Ini Dia 5 Hikmah Ibadah Haji dan Umroh Penting Kita Ketahui

hikmah ibadah haji

Hasuna.co.id – Hikmah ibadah Haji | HIKMAH adalah pengaruh atau akibat yang timbul pada diri manusia setelah melakukan atau meninggalkan suatu hal. Hikmah itu bisa ada pada hampir setiap hal, termasuk ibadah. Hikmah juga bisa diartikan sebagai manfaat.

hikmah ibadah haji

Terkait musim haji yang setiap tahun akan kita temui, ada baiknya sekarang kita bahas hikmah dari ibadah haji yang dijalanai di tanah suci Mekkah dan Madinah, berikut ini pembahasannya.

Pertama, hikmah dari ibadah haji maupun umroh dapat diartikan sebagai pengaruh atau akibat apa yang dirasakan oleh seorang manusia setelah melaksanakan ibadah haji maupun umroh. Apakah setelah kembali dari tanah suci ada perubahan atau tidak? Tentu saja perubahan yang diharapkan adalah perubahan dalam hal kebaikan.

Kedua, hikmah juga bisa berwujud manfaat yang didapat dari ibadah haji tersebut. Apa saja manfaatnya?

Pada dasarnya manfaat itu bisa bermacam-macam dan sangat luas cakupannya.

Rasullulah menjelaskan hikmah Ibadah Haji dan Umroh tersebut dalam beberapa hadistnya.

1. Pahala untuk seseorang yang tuntas menjalankan ibadah haji dan umroh,

Dengan melaksanakan amalan-amalan seperti yang disyariatkan dan diperintahkan Allah dan diajarkan ajaran Rosulullah SAW, sekembalinya ia dari ibadah haji, ia terbebas dari segala dosa sebagaimana pada waktu ia bayi yang baru lahir. Rosulullah SAW bersada:

“Barang siapa berhaji ke Ka’bah lalu tidak berkata-kata seronok dan tidak berbuat kefasikan maka dia pulang ke negerinya sebagaimana ketika dilahirkan oleh ibunya.” (HR. Bukhari no. 1521).

2. Dan haji mabrur tidak ada balasan yang pantas baginya selain surga.” (HR. Bukhari no. 1773 dan Muslim no. 1349)

Hadis ini menjelaskan bahwa bagi seseorang yang mabrur ibadah hajinya akan diganjar dengan surga.

3. Jika kita melaksanakan ibadah haji ataupun umroh,

Itu berarti kita telah menjawab panggilan Allah SWT dan menjadi tamunya Allah, sebagaimana yang telah dijelaskan Nabi Muhammad SAW dalam hadist berikut ini:

“Orang yang berperang di jalan Allah, orang yang berhaji serta berumroh adalah tamu-tamu Allah. Allah memanggil mereka, mereka pun memenuhi panggilan. Oleh karena itu, jika mereka meminta kepada Allah pasti akan Allah beri” (HR. Ibnu Majah no 2893. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan).

4. Salah satu amalan paling baik

“Dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah SAW ditanya, “Amal apakah yang paling utama?” Maka beliau menjawab, “Iman kepada Allah dan Rasul-Nya.” Ditanyakan lagi, “Kemudian apa?” Beliau menjawab, “Jihad di jalan Allah.” Ditanyakan lagi, “Kemudian apa?” Beliau menjawab, “haji yang mabrur.” [(Bukhari, Book 2, Hadis 25) (Muslim, Tirmidzi, Nasai, Ibnu Majah)]

Hadist di atas menjelaskan bahwa Ibadah haji merupakan salah satu amalan yang paling baik.

5. Ibadah haji dapat menghapus dosa-dosa yang telah kita perbuat. Sesuai dengan hadist berikut.

“Bukankah kamu mengetahui – wahai ‘Amru – bahwa (agama) Islam itu menghapus (dosa-dosa) di masa lalu? Dan bukankah hijrah itu (juga) menghapuskan (dosa-dosa) di masa lalu ? Dan bukankah haji itu (juga) menghapuskan (dosa-dosa) di masa lalu?” (HR Imam Muslim no. 321)

Begitu juga dengan ibadah umroh, apabila kita melaksanakan ibadah umroh maka dosa-dosa yang telah kita perbuat akan diampuni oleh Allah SWT. hal ini dijelaskan dalam hadist.

Itu tadi merupakan 5 Hakikat ibadah haji dan umroh yang dapat kita peroleh ketika berkunjung ke tanah suci. Semoga bagi yang berniat untuk menjalankan ibadah haji maupun umroh diberi kemudahan dalam usahanya. Aamiin.

Baca Juga Artikel Menarik dari Hasuna Umrah Jogja

HASUNA BIRO UMROH JOGJA DAN HAJI PLUS FURODA (30)

8 Keistimewaan Ibadah Umroh yang Harus Anda Ketahui

Sebagai muslim, kita perlu tahu apa saja keistimewaan ibadah umroh. Meski berbeda dengan ibadah haji, namun ibadah umroh tidak kalah istimewanya di banding rukun Islam yang kelima itu. Banyak hal istimewa yang Allah janjikan pada

Umrah vs Haji, Perbedaan dan Tata Pelaksanaannya

Rukun Islam kelima bagi umat muslim adalah menjalankan ibadah haji bagi yang mampu. Haji yang secara literal memiliki arti menyengaja atau mengunjungi bermakna menyengaja berkunjung ke Baitullah untuk melaksanakan serangkaian ibadah dengan syarat, wajib, dan

buah kurma

Sejarah Kurma dan Beragam Manfaatnya bagi Kesehatan Tubuh

Kurma adalah salah satu buah yang identik dengan negara Timur Tengah. Buah yang sering kita jumpai di bulan Ramadhan ini kerap kali dijadikan oleh-oleh ketika menunaikan ibadah haji ke tanah suci. Selain itu, buah kurma

6 Syarat Ibadah Haji yang Wajib Untuk Dipenuhi

Terdapat 6 syarat ibadah haji yang harus diketahui sebelum Anda menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci. Ibadah haji sendiri merupakan rukun Islam kelima yang dalam pelaksanaanya terdapat syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi. Nah, apa

Inilah 3 Macam-Macam Haji dan Hukumnya

Inilah 3 Macam-Macam Haji dan Hukumnya

Macam-macam haji- Melaksanakan ibadah haji adalah rukun islam yang kelima. Ibadah haji merupakan salah satu perjalanan spiritual yang dilakukan umat muslim yang mampu, baik fisik maupun materi atau finansial. Berdasarkan pelaksanaannya, terdapat tiga jenis atau

KANTOR PUSAT

Jl. Ipda Tut Harsono No.3, Muja Muju, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55165.

KANTOR HASUNA

© 2019 Hasuna Tour All right reserved 

%d blogger menyukai ini: