Biaya Haji yang Wajar Untuk Haji Reguler dan Haji Khusus

 Sebelum berangkat ke Tanah Suci untuk menjalankan ibadah haji, salah satu hal yang harus Anda ketahui adalah biaya haji yang wajar, baik untuk haji reguler maupun haji khusus. Jika memang Anda merasa mampu untuk melaksanakannya, maka segera saja daftarkan diri Anda untuk menunaikan ibadah haji. Lantas, berapa sih biaya untuk pergi haji? Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut ini!

Biaya Haji Reguler

Besarnya biaya naik haji ditentukan oleh Kementrian Agama setiap tahunnya, tepatnya menjelang keberangkatan haji. Pada setiap embarkasi besarnya biaya naik haji terbilang bervariasi. Sebagai gambaran biaya naik haji, kita gunakan contoh biaya haji pada tahun 2019. Para tahun 2019 lalu, biaya naik biaya naik haji reguler rata-rata sebesar 2.481 Dollar Amerika Serikat atau sekitar Rp 35,23 juta (kurs Rp 14.200).

Bagi para calon jamaah haji reguler, Anda dapat membuka tabungan haji di beberapa bank syariah yang telah bekerjasama dengan Kementrian Agama sebagai pihak yang bertanggung jawab pada pelaksanaan haji reguler. Biaya haji yang disetorkan seagai tabungan haji besarnya Rp 25 juta. Setelah itu, jamaah haji dapat mendaftar di Kementrian Agama untuk mendapat nomor antrean keberangkatan haji.

Sementara itu untuk masa tunggu keberangkatan haji reguler tergantung pada embarkasi. Saat ini masa tunggu tercepat adalah 11 tahun dan paling lama mencapai 39 tahun.

Biaya Haji Khusus

Kementrian agama telah menentukan biaya haji yang wajar bagi para jamaah haji plus atau khusus. Pada tahun 2019, biaya haji khusus mencapai 8.500 Dollar Amerika Serikat atau setara dengan Rp 120 juta. Bagi Anda yang tertarik untuk berangkat haji dengan fasilitas haji plus ini, Anda dapat mendaftar di biro perjalanan haji yang telah terdaftar secara resmi di Kementrian Agama. Untuk masa tunggu haji plus sendiri maksimal 7 tahun.

Biaya Haji Negara Lain

Apakah Anda penasaran dengan biaya naik haji di negara lain? Ternyata biaya naik haji Indonesua lebih murah jika dibandingkan dengan di beberaa negara Asia Tenggara lainnya, seperti Brunai Darusalam, Malaysia, dan Singapura. Biaya naik haji masyarakat Brunai Darusalam mencapai 8.000 Dollar AS atau sekitar Rp 113, 6 juta. Masyarakat Malaysia harus mengeluarkan dana sebesar 2.750 juta Dollar AS atau setara dengan Rp 39 juta. Sementara itu, untuk masyarakat Singapura, dana haji yang harus dibayarkan mencapai 5.000 Dollar AS atau setara dengan Rp 71 juta.

Perbedaan Antara Haji Reguler dan Haji Khusus

Setelah Anda mengetahui biaya haji yang wajar baik bagi haji reguler maupun haji plus, Anda juga harus mengetahui apa perbedaan antara haji reguler dan hajI plus.

  1. Biaya Haji

Perbedaan yang paling mencolok adalah terlihat dari biaya yang harus dikeluarkan. Pada haji reguler, Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) yang harus dibayarkan mencapai Rp 35.235.602 per jamaah. Sementara itu, Ongkos Naik Haji (ONH) plus minimal mencapai 8.000 Dollar Amerika Serikat atau setara dengan Rp 114.400.000 (kurs Rp 14.300).

  1. Masa Tunggu

Untuk masa tunggu atau antrean keberangkatan haji reguler rata-rata nasional yaitu 18 tahun. Sedangkan untuk haji plus, masa tunggunya jauh lebih pendek, ykni maksimal hanya 6-7 tahun saja.

  1. Penanggung Jawab

Penanggung jawab pelaksanaan haji reguler berada pada Kemenag. Sementara itu, penanggung jawab pelaksanaan haji plus ada pada biro travel yang telah terdaftar resmi dan mengikuti aturan pemerintah.

  1. Jarak Hotel

Para jamaah haji plus dapat menikmati fasilitas hotel yang sangat dekat dengan Masjidil Haram. Sementara itu, jamaah haji reguler ditentukan oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji seseuai pengundian pemerintah Arab Saudi.

  1. Penerbangan

Penerbangan haji plus akan dilakukan tanpa transit atau sekali transit. Sedangkan untuk penerbangan haji reguler harus transit dulu di Jeddah ataupun Madinah.

  1. Layanan Tenda di Arafah dan Mina

Perbedaan fasilitas tenda di Arafah dan Mina bagi jamaah haji plus terbilang lebih lengkap jika dibandingkan haji reguler. Tenda jamaah haji plus dilengkapi dengan alas kasur. Sedangkan untuk haji reguler beralaskan karpet biasa.

Demikianlah pembahasan mengenai biaya haji yang wajar baik untuk haji reguler maupun haji plus. Percayakan kebutuhan haji dan umroh pada biro perjalanan haji dan umroh terbaik dan terpercaya. Hasuna Tour bisa jadi pilihan yang tepat untuk Anda. Biro perjalanan umroh Jogja ini merupakan biro perjalanan haji dan umroh yang resmi dan bersertifikat Komite Akreditasi Nasional. Hasuna Tour telah berpengalaman selama 22 tahun dalam memberangkatkan jamaah haji dan umroh dari seluruh Indonesia. Jadi, percayakan kebutuhan haji bersama Hasuna Tour, biro haji dan umroh Jogja yang terpercaya.

 

Baca Juga Artikel Menarik dari Hasuna Umrah Jogja

Hasuna Tour Umroh Jogja

Inilah 6 Keistimewaan dan Keutamaan Ibadah Umrah

Keutamaan ibadah umrah- Umrah berasal dri kata i’timar yang berarti ziarah. Umrah disebut juga dengan haji kecil. Umrah atau haji kecil adalah ziarah ke baitullah guna melakukan serangkaian ibadah dengan rukun, syarat, wajib yang telah

seputar haji

Seputar Ibadah Haji

Hasuna.co.id – Ibadah haji merupakan ziarah Islam tahunan ke Makkah, kota suci umat Islam, dan kewajiban wajib bagi umat Islam yang harus dilakukan setidaknya sekali seumur hidup mereka oleh semua muslim dewasa yang secara fisik

paket umroh jogja ramadhan

Penasaran Berapa Biaya Umroh yang Wajar? Simak Ulasan Berikut

Sebelum pergi menjalankan ibadah umroh ke tanah suci, salah satu hal yang Anda pikirkan adalah berapa sebenarnya biaya umroh yang wajar yang harus Anda keluarkan. Untuk bepergian ke luar negeri, khususnya untuk umroh, biaya yang

HASUNA BIRO UMROH JOGJA DAN HAJI PLUS FURODA (30)

8 Keistimewaan Ibadah Umroh yang Harus Anda Ketahui

Sebagai muslim, kita perlu tahu apa saja keistimewaan ibadah umroh. Meski berbeda dengan ibadah haji, namun ibadah umroh tidak kalah istimewanya di banding rukun Islam yang kelima itu. Banyak hal istimewa yang Allah janjikan pada

Umrah vs Haji, Perbedaan dan Tata Pelaksanaannya

Rukun Islam kelima bagi umat muslim adalah menjalankan ibadah haji bagi yang mampu. Haji yang secara literal memiliki arti menyengaja atau mengunjungi bermakna menyengaja berkunjung ke Baitullah untuk melaksanakan serangkaian ibadah dengan syarat, wajib, dan

Bolehkah Umroh Saat Hamil

Bolehkah Umroh Saat Hamil? Simak Pembahasannya Berikut ini!

Bolehkah umroh saat hamil? Hal ini menjadi salah satu pertanyaan para wanita, terutama bagi mereka yang sedang mengandung. Sebenarnya umroh dapat dilaksanakan kapan saja, termasuk saat dalam kondisi hamil. Tidak ada larangan bagi wanita hamil

KANTOR PUSAT

Jl. Ipda Tut Harsono No.3, Muja Muju, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55165.

KANTOR HASUNA

© 2019 Hasuna Tour All right reserved