Mengenal Bagian-Bagian Ka’bah dan Masjidil Haram Kiblat Kaum Muslimin

Mengenal Bagian-Bagian Ka’bah dan Masjidil Haram Kiblat Kaum Muslimin afdol bagi muslim yang berziarah ke tanah suci. Berkunjung ke tanah suci adalah sebuah perjalanan spiritual yang banyak diimpikan leh umat muslim. Selain menjalankan rukun islam yang kelima, berkunjung ke tanah suci juga dijadikan kesempatan oleh para jamaah untuk melihat secara langsung sejarah setiap tempat yang ada di tanah suci, yaitu Masjidil Haram.

Kali ini Hasuna Tour Biro Umroh Jogja akan mengulas tentang bagian-bagian ka’bah dan masjidil haram yang perlu diketahui oleh kaum muslimin. supaya bisa menjalankan ibadah umroh dan haji lebih khusyu’.

Masjidil Haram adalah tujuan utama dalam ibadah haji. Masjid ini berada di pusat kota Mekah dan menjadi tempat tersuci bagi umat muslim. Setiap bagian dari masjidil haram memiliki sejarah dan juga keutamaan masing-masing. Berikut adalah bagian-bagian dari Masjidil Haram yang perlu Anda ketahui.

Hajar Aswad

hajar aswad
hajar aswad

Pertama adalah Hajar Aswad. Hajar Aswad bertempat di sebelah timur Kabah. Kabah diyakini sebagai batu yang berasal dari surga. Konon katanya, dulu Hajar Aswad berwarna putih. Akan tetapi, karena dosa-dosa manusia, batu ini berubah berwarna hitam. Ketika berkunjung ke Masjidil Haram, jamaah dianjurkan untuk menciumnya. Namun, jika tidak memungkinkan, cukuplah dengan menyentuhnya atau memberikan isyarat dengan tangan atau jari.

Maqam Ibrahim

Maqam Ibrahim
Maqam Ibrahim

Selanjutnya, mari mengenal Bagian-Bagian Ka’bah dan Masjidil Haram, Bagian kedua, yaitu Maqam Ibrahim. Tempat ini berada di dalam Masjidil Haram, tepatnya di sisi timur Kabah. Meskipun bernama Maqam Ibrahim, tempat ini sebenarnya bukanlah makam dari Nabi Ibrahim, melainkan sebuah pijakan Nabi Ibraham ketika membangun Kabah. Ketika berkunjung ke tanah suci, jamaah dianjurkan untuk salat di sisi belakang Maqam Ibrahim.

Hijir Ismail

hijir ismail
hijir ismail

Tempat ini dalam sejarahnya adalah tempat tinggal dari Nabi Ismail. Ketika berada di tempat yang berada di sisi utara Kabah ini, tepatnya, antara Rukun Syami dan juga Rukun Iraqi, jamaah dianjurkan untuk salat dengan mengenakan ihram, lalu menghadap ke arah Mizab Ar-Rahman. Salat di Hijir Ismail diyakini sama dengan salat di dalam Kabah.

Hijir Ismail adalah sebuah tempat sebelah utara bangunan Ka’bah, berbentuk setengah lingkaran, dibangun oleh Nabi Ismail alaihissalam, termasuk bangunan suci umat Islam. Ka’bah sendiri secara keseluruhan dibangun oleh Nabi Ibrahim, kemudian datanglah nabi Ismail membantu bapaknya, dengan membawa batu.

Mizab Ar-Rahman

Mizab Ar-Rahman
Mizab Ar-Rahman

Mizab Ar-Rahman adalah sebuah talang yang berada di atas Kabah. Ketika di sini, jamaah dianjurkan untuk berdoa dengan menghadap Mizab.

Shadharwan

Shadharwan
Shadharwan

Shadarwan adalah bagian yang terdapat di sekeliling dinding Kabah, tepatnya bagian bibir bawah pondasi Kabah.

Multazam

Multazam
Multazam

Multazam adalah bagian dari Masjidil Haram yang diyakini merupakan tempat yang mustajab dalam berdoa. Tempat ini berada di antara Hajar Aswad dan juga pintu Kabah. Multazam ini adalah bagian dinding dari Kabah. Dalam sebuah riwayat dikatakan apabila orang-orang bertaubat dan memohon ampun di sini, maka Allah akan memberikan ampunannya.

Multazam merupakan dinding Ka’bah yang terdapat di antara Hajar Aswad dan pintu Ka’bah. Tempat ini diyakini oleh umat Islam sebagai tempat yang mustajab untuk memanjatkan doa kepada Allah. Begitu keistimewaannya sehingga tidak heran tempat ini diburu oleh jemaah haji dan umrah setelah mengerjakan tawaf.

Rukun Yamani

Rukun Yamani

Rukun Yamani berada di sisi sebelah barat daya Kabah, tepatnya sebelum Hajar Aswad dari arah dilakukannya tawaf. Tempat ini berada di arah Yaman, oleh karena itu dinamakan dengan Rukun Yamani. Ketika berada di Rukun Yamani, jamaah dianjurkan untuk mengusapnya. Namun jamaah tidak disyariatkan untuk mencium, mengarahkan isyarat tangan, ataupun mengusapkan tangan ke wajah usai mengusapnya.

Rukun Al Iraqi

Rukun Al Iraqi

Seperti halnya Rukun Yamani yang berada di arah Yaman, asal-usul nama Rukun Al-Iraqi adalah karena tempatnya yang berhadapan dengan bagian Tenggara Iraq.

Sumur Zam-zam

Air zamzam adalah suatu keajaiban dunia yang sudah mengalir ribuan tahun tak pernah berhenti dan telah digunakan jutaan manusia setiap bulannya.

Di masa pemerintahan Islam setiap khalifah selalu memperhatikan perawatan dan perbaikan Kakbah. Sumur zamzam pun tak luput dari perhatian mereka.

Hal ini bisa dimaklumi karena air zamzam diyakini oleh setiap peziarah Makkah dan para pendukungnya mengandung banyak manfaat dan berkah.

HASUNA BIRO UMROH JOGJA DAN HAJI PLUS FURODA (32)

Demikianlah Bagian-Bagian Ka’bah dan Masjidil Haram yang perlu kita ketahui. Dengan mengenal bagian-bagian Masjidil Haram dan keutamaannya tentunya akan membuat ibadah di tanah suci tentunya menjadi lebih mudah dan juga khusyu’. Apabila Anda telah berencana berkunjung ke tanah suci dan merasakan langsung setiap keutamaannya, Anda dapat menghubungi biro travel haji plus Jogja, Hasuna. Biro umroh Jogja satu ini, telah memiliki pengalaman selama 22 tahun dan telah berhasil memberangkatkan 21.000 jamaah. Anda akan dibimbing langsung oleh pembimbing dari tanah air yang akan membuat ibadah Anda lebih aman dan nyaman.

Baca Juga Artikel Menarik dari Hasuna Umrah Jogja

Biaya Haji yang Wajar Untuk Haji Reguler dan Haji Khusus

 Sebelum berangkat ke Tanah Suci untuk menjalankan ibadah haji, salah satu hal yang harus Anda ketahui adalah biaya haji yang wajar, baik untuk haji reguler maupun haji khusus. Jika memang Anda merasa mampu untuk melaksanakannya,

Berikut Ini Cara Cek Porsi Haji Melalui HP Android Tanpa Ribet

Berikut Ini Cara Cek Porsi Haji Melalui HP Android Tanpa Ribet

Cara cek porsi haji melalui HP Android sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Anda hanya butuh aplikasi yang dapat digunakan untuk melihat porsi haji tersebut. Porsi haji disimbolkan dengan sepuluh digit yang didapatkan oleh calon jamaah

9 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Umroh

9 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Umroh

Terdapat beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat umroh. Larangan tersebut dimulai ketika para jamaah umroh memakai kain ihram di miqat. Ihram sendiri artinya adalah “pengharaman”. Larangan tersebut berakhir ketika mereka bertahalul “penghalalan”. Beberapa larangan

Seperti Apa Tata Cara Pelaksanaan Ibadah Haji Tamattu’?

Apa itu haji tamattu’? Haji tamattu’ adalah mengerjakan umrah lebih dahulu baru setelah itu mengerjakan haji. Cara ini mewajibkan jamaah membayar dam. Pelaksanaan haji tamattu’ ini dianjurkan kepada seluruh jamaah haji dan petugas haji Indonesia.

KANTOR PUSAT

Jl. Ipda Tut Harsono No.3, Muja Muju, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55165.

KANTOR HASUNA

© 2019 Hasuna Tour All right reserved