salat. Dan telah kami perintahkan Ibrahim dan Ismail ‘Bersihkan rumah-Ku untuk orang-orang Tawaf, yang i’tikaf, ruku, dan yang sujud.”.

Selain dalam surah Al-Baqarah Ayat 125, hal tersebut juga tertuliskan dalam Quran Surah Al-Hajj ayat 26 baitullah juga disebutkan sebagai berikut.

Kedua surah tersebut kemudian menjadi alasan mengapa Kabah disebut Baitullah oleh umat muslim. Kata ‘rumah-Ku’ dalam kedua surah tersebut ditafsirkan sebagai rumah Allah.

baca juga : apa itu tawaf?

3. Al-Bait

Nama ketiga yang digunakan untuk menyebut Kabah adalah Al-Bait. Al Bait memiliki arti rumah. Jadi dapat diartikan bahwa Kabah adalah rumah Allah. Nama Al-Bait tersebut dalam Quran Surah Ali Imram Ayat 96. Selain itu, nama Al-Bait juga digunakan oleh Nabi Muhammad SAW ketika ditanya masjid manakah yang pertama kali dibangun. Beliau kemudian menjawab Masjidil Haram. Ketika ditanya sekali lagi, beliau kemudian menjawab Masjidil Aqsa.

4. Al-Bait Al-‘Atiq

Nama Kabah selanjutnya yang disebut dalam Al-quran adlaah Al-Bait Al-‘Atiq. Al-Bait Al-‘Atiq berarti adalah rumah yang bebas. Bebas yang dimaksud adalah bahwa Allah SWT membebaskan Kabah dari berbagai macam bencana dan juga bahaya. Selain rumah yang bebas, Al-Bait Al-‘Atiq juga berarti bahwa tidak ada seorang pun yang diperbolehkan untuk mengambil Kabah sebagai hak milik. Kemudian, Al-Atiq juga memiliki makna membebaskan manusia dari azab Allah. Hal tersebut sesuai dengan yang disebutkan dalam Quran Surah Al-Hajj.

Penutup

Demikianlah nama lain Kabah beserta dengan alasan mengapa Kabah disebut dengan baitullah yang berarti rumah Allah. Hingga saat ini, Kabah masih dikunjungi umat muslim di seluruh dunia setiap bulan Dzulhijjah guna melaksanakan ibadah Haji dan Umroh.

Ibadah Haji dan Umroh dapat Anda laksanakan dengan bantuan travel haji plus Jogja, Hasuna Tour. Pengalaman 22 tahun dalam bidang travel umroh Jogja serta telah berhasil memberangkatkan 21.000 jamaah membuat Hasuna menjadi salah satu biro travel haji terpercaya. Selain itu, dengan bantuan pembimbing yang profesional serta bersertifikat tentunya akan membantu membangun suasana ibadah haji dan umroh Anda lebih damai, aman, dan nyaman, sehingga ibadah dapat berlangsung dengan khusyu dan hikmat.

Baca Juga Artikel Menarik dari Hasuna Umrah Jogja

Bolehkah Wanita Pergi Umroh Sendirian?

Bolehkah Wanita Pergi Umroh Sendirian?

Sebagian wanita bertanya-tanya, “bolehkah wanita pergi umroh sendirian?”. Dalam hal ini ada perbedaan pendapat antara ulama. Sekarang ini, banyak wanita yang ingin menunaikan ibadah haji dan umroh sendirian karena merasa aman untuk melakukan perjalanan sendirian

HAJAR ASWAD

6 Keistimewaan Hajar Aswad, Batu Surga yang Dimuliakan

Keistimewaan Hajar Aswad- Pergi ke tanah suci menunaikan ibadah haji adalah impian bagi seluruh umat muslim di dunia. Di antara serangkaian kegiatan ibadah haji, salah satu yang menjadi impian jamaah haji adalah mencium hajar aswad.

Perbedaan Haji Plus dan Haji Reguler

Apa sih perbedaan antara Haji plus dan haji regular? Sudahkah anda tahu perbedaan antara haji plus dan haji regular? Jika anda belum tahu maka kalian harus mengetahui terlebih dahulu tentang haji plus dan haji regular.

Hasuna Tour Umroh Jogja

6 Cara Umroh Sebelum Usia 30 Tahun Paling Berhasil

Berangkat ke Baitullah untuk melaksanakan iadah haji maupun umroh merupakan impian bagi setiap muslim di seluruh dunia. Bahkan kini generasi milineal yang usianya belum mencapai 30 tahun pun sudah banyak yang memutuskan untuk menunaikan ibadah

Mengenal Para Sahabat Nabi yang Utama

Mengenal 10 Sahabat Nabi yang Utama

Artikel ini akan membahas Mengenal para sahabat nabi. Nabi Muhammad SAW adalah suri tauladan bagi umat muslim. Segala perbuatan dan juga perkataan beliau ditiru dan diamalkan oleh seluruh umat muslim. Namun, Nabi Muhammad SAW juga

Asal Muasal Air Zam-Zam yang Tak Pernah Kering

Asal muasal air zam-zam- Seusai melakukan ibadah haji di tanah suci, jamaah biasanya akan sibuk mencari oleh-oleh yang akan dibawa pulang ke tanah suci. Entah untuk simpanan pribadi ataupun dibagikan kepada tetangga dan sanak saudara.

KANTOR PUSAT

Jl. Ipda Tut Harsono No.3, Muja Muju, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55165.

KANTOR HASUNA

© 2019 Hasuna Tour All right reserved