Mengenal Raudhah, Taman Surga di Masjid Nabawi

Hasuna.co.id Raudhah merupakan sebuah sudut tempat di dalam Masjid Nabawi yang keberadaannya ditandai dengan tiang-tiang putih, jika mengacu pada keadaan awalnya, Raudhah berada diantara Rumah Nabi (sekarang Makam Rasulullah SAW) sampai mimbar. Sedikit info untuk Anda, panjang raudhah dari arah timur ke barat sepanjang 22 meter dan 2 meter luas dari utara ke selatan. Dipercaya bahwa raudhah merupakan salah satu tempat yang mustajab untuk memanjatkan do’a.

Raudhatul Jannah atau lebih sering orang menyebutnya Raudhah adalah suatu tempat di dalam area Masjid Nabawi. Pada tempat ini, para jamaah haji akan memanjatkan doa dengan khusyuk dan khikmat, sesuai anjuran dari sunah Rasulullah SAW.

Rasulullah Muhammad SAW sendiri yang memberi nama tempat tersebut Raudhatul Jannah atau berarti Taman Surga. Pada masa lalu, area Raudhah tepatnya ada di luar Masjid Nabawi atau secara spesifik berada di antara rumah Nabi dan mimbar di masjid. Namun sekarang seiring perluasan Masjid Nabawi yang telah dilakukan tidak hanya sekali, namun sudah beberapa kali, lokasi raudhah saat ini ada dalam area masjid.

Pada masa Rasulullah masih hidup, beliau sering duduk untuk membacakan wahyu dan mengajarkannya kepada para sahabatnya di Raudhah. Nabi Muhammad pernah bersabda, “Antara kamarku dan mimbarku terletak satu bagian dari taman surga.”

Sedangkan kamar yang dimaksud itu, sekarang menjadi tempat pemakaman Nabi, sesuai wasiatnya yang mengatakan, “Tidak dikuburkan seorang Nabi, kecuali di tempat di mana dia meninggal.”

Berlandaskan kutipan hadis itulah kemudian banyak umat Islam berusaha untuk dapat berdoa di Raudhah. Jamaah berusaha melaksanakan salat di tempat tersebut. Jamaah yang datang berharap dengan bisa berada di salah satu bagian taman surga itu nantinya akan dicantumkan sebagai ahli surga.

Setelah salat dan memanjatkan doa di Raudhah, kemudian jamaah akan berziarah ke makam Nabi sekaligus dua sahabat yang juga dimakamkan di sebelah Beliau; yaitu Abu Bakar Asshidiq dan Umar bin al-Kattab.

Baca Juga Artikel Menarik dari Hasuna Umrah Jogja

TIPS MENJADI HAJI MABRUR

10 Tips Menjadi Haji Mabrur

10 tips menjadi haji mabrur bisa jadi panduan bagi Anda yang sangat mendambakan untuk menjadi haji yang baik, berhasil, dan sesuai dengan tujuan dari perintah haji. Seorang haji yang mabrur berarti telah berhasil mencapai tujuan

Asal Muasal Air Zam-Zam yang Tak Pernah Kering

Asal muasal air zam-zam- Seusai melakukan ibadah haji di tanah suci, jamaah biasanya akan sibuk mencari oleh-oleh yang akan dibawa pulang ke tanah suci. Entah untuk simpanan pribadi ataupun dibagikan kepada tetangga dan sanak saudara.

HASUNA BIRO UMROH JOGJA DAN HAJI PLUS FURODA (30)

8 Keistimewaan Ibadah Umroh yang Harus Anda Ketahui

Sebagai muslim, kita perlu tahu apa saja keistimewaan ibadah umroh. Meski berbeda dengan ibadah haji, namun ibadah umroh tidak kalah istimewanya di banding rukun Islam yang kelima itu. Banyak hal istimewa yang Allah janjikan pada

buah kurma

Sejarah Kurma dan Beragam Manfaatnya bagi Kesehatan Tubuh

Kurma adalah salah satu buah yang identik dengan negara Timur Tengah. Buah yang sering kita jumpai di bulan Ramadhan ini kerap kali dijadikan oleh-oleh ketika menunaikan ibadah haji ke tanah suci. Selain itu, buah kurma

9 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Umroh

9 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Umroh

Terdapat beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat umroh. Larangan tersebut dimulai ketika para jamaah umroh memakai kain ihram di miqat. Ihram sendiri artinya adalah “pengharaman”. Larangan tersebut berakhir ketika mereka bertahalul “penghalalan”. Beberapa larangan

HASUNA BIRO UMROH JOGJA DAN HAJI PLUS FURODA (50)

6 Persiapan Fisik Sebelum Umroh yang Perlu Anda Lakukan

Calon jamaah umroh perlu menjalani serangkaian persiapan fisik sebelum umroh. Umroh merupakan ibadah yang membutuhkan kondisi fisik yang begitu prima. Bahkan mulai dari menentukan jadwal penerbangan, mempersiapkan perlengkapan umroh, hingga nantinya menjalankan serangkaian ibadah umroh,

KANTOR PUSAT

Jl. Ipda Tut Harsono No.3, Muja Muju, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55165.

KANTOR HASUNA

© 2019 Hasuna Tour All right reserved 

%d blogger menyukai ini: