Inilah 6 Keistimewaan dan Keutamaan Ibadah Umrah

Hasuna Tour Umroh Jogja

Keutamaan ibadah umrah- Umrah berasal dri kata i’timar yang berarti ziarah. Umrah disebut juga dengan haji kecil. Umrah atau haji kecil adalah ziarah ke baitullah guna melakukan serangkaian ibadah dengan rukun, syarat, wajib yang telah ditentukan. Berbeda dengan haji, umroh dapat dilaksanakan sewaktu-waktu tanpa menunggu bulan Dzulhijjah. Itulah mengapa banyak jamaah yang belum bisa menunaikan ibadah haji menjadikan umrah sebagai alternatif.

Persiapan Sebelum Berangkat Haji

Meskipun memiliki perbedaan dengan ibadah haji, umrah juga memiliki keutamaan-keutamaan tersendiri. Berikut adalah keutamaan ibadah umrah yang perlu Anda ketahui.

1.             Penghapus Dosa

Dalam sebuah hadits riwayat Bukhari dan Muslim disebutkan bahwa ibadah umrah sampai dengan umrah selanjutnya sebagai kafarat dosa di antara keduanya serta haji mabrur tidak ada balasannya selain surga. Berdasarkan hadits riwayat tersebut bahwa Allah akan menghapus dosa-dosa-dosa yang lalu di antara umrah satu dengan umrah berikutnya.

2.             Perantara Berjihad

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Jihadnya orang-orang yang sudah tua, anak-anak, orang-orang lemah, dan juga wanita adalah haji dan umrah.” (HR An-Nasaiy). Demikian dijelaskan dalam hadits riwayat tersebut bahwa salah satu cara yang dapat dilakukan wanita, orang tua, dan juga anak-anak untuk berjihad di jalan Allah SWT adalah dengan menunaikan ibadah umrah.

3.             Doanya Akan Dikabulkan

Sebagaimana yang disebutkan oleh Nabi Muhammad SAW, jamaah yang berkunjung ke tanah suci untuk melaksanakan ibadah haji maupun umrah dianggap sebagai tamu Allah. Keistimewaan yang akan diperoleh tamu undangan adalah dikabulkannya doa yang dipanjatkan oleh jamaah. Seperti halnya yang tertulis dalam HR An Nasaiy dan Ibnu Majah, “Jamaah haji dan juga umrah adalah delegasi dari Allah. Apabila mereka berdoa, maka Allah akan mengabulkannya. Dan apabila mereka minta ampun, Allah akan memberikan ampun-Nya.”

4.             Wafat Ketika Menjalankan Ibadah Umrah Dicatat Pahalanya Hingga Hari Kiamat

Selanjutnya, keutamaan ini diberikan oleh Allah kepada jamaah yang meninggal dalam ibadah umrah. Apabila jamaah wafat ketika melaksanakan perjalanan umrah dalam keadaan ihram, maka pahalanya akan dicatat sampai hari akhir.

5.             Dijanjikan Surga

Keutamaan ibadah umrah selanjutnya adalah bahwa Allah telah menjanjikan surga bagi siapapun yang melangsungkan ibadah haji maupun umrah dengan ikhlas. Hal tersebut diriwayatkan dalam hadits riwayat Bukhari sebagai berikut.

“Bahwa orang-orang yang melaksanakan umrah akan diberi keistimewaan dengan ganjaran surga.”.

6.             Menghilangkan Kefakiran

Umrah tidak pernah menjadikan jamaah menjadi miskin, melainkan sebaliknya. Umrah akan menjauhkan jamaah dari kemiskinan atau kefakiran. Sebagaimana yang dijelaskan dalam hadits riwayat tarmidzi.

“Sering-seringlah melakukan haji dan umrah. Sesungguhnya kedua ibadah tersebut dapat menghilangkan kefakiran atau kemiskinan dan juga dosa-dosa. Sebagaimana seorang pandai besi menghilangkan karat besi, emas, dan juga perak.”

keutamaan ibadah umrah

Demikianlah enam keutamaan ibadah umrah yang perlu Anda ketahui. Selain lima hal tersebut, masih banyak lagi keutamaan dalam menjalankan ibadah umrah, terlebih menjalankan ibadah umrah ketika bulan ramadan.

Apabila Anda ingin menjalankan ibadah umrah, Anda dapat menggunakan jasa biro travel haji plus Jogja, Hasuna Tour Umroh & Haji. Tidak terbatas untuk wilayah Jogja, Hasuna memberikan layanan kepada jamaah yang berasal dari Jawa Tengah maupun seluruh bagian Indonesia. Biro umroh Jogja Hasuna, telah berpengalaman selama 22 tahun dalam memberangkatkan jamaah ke tanah suci. Selain itu, jasa travel ini juga telah berhasil memberangkatkan 21.000 jamaah. Dengan rekam jejak tersebut, tentunya Hasuna akan memberikan perjalanan yang aman sekaligus menyenangkan untuk Anda.

Bagikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga Artikel Menarik dari Hasuna Umrah Jogja

Bolehkah Umroh Tapi Belum Haji

Bolehkah Umroh Tapi Belum Haji? Simak Pembahasannya Berikut ini!

Bolehkah umroh tapi belum haji? Ya, pertanyaan tersebut sering kali menjadi pertanyaan banyak orang, terutama bagi mereka yang ingin pergi ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah umroh namun belum berhaji. Saat ini, antrean keberangkatan haji

Asal Muasal Air Zam-Zam yang Tak Pernah Kering

Asal muasal air zam-zam- Seusai melakukan ibadah haji di tanah suci, jamaah biasanya akan sibuk mencari oleh-oleh yang akan dibawa pulang ke tanah suci. Entah untuk simpanan pribadi ataupun dibagikan kepada tetangga dan sanak saudara.

5 Alasan Mengapa Muslim Dianjurkan Umroh

5 Alasan Mengapa Muslim Dianjurkan Umroh

Alasan mengapa muslim wajib umroh- Banyak orang yang berasumsi bahwa pergi ke Tanah Suci adalah hal yang diwajibkan untuk orang yang sudah berusia lanjut dan punya pemahaman agama yang cukup. Namun sebenarnya perintah untuk menunaikan

Hukum Naik Haji Tapi Berhutang

Hukum Naik Haji Tapi Berhutang

Ibadah haji diwajibkan bagi setiap muslim yang memiliki kemampuan, baik secara fisik maupun finansial. Tapi fenomena yang terjadi sekarang ini adalah pergi haji dengan jalan berhutang. Berhutang apabila dilihat dari satu sisi menunjukkan bahwa orang

HASUNA BIRO UMROH JOGJA DAN HAJI PLUS FURODA (50)

6 Persiapan Fisik Sebelum Umroh yang Perlu Anda Lakukan

Calon jamaah umroh perlu menjalani serangkaian persiapan fisik sebelum umroh. Umroh merupakan ibadah yang membutuhkan kondisi fisik yang begitu prima. Bahkan mulai dari menentukan jadwal penerbangan, mempersiapkan perlengkapan umroh, hingga nantinya menjalankan serangkaian ibadah umroh,