Mengenal 10 Sahabat Nabi yang Utama

Mengenal Para Sahabat Nabi yang Utama

Artikel ini akan membahas Mengenal para sahabat nabi. Nabi Muhammad SAW adalah suri tauladan bagi umat muslim. Segala perbuatan dan juga perkataan beliau ditiru dan diamalkan oleh seluruh umat muslim. Namun, Nabi Muhammad SAW juga mengisyaratkan kepada umat muslim untuk turut meniru teladan dari sahabat-sahabat beliau.

Nabi Muhammad SAW memiliki sepuluh sahabat yang diberi nama khulafa ar rasyidin. Sepuluh sahabat Nabi Muhammad SAW tersebut adalah sahabat-sahabat nabi yang telah dijamin oleh Allah akan masuk ke dalam surga. Berikut adalah sepuluh sahabat Nabi Muhammad SAW yang dimuliakan dan dijamin masuk surga.

Abu Bakar Ash-Shidiq

Abu Bakar Ash-Shidiq adalah mertua dari Nabi Muhammad SAW dan juga orang pertama yang masuk Islam. Abu Bakar adalah salah satu sahabat yang setia menemani nabi hijrah menuju Madinah dari Mekkah. Beliau tidak pernah meragukan sedikitpun ucapan yang disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW. Oleh karena itulah beliau diberikan gelar Ash-Shidiq, yang berarti ‘yang benar’. Babu Bakar Ash Sidiq dikenal dengan sifat keadilan dan juga kedermawanannya.

Umar Bin Khattab

Mengenal sahabat nabi kedua yang dijamin masuk surga yaitu, Umar bin Khattab. Umar bn Khattab dikenal melalui kegagahan, keberanian, serta wibawanya. Umar memeluk Islam setelah mendengar saudaranya, yang juga seorang sahabat Nabi Muhammad SAW, melantunkan ayat suci Al quran. Setelah memeluk Islam, Umar membantu Nabi Muhammad untuk menyebarkan ajaran Islam, baik secara sembunyi-sembunyi maupun terang-terangan.

Ustman bin Affan

Ustman bn Affan adalah salah satu sahabat Nabi Muhammad yang dikenal akan kekayaan serta kedermawanannya. Beliau adalah seorang pedagang kaya yang banyak memberikan sumbangan atau sedekah untuk kepentingan syiar agama Islam.

Ali bin Abi Thalib

Ali bin Ab Thalib adalah sahabat serta menantu dari Nabi Muhammad SAW. Ali adalah sahabat nabi yang dikenal akan kesetiaan, pengorbanan, dan juga keilmuannya. Ali setia menemani Nabi Muhammad SAW dalam perjalanan hijrah menuju Madinah. Ali adalah orang pertama yang memeluk Islam saat usia masih sangat kecil.

Thalhah bin Ubaidillah

Thalhah bin Ubaidillah adalah sahabat Nabi yang setia melindungi Nabi Muhammad SAW. Thalhah gugur ketika melindungi Nabi Muhammad dalam perang Uhud. Demi melindungi Nabi Muhammad SAW, Thalhah rela mendapatkan banyak luka, mulai dar sabetan pedang, tusukan anak panah, tombak, hingga pergelangan tangannya terpotong.

Zubair bin Awwam

Zubair adalah sepupu dari Nabi Muhammad SAW. Zubair dijuluki oleh Nab Muhammad dengan Hawari yang berarti pembela yang setia. Zubair adalah orang pertama yang menghunuskan pedangnya di jalan Allah.

Abdurrahman bin Auf

Nama Absurrahman bin Auf sebelum masuk Islam adalah Abdul Kabah. Beliau adalah sahabat nabi yang dikdnal dengan kekayaan serta keahliannya dalam bisnis. Selain itu, ia juga dikenal dermawan dan juga pemurah. Ia pernah mengirimkan 500 unta agar dibagikan kepada fakir, miskin, dan juga sabilillah.

Abu Ubaidah bin Jarrah

Abu Ubaidah adalah sahabat Nabi Muhammad SAW yang juga muhajirin yang berasal dari kaum Quraisy. Abu Ubaidillah adalah panglima perang dalam peperangan muslim melawan kekaisaran Romawi.

Sa’ad bin Abi Waqqas

Sa’ad bn Abi Waqqas adalah sahabat nabi yang menjadi pemimpin salah satu perang besar yang bersejarah untuk umat Islam, yaitu perang melawan Persia. Ia tidak pernah absen dalam pertempuran melawan kaum Quraisy.

Said bin Zaid

Sa’ad adalah sahabat Nabi Muhammad SAW yang juga merupakan sepupu dari Umar bin Khattab. Ia dikenal dengan kegagahan sekaligus keberaniannya. Sa’ad tidak pernah absen mengikuti perang, kecuali saat perang badar yang dikarenakan ia memperoleh tugas yang lain dari Nabi Muhammad SAW.

Di atas kita telah mengenal sahabat Nabi Muhammad SAW yang tergabung dalam khulafa ar rasyidin dan telah dijamin masuk surga. Sebagai umat muslim ada baiknya kita meneladani seluruh tauladan yang telah diberikan Nabi Muhammad SAW beserta dengan sahabatnya, salah satunya dengan menjalankan lima rukun islam.

Apabila Anda berkeinginan untuk menjalankan rukun islam kelima, yaitu haji. Anda dapat menghubungi biro travel haji plus Jogja, Hasuna. Penyedia jasa tour haji dan umroh Jogja tertua ini tentu saja akan memberikan pengalaman dan juga perjalanan ibadah haji yang menambah nikmat suasana hati.

Baca Juga Artikel Menarik dari Hasuna Umrah Jogja

Inilah 3 Macam-Macam Haji dan Hukumnya

Inilah 3 Macam-Macam Haji dan Hukumnya

Macam-macam haji- Melaksanakan ibadah haji adalah rukun islam yang kelima. Ibadah haji merupakan salah satu perjalanan spiritual yang dilakukan umat muslim yang mampu, baik fisik maupun materi atau finansial. Berdasarkan pelaksanaannya, terdapat tiga jenis atau

Perbedaan Haji Plus dan Haji Reguler

Apa sih perbedaan antara Haji plus dan haji regular? Sudahkah anda tahu perbedaan antara haji plus dan haji regular? Jika anda belum tahu maka kalian harus mengetahui terlebih dahulu tentang haji plus dan haji regular.

Hasuna Tour Umroh Jogja

Inilah 6 Keistimewaan dan Keutamaan Ibadah Umrah

Keutamaan ibadah umrah- Umrah berasal dri kata i’timar yang berarti ziarah. Umrah disebut juga dengan haji kecil. Umrah atau haji kecil adalah ziarah ke baitullah guna melakukan serangkaian ibadah dengan rukun, syarat, wajib yang telah

buah kurma

Sejarah Kurma dan Beragam Manfaatnya bagi Kesehatan Tubuh

Kurma adalah salah satu buah yang identik dengan negara Timur Tengah. Buah yang sering kita jumpai di bulan Ramadhan ini kerap kali dijadikan oleh-oleh ketika menunaikan ibadah haji ke tanah suci. Selain itu, buah kurma

Aturan Penyelenggaraan Haji yang Dikeluarkan oleh Pemerintah Indonesia

Aturan Penyelenggaraan Haji yang Dikeluarkan oleh Pemerintah Indonesia

Kali ini Hasuna Tour Biro Haji dan Umroh Jogja akan membahas Aturan Penyelenggaraan Haji yang Dikeluarkan oleh Pemerintah Indonesia. Terdapat beberapa aturan penyelenggaraan haji yang telah dikeluarkan oleh Pemerintah Republik Indonesia. Karena ibadah haji dilaksanakan

Bolehkah Umroh Tapi Belum Haji

Bolehkah Umroh Tapi Belum Haji? Simak Pembahasannya Berikut ini!

Bolehkah umroh tapi belum haji? Ya, pertanyaan tersebut sering kali menjadi pertanyaan banyak orang, terutama bagi mereka yang ingin pergi ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah umroh namun belum berhaji. Saat ini, antrean keberangkatan haji

KANTOR PUSAT

Jl. Ipda Tut Harsono No.3, Muja Muju, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55165.

KANTOR HASUNA

© 2019 Hasuna Tour All right reserved