Hal-Hal yang Pantang Dilakukan Ketika Umroh Agar Tidak Terkena Dam

Hal yang Pantang Dilakukan Ketika Umroh

Hal-hal yang pantang dilakukan ketika umroh- Melaksanakan ibadah umroh adalah sebuah kesempatan istimewa yang diinginkan oleh umat muslim. Di tanah suci, jamaah dapat memanjatkan doa dan juga meleburkan dosa. Tentu saja, ibadah umroh harus dilakukan dengan menaati berbagai syarat, rukun, maupun wajib yang telah ditentukan. Terdapat serangkaian kegiatan ataupun hal yang harus dilakukan oleh jamaah. Selain hal-hal yang harus dilakukan, adapula hal-hal yang patang ataupun tidak boleh dilakukan oleh jamaah ketika menjalankan ibadah umroh.

Hal yang Pantang Dilakukan Ketika Umroh

Pantangan-pantangan ketika berumroh dimulai ketika jamaah haji melakukan niat ihrom di miqot. Setelah melakukan niat ihram, jamaah tidak diperkenankan untuk melakukan beberapa pantangan. Apabila pantangan-pantangan tersebut dilanggar, maka jamaah akan dikenakan dam. Dam sendiri adalah denda yang harus dibayar. Oleh karena itu, berikut adalah hal-hal yang pantang dilakukan ketika umroh yang perlu Anda ketahui.

1.            Pantangan bagi Laki-Laki

Terdapat beberapa pantangan yang tidak boleh dilakukan khusus untuk jamaah laki-laki. Pantangan tersebut di antaranya adalah memakai atau mengenakan pakaian yang berjahit dan juga membentuk lekuk tubuh, seperti halnya kaos dalam maupun celana dalam. Namun, untuk mengatasi hal tersebut, banyak toko perlengkapan umroh yang menjual celana dalam tanpa jahitan.

Hal kedua yang dilarang atau tidak boleh dilakukan oleh jamaah laki-laki adalah menggunakan alas kaki. Namun, alas kaki yang dilarang adalah yang menutup alas kaki. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menyiapkan alas kaki yang tidak menutup bagian mata kaki. Selain mata kaki, bagian tubuh yang juga tidak boleh tertutup atau ditutup adalah kepala. Untuk mengatasi panas matahari, payung dapat Anda gunakan, asal jangan menggunakan topi, kopiah, atau apapun yang membuat kepala Anda tertutup.

2.            Pantangan bagi Perempuan

Pantangan bagi perempuan ketika ihram adalah menutup telapak tangan dan juga muka. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tidak mengenakan kaus tangan ataupun cadar. Bagi seorang perempuan, menjalankan ibadah umrah diibaratkan seperti halnya sedang berjihad di jalan Allah. Agar syafaat umroh dapat Anda rasakan dan juga ibadah berjalan dengan baik, sebaiknya Anda menghindari pantangan ataupun larangan tersebut.

3.            Pantangan bagi Perempuan dan Laki-laki

Kemudian selanjutnya adalah pantangan umroh bagi perempuan dan juga laki-laki. Hal-hal yang tidak boleh dilakukan oleh perempuan dan juga laki-laki ketika ihram yang pertama adalah menggunakan minyak wangi atau wewangian. Setelah mengenakan pakaian ihram, sebaiknya Anda menahan diri untuk menggunakan minyak wangi. Anda dapat menggunakan minyak wangi sebelum ihram dipakai, atau setelah tahallul.

Hal yang Pantang Dilakukan Ketika Umroh

Hal-hal lainnya yang tidak boleh perempuan dan juga laki-laki lakukan selama ihram adalah mencabut atau mencukur bulu dan rambut, memotong kuku, berburu ataupun membunuh binatang, merusak pepohonan atau tanaman di tanah suci, melakukan hubungan suami istri, menikah, melamar, dan terakhir adalah menjaga setiap perkataan yang keluar dari mulut. Jangan sampai, selama ihram Anda mengucapkan hal-hal kotor ataupun hal-hal yang tidak sepatutnya. Daripada berkata kotor, sebaiknya perbanyaklah doa agar ibadah Anda diterima dan syafaat terasa.

Itulah hal-hal yang pantang dilakukan ketika umroh agar Anda tidak perlu membayar Dam atau denda. Seluruh pantangan tersebut, biasanya telah disampaikan oleh biro travel perjalanan umroh Anda. Agar segala kegiatan di tanah suci dapat terencana dengan baik ada bainya Anda memilih agen travel yang berpengalaman. Salah satu biro umroh Jogja yang dapat Anda percayakan untuk perjalanan Anda adalah Hasuna Tour Umroh & Haji. Dengan pengalaman selama 22 tahun dan telah memberangkatkan 21.000 jamaah, biro travel haji plus Jogja ini tentunya akan dengan sabar membimbing Anda dari sebelum hingga saat keberangkatan Anda ke tanah suci.

Bagikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga Artikel Menarik dari Hasuna Umrah Jogja

Hasuna Tour Umroh Jogja

Inilah 6 Keistimewaan dan Keutamaan Ibadah Umrah

Keutamaan ibadah umrah- Umrah berasal dri kata i’timar yang berarti ziarah. Umrah disebut juga dengan haji kecil. Umrah atau haji kecil adalah ziarah ke baitullah guna melakukan serangkaian ibadah dengan rukun, syarat, wajib yang telah

HASUNA BIRO UMROH JOGJA DAN HAJI PLUS FURODA (9)

Tata Cara Ibadah Umroh Sesuai Tuntunan Rasulullah

Jamaah umroh harus mengetahui tata cara ibadah umroh beserta dengan doa dan bacaannya yang  sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW. Ibadah umroh memiliki tata cara yang sedikit berbeda dengan ibadah haji. Perbedaan tersebut terletak pada waktu

Hasuna Tour Umroh Jogja

6 Cara Umroh Sebelum Usia 30 Tahun Paling Berhasil

Berangkat ke Baitullah untuk melaksanakan iadah haji maupun umroh merupakan impian bagi setiap muslim di seluruh dunia. Bahkan kini generasi milineal yang usianya belum mencapai 30 tahun pun sudah banyak yang memutuskan untuk menunaikan ibadah

oleh-oleh haji dan umroh

8 Oleh-Oleh Khas Haji dan Umroh Selain Kurma dan Air Zam-Zam

Setelah Anda selesai melaksanakan ibadah haji atau umroh, tentu saja Anda ingin membawa pulang beberapa oleh-oleh khas haji dan umroh untuk keluarga ataupun kerabat yang  ada di Tanah Air. Tak melulu membawa oleh-oleh kurma dan

Asal Muasal Air Zam-Zam yang Tak Pernah Kering

Asal muasal air zam-zam- Seusai melakukan ibadah haji di tanah suci, jamaah biasanya akan sibuk mencari oleh-oleh yang akan dibawa pulang ke tanah suci. Entah untuk simpanan pribadi ataupun dibagikan kepada tetangga dan sanak saudara.