Kisah Abrahah Menyerang Kabah dengan Pasukan Bergajah

Kisah Abrahah menyerang Kabah- Dalam sejarah Islam, terdapat salah satu peristiwa besar yang terjadi bertepatan dengan kelahiran Nabi Muhammad SAW, yaitu peristiwa penyerangan Kabah yang dilakukan oleh Abrahah. Dalam peristiwa ini, dikisahkan Abrahah menyerang Kabah di Kota Mekah dengan menggunakan pasukan bergajah. Oleh karena itu, tahun tersebut disebut dengan tahun gajah atau ‘aam fiil. Kisah ini diperkirakan terjadi pada tahun 570 atau 571 Masehi.

Kisah Abrahah Menyerang Kabah

Abrahah sendiri pada mulanya adalah perwira dari komando Aryath di Habasyah yang sekarang dikenal dengan Ethiopia. Setelah mengalahkan Dzu Nuwas, Raja Dinasti Himyar, Aryath dinobatkan menjadi penguasa Yaman. Oleh karena sikapnya yang otoriter dan dianggap tidak adil, terjadilah pemberontakan yang dipimpin oleh Abrahah. Setelah kematian Aryath, Abrahah kemudian diangkat menjadi penguasa di Yaman. Berikut adalah kisah Abrahah meyerang Kabah beserta dengan alasannya.

Alasan Abrahah Menyerang Kabah

Keinginan Abrahah untuk menyerang dan juga menghancurkan Kabah terjadi setelah beberapa tahun ia menjadi penguasa Yaman. Terdapat dua faktor yang melatarbelakangi keinginan Abharah untuk mengahancurkan Mekah, yakni faktor agama dan juga faktor ekonomi.

Dari segi agama, Abrahah dikisahkan tidak suka atau tidak terima dengan dijadikannya Kabah sebagai kiblat dari agama Islam. Lebih dari itu, Kabah seringkali dikunjungi untuk ritual ibadah haji. Sebagai pembela ajaran Kristen, Abrahah ingin mengubah kiblat keagamaan tersebut dari kota Mekah ke Yaman dan menjadikan masyarakat Arab menjadi kristen.

Abrahah Menyerang Kabah

Kemudian dari segi ekonomi, sebagai pusat keagamaan, tentu saja Kota Mekah menjadi destinasi utama yang kerap dikunjungi oleh umat Islam. Hal tersebut memberi kesempatan bagi pedagang-pedagang untuk menjajakan jualannya. Akan tetapi, Abrahah memiliki keinginan untuk mengubah pusat perdagangan tersebut ke Yaman.

Dengan kedua alasan tersebut kemudian Abrahah membangun sebuah gereja di Yaman. Mengetahui hal tersebut, kebencian Bangsa Arab dan juga Qahthan kepada Abrahah semakin bertambah. Mereka kemudian menghancurkan gereja tersebut. Penghancuran gereja tersebut kemudian disinyalir menjadi alasan Abrahah kemudian ingin menghancurkan Kabah.

Penyerangan Kabah dengan Pasukan Gajah

Abrahah mendengar bahwa gereja yang ia bangun dihancurkan oleh Bangsa Arab dan juga Qahthan. Ia pun berencana membalas dendan dengan mengahancurkan Kabah. Abrahah kemudian berangkat dengan seekor gajah besar untuk menghancurkan Kabah. Mengetahui hal tersebut, Raja Habasyah, Najasyi juga mengirimkan pasukan dengan membawa delapan gajah. Namun adapula yang mengakan dua belas gajah. Mereka berencana untuk menghancurkan pilar-pilar Kabah dengan menggunakan rantai yang dipasang pada leher gajah.

Kisah Abrahah Menyerang Kabah dengan pasukan gajah

Akan tetapi Allah SWT kemudian mengirimkan burung ababil untuk menjaga dan melindungi Kabah dari serangan Abrahah dan juga pasukannya, seperti halnya yang dikisahkan dalam surah Al-Fiil. Burng ababil dalam jumlah yang banyak tersebut kemudain melempari pasukan Abrahah dengan batu. Berkat pertolongan Allah tersebut, usaha Abharah dan juga pasukannya dalam menghancukan Kabah pun gagal.

Demikianlah kisah Abrahah menyerang Kabah yang sangat populer tersebut. Berkat pertolongan Allah, hingga kini Kabah masih berdiri dengan tegak dan dapat digunakan oleh umat muslim seluruh dunia untuk melakukan ibadah Haji. Banyak biro travel ibadah haji yang menyediakan jasa perjalanan haji kepada jamaah umat muslim, salah satunya adalah Hasuna. Hasuna Tour Umroh & Haji adalah salah satu biro travel haji plus Jogja yang berpengalaman dalam menyediakan paket perjalanan haji dan umroh. Selama 22 tahun, biro umroh Jogja ini telah berhasil mengantarkan 21.000 jamaah berangkat ke tanah suci. Jika Anda menginginkan perjalanan ke tanah suci yang aman dan nyaman dibimbing langsung oleh pembimbing dari tanah suci, maka Anda dapat menghubungi jasa travel haji Hasuna.

Baca Juga Artikel Menarik dari Hasuna Umrah Jogja

Perbedaan Haji Plus dan Haji Reguler

Apa sih perbedaan antara Haji plus dan haji regular? Sudahkah anda tahu perbedaan antara haji plus dan haji regular? Jika anda belum tahu maka kalian harus mengetahui terlebih dahulu tentang haji plus dan haji regular.

9 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Umroh

9 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Umroh

Terdapat beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat umroh. Larangan tersebut dimulai ketika para jamaah umroh memakai kain ihram di miqat. Ihram sendiri artinya adalah “pengharaman”. Larangan tersebut berakhir ketika mereka bertahalul “penghalalan”. Beberapa larangan

Mau Tambah Pengalaman di Dunia Kerja? Join Yuk Dengan Hasuna!

Hasuna.co.id – Pengalaman dalam dunia kerja penting banget loh, terutama bagi yang masih kuliah dan berada di semester-semester akhir. Setelah selesai magang atau saat proses ngerjain skripsi, nah ini waktu yang sangat tepat untuk cari

4 Ciri-Ciri Haji Mabrur Menurut Rasulullah SAW

4 Ciri-Ciri Haji Mabrur Menurut Rasulullah SAW

Seperti apakah ciri-ciri haji mabrur menurut islam?- Mabrur dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah diterima Allah atau baik. Jadi, secara bahasa, haji mabrur adalah haji yang baik atau ibadahnya telah dilaksanakan dengan baik dan diterima

KANTOR PUSAT

Jl. Ipda Tut Harsono No.3, Muja Muju, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55165.

KANTOR HASUNA

© 2019 Hasuna Tour All right reserved