Inilah 6 Keistimewaan dan Keutamaan Ibadah Umrah

Hasuna Tour Umroh Jogja

Keutamaan ibadah umrah- Umrah berasal dri kata i’timar yang berarti ziarah. Umrah disebut juga dengan haji kecil. Umrah atau haji kecil adalah ziarah ke baitullah guna melakukan serangkaian ibadah dengan rukun, syarat, wajib yang telah ditentukan. Berbeda dengan haji, umroh dapat dilaksanakan sewaktu-waktu tanpa menunggu bulan Dzulhijjah. Itulah mengapa banyak jamaah yang belum bisa menunaikan ibadah haji menjadikan umrah sebagai alternatif.

Persiapan Sebelum Berangkat Haji

Meskipun memiliki perbedaan dengan ibadah haji, umrah juga memiliki keutamaan-keutamaan tersendiri. Berikut adalah keutamaan ibadah umrah yang perlu Anda ketahui.

1.             Penghapus Dosa

Dalam sebuah hadits riwayat Bukhari dan Muslim disebutkan bahwa ibadah umrah sampai dengan umrah selanjutnya sebagai kafarat dosa di antara keduanya serta haji mabrur tidak ada balasannya selain surga. Berdasarkan hadits riwayat tersebut bahwa Allah akan menghapus dosa-dosa-dosa yang lalu di antara umrah satu dengan umrah berikutnya.

2.             Perantara Berjihad

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Jihadnya orang-orang yang sudah tua, anak-anak, orang-orang lemah, dan juga wanita adalah haji dan umrah.” (HR An-Nasaiy). Demikian dijelaskan dalam hadits riwayat tersebut bahwa salah satu cara yang dapat dilakukan wanita, orang tua, dan juga anak-anak untuk berjihad di jalan Allah SWT adalah dengan menunaikan ibadah umrah.

3.             Doanya Akan Dikabulkan

Sebagaimana yang disebutkan oleh Nabi Muhammad SAW, jamaah yang berkunjung ke tanah suci untuk melaksanakan ibadah haji maupun umrah dianggap sebagai tamu Allah. Keistimewaan yang akan diperoleh tamu undangan adalah dikabulkannya doa yang dipanjatkan oleh jamaah. Seperti halnya yang tertulis dalam HR An Nasaiy dan Ibnu Majah, “Jamaah haji dan juga umrah adalah delegasi dari Allah. Apabila mereka berdoa, maka Allah akan mengabulkannya. Dan apabila mereka minta ampun, Allah akan memberikan ampun-Nya.”

4.             Wafat Ketika Menjalankan Ibadah Umrah Dicatat Pahalanya Hingga Hari Kiamat

Selanjutnya, keutamaan ini diberikan oleh Allah kepada jamaah yang meninggal dalam ibadah umrah. Apabila jamaah wafat ketika melaksanakan perjalanan umrah dalam keadaan ihram, maka pahalanya akan dicatat sampai hari akhir.

5.             Dijanjikan Surga

Keutamaan ibadah umrah selanjutnya adalah bahwa Allah telah menjanjikan surga bagi siapapun yang melangsungkan ibadah haji maupun umrah dengan ikhlas. Hal tersebut diriwayatkan dalam hadits riwayat Bukhari sebagai berikut.

“Bahwa orang-orang yang melaksanakan umrah akan diberi keistimewaan dengan ganjaran surga.”.

6.             Menghilangkan Kefakiran

Umrah tidak pernah menjadikan jamaah menjadi miskin, melainkan sebaliknya. Umrah akan menjauhkan jamaah dari kemiskinan atau kefakiran. Sebagaimana yang dijelaskan dalam hadits riwayat tarmidzi.

“Sering-seringlah melakukan haji dan umrah. Sesungguhnya kedua ibadah tersebut dapat menghilangkan kefakiran atau kemiskinan dan juga dosa-dosa. Sebagaimana seorang pandai besi menghilangkan karat besi, emas, dan juga perak.”

keutamaan ibadah umrah

Demikianlah enam keutamaan ibadah umrah yang perlu Anda ketahui. Selain lima hal tersebut, masih banyak lagi keutamaan dalam menjalankan ibadah umrah, terlebih menjalankan ibadah umrah ketika bulan ramadan.

Apabila Anda ingin menjalankan ibadah umrah, Anda dapat menggunakan jasa biro travel haji plus Jogja, Hasuna Tour Umroh & Haji. Tidak terbatas untuk wilayah Jogja, Hasuna memberikan layanan kepada jamaah yang berasal dari Jawa Tengah maupun seluruh bagian Indonesia. Biro umroh Jogja Hasuna, telah berpengalaman selama 22 tahun dalam memberangkatkan jamaah ke tanah suci. Selain itu, jasa travel ini juga telah berhasil memberangkatkan 21.000 jamaah. Dengan rekam jejak tersebut, tentunya Hasuna akan memberikan perjalanan yang aman sekaligus menyenangkan untuk Anda.

Baca Juga Artikel Menarik dari Hasuna Umrah Jogja

Mengapa air zam-zam tidak pernah mengering

Inilah Alasan Mengapa Air Zam-Zam Tidak Pernah Mengering

Mengapa air zam-zam tidak pernah mengering? Secara bahasa, zam-zam berarti melimpah ruah. Zam-zam yang saat ini berada di Masjidil Haram, tepatnya di sebelah tenggara Kabah, adalah sumur mata air yang dipercaya oleh umat muslim memiliki

manasik haji online

Perlukah Manasik Haji Online?

Hasuna.co.id – Haji adalah kegiatan ziarah Islam tahunan ke Makkah, kota suci umat Islam, dan kewajiban bagi umat Islam yang harus dilakukan setidaknya sekali seumur hidup oleh semua Muslim dewasa yang secara fisik dan finansial mampu (istita’ah). Setiap tahun,

oleh-oleh haji dan umroh

8 Oleh-Oleh Khas Haji dan Umroh Selain Kurma dan Air Zam-Zam

Setelah Anda selesai melaksanakan ibadah haji atau umroh, tentu saja Anda ingin membawa pulang beberapa oleh-oleh khas haji dan umroh untuk keluarga ataupun kerabat yang  ada di Tanah Air. Tak melulu membawa oleh-oleh buah kurma

Kisah Abrahah Menyerang Kabah dengan Pasukan Bergajah

Kisah Abrahah menyerang Kabah- Dalam sejarah Islam, terdapat salah satu peristiwa besar yang terjadi bertepatan dengan kelahiran Nabi Muhammad SAW, yaitu peristiwa penyerangan Kabah yang dilakukan oleh Abrahah. Dalam peristiwa ini, dikisahkan Abrahah menyerang Kabah

larangan saat ibadah umroh dan haji

Larangan-Larangan Saat Ibadah Umroh & Haji, Wajib Tahu!

Larangan Saat Umroh & Haji – Untuk jemaah Hasuna yang sedang berencana menunaikan ibadah Umroh atau Haji, tentu menginginkan ibadahnya berjalan khusyuk dan mabrur. Untuk membuat ibadah Umroh atau Haji anda berjalan dengan khusyuk dan

haji dan umrah

Menggapai Doa Mustajab dalam Rangka Ibadah Haji dan Umrah

Hasuna.co.id – Ketika bertanya kepada jemaah haji dan umrah tentang harapan dari pelaksanaan haji dan umrah mereka, sebagian besar jawabannya ialah menghapus segala dosa, menjadi insan yang lebih baik, dan dikabulkan segala doa serta permohonannya

KANTOR PUSAT

Jl. Ipda Tut Harsono No.3, Muja Muju, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55165.

KANTOR HASUNA

© 2019 Hasuna Tour All right reserved