Bolehkah Umroh Saat Hamil? Simak Pembahasannya Berikut ini!

Bolehkah umroh saat hamil? Hal ini menjadi salah satu pertanyaan para wanita, terutama bagi mereka yang sedang mengandung.

Sebenarnya umroh dapat dilaksanakan kapan saja, termasuk saat dalam kondisi hamil. Tidak ada larangan bagi wanita hamil untuk menunaikan ibadah umroh.

Meski demikian, menjalankan umroh saat sedang hamil memang harus lebih diperhatikan agar tidak mengganggu kesehatan ibu dan juga janin yang dikandungnya.

Haji dan umroh merupakan jihadnya para wanita. Untuk bisa menjalani jihad tersebut, wanita hamil harus mempersiapkan kondisi kesehatannya dengan sebaik mungkin.

Ibadah Umroh bagi Ibu Hamil

Ibadah haji dan umroh menjadi jihadnya para wanita. Dengan melaksanakan ibadah umroh, wanita akan mendapatkan pahala seperti pahala jihad fii sabilillah.

Karena ibadah umroh merupakan bentuk dari jihad, maka sudah barang tentu sangat dibutuhkan kekuatan fisik dalam masa yang cukup sulit. Sebenarnya wanita hamil pun tidak dilarang untuk menunaikan ibadah umroh.

Yang terpenting adalah Ibu hamil harus benar-benar menyiapkan kondisi kesehatannya. Jangan sampai kondisi ibu dan janin yang ada di rahimnya menjadi terganggu.

Bolehkah Umroh Saat Hamil? Simak Pembahasannya Berikut ini!

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Umroh Saat Hamil

  1. Gunakan Penerbangan Langsung dan Pilih Penginapan Dekat Masjid

Agar Ibu hamil tidak mengalami kelelahan karena harus transit dan berpindah pesawat, sebagiknya Anda memilih penerbangan langsung. Agar tetap fresh, sebaiknya satu jam sekali ibu hamil berjalan-jalan di lorong pesawat dan melakukan stretching.

Untuk penginapannya, sebaiknya pilih yang lokasinya dekat dengan masjid agar ibu hamil tidak terlalu kelelahan karena harus berjalan jauh ke masjid.

  1. Pilih Waktu Keberangkatan pada Trimester Kedua

Sebaiknya bunda memilih keberangkatan pada trimester kedua, dimana kondisi kesehatannya lebih kuat jika dibandingkan trimester awal.

Bunda akan lebih kuat saat menjalani penerbangan jarak jauh dan resiko mengalami mual ataupun keguguran pun sudah tidak setinggi pada trimester pertama.

Sementara itu, jika Anda berangkat umroh pada trimester ketiga dikhawatirkan beresiko melahirkan di pesawat.

  1. Periksa Kesehatan Pada Dokter Ahli Kandungan

Jika Anda masih bertanya-tanya bolehkah umroh saat hamil, sebaiknya segera saja periksa kesehatan pada dokter ahli kandungan untuk memastikan apakah kondisi Anda memungkinkan untuk menjalani umroh atau tidak.

Periksa pula kondisi kehamilan apakah boleh atau tidak melakukan imunisasi meningitis yang menjadi salah satu syarat sebelum berangkat haji/umroh.

  1. Rajin Melakukan Olahraga Ringan

Ibadah umroh membutuhkan kebugaran fisik yang prima untuk melakukan tawaf dan sa’i. Sekalipun Anda sedang hamil, Anda tetap bisa mempersiapkan fisik dengan cara rajin melakukan olahraga ringan beberapa minggu sebelum keberangkatan.

Untuk menunjang kesehatan ibu hamil, pastikan makanan yang dikonsumsi merupakan makanan yang bergizi tinggi.

wanita hamil pergi umroh

  1. Saat Umroh Sebaiknya Membawa Fotocopy Pemeriksaan Kehamilan

Untuk mengantisipasi keadaan di Tanah Suci yang mungkin mengharuskan Anda untuk menerima penanganan medis di sana, maka sebaiknya Anda membawa serta fotocopy pemeriksaan kehamilan.

Dengan demikian, paramedis dapat mengetahui riwayat kesehatan ibu hamil dengan mudah saat akan melakukan penanganan medis.

  1. Jangan Terlalu Memaksakan Diri

Untuk menjaga kondisi kesehatan ibu hamil dan juga janin yang ada di dalam kandungan, sebaiknya Anda tidak memaksakan diri untuk melaksanakan ibadah haji dengan berjalan kaki karena itu dapat membuat Anda cepat lelah.

Sebaiknya Anda menyewa kursi roda selama menjalani ibadah umroh. Untuk sholat di Masjidil Haram atau Masjid Nabawi, Anda dapat menggunakan kursi lipat yang disediakan untuk sholat bagi para lansia.

  1. Konsumsi Mananan dan Minuman yang Bergizi

Sangat penting untuk tetap memerhatikan asupan makanan pada saat Anda sedang hamil. Untuk itu, pilihlah makanan dan minuman yang bergizi tinggi yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh ibu hamil dan juga janin yang ada di dalam kandungan.

Selain itu, perhatikan pula porsi makanan selama menjalani umroh. Anda tidak perlu makan dalam porsi yang banyak, justru sebaiknya Anda makan secukupnya namun dilakukan secara sering-sering. Hal ini efektif untuk menjaga tenaga ibu hamil selama menjalani ibadah umroh.

——-

Itulah beberapa pembahasan yang semoga bisa menjawab pertanyaan Anda tentang bolehkah umroh saat hamil. Untuk mendapatkan pelayanan umroh yang terbaik, bergabunglah bersama Hasuna Tour, biro perjalanan umroh Jogja terbaik.

hasuna Biro Umroh dan Haji Jogja

Hasuna Tour telah berdiri selama lebih dari 22 tahun dan telah berpengalaman melayani puluhan ribu jamaah haji dan umroh dari DIY, Jawa Tengah, dan dari seluruh Indonesia. Kami merupakan biro perjalanan haji dan umroh Jogja yang telah memiliki izin resmi dan bersertifikat Komite Akreditasi Nasional sehingga kami sangat lengkap legalitas hukumnya.

Bagikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga Artikel Menarik dari Hasuna Umrah Jogja

Hasuna Tour Umroh Jogja

6 Cara Umroh Sebelum Usia 30 Tahun Paling Berhasil

Berangkat ke Baitullah untuk melaksanakan iadah haji maupun umroh merupakan impian bagi setiap muslim di seluruh dunia. Bahkan kini generasi milineal yang usianya belum mencapai 30 tahun pun sudah banyak yang memutuskan untuk menunaikan ibadah

HASUNA BIRO UMROH JOGJA DAN HAJI PLUS FURODA (9)

Tata Cara Ibadah Umroh Sesuai Tuntunan Rasulullah

Jamaah umroh harus mengetahui tata cara ibadah umroh beserta dengan doa dan bacaannya yang  sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW. Ibadah umroh memiliki tata cara yang sedikit berbeda dengan ibadah haji. Perbedaan tersebut terletak pada waktu

Persiapan Sebelum Berangkat Haji

5 Persiapan Sebelum Berangkat Haji

Persiapan sebelum berangkat haji mutlak dilakukan oleh calon jamaah haj. Ibadah haji sendiri memang merupakan ibadah yang sangat menuntut persiapan, baik secara fisik, mental, maupun keuangan. Ibadah haji menjadi ibadah paripurna dari keislaman seorang muslim.

9 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Umroh

9 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Umroh

Terdapat beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat umroh. Larangan tersebut dimulai ketika para jamaah umroh memakai kain ihram di miqat. Ihram sendiri artinya adalah “pengharaman”. Larangan tersebut berakhir ketika mereka bertahalul “penghalalan”. Beberapa larangan

Hasuna Tour Umroh Jogja

Tata Cara Melaksanakan Ibadah Umroh yang Harus Anda Ketahui

Penting bagi Anda untuk mengetahui tata cara melaksanakan ibadah umroh sebelum menunaikan ibadah tersebut di Tanah Suci. Umroh memang bisa menjadi pilihan alternatif bagi mereka yang belum berkesempatan untuk menunaikan ibadah haji di Tanah Suci.

5 Alasan Mengapa Muslim Dianjurkan Umroh

5 Alasan Mengapa Muslim Dianjurkan Umroh

Alasan mengapa muslim wajib umroh- Banyak orang yang berasumsi bahwa pergi ke Tanah Suci adalah hal yang diwajibkan untuk orang yang sudah berusia lanjut dan punya pemahaman agama yang cukup. Namun sebenarnya perintah untuk menunaikan