Berikut Ini Cara Cek Porsi Haji Melalui HP Android Tanpa Ribet

Berikut Ini Cara Cek Porsi Haji Melalui HP Android Tanpa Ribet

Cara cek porsi haji melalui HP Android sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Anda hanya butuh aplikasi yang dapat digunakan untuk melihat porsi haji tersebut. Porsi haji disimbolkan dengan sepuluh digit yang didapatkan oleh calon jamaah haji setelah melakukan deposit setoran awal sebesar Rp 25 juta di BPS ( Bank Penerima Setoran) dan BPIH (Bank Penyelenggaraan Ibadah Haji). Di era yang semakin modern ini, para calon jamaah haji semakin mudah untuk mengecek porsi haji tersebut. Yuk simak bagaimana cara mengecek porsi haji ini!

Cara Mengecek Porsi Haji Melalui HP Android

Seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa porsi haji disimbolkan dengan sepuluh digit nomor yang diperoleh oleh calon jamaah haji setelah mereka membayar setoran awal sebagai deposit yang jumlahnya sebesar Rp 25 juta di BPS dan BPIH. Kini Anda bisa mengecek nomor porsi haji Anda melalui aplikasi yang bisa Anda download dan install melalui HP Android Anda masing-masing. Aplikasi tersebut adalah aplikasi cek porsi haji. Berikut ini adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecek porsi haji melalui HP Android Anda:

  1. Pertama Anda harus mendownload dan menginstall aplikasi cek porsi haji di Play Store
  2. Setelah itu, install dan buka aplikasi tersebut. Lalu masukkan “Nomor Porsi Haji” pada kolom yang telah disediakan.
  3. Setelah Anda memasukkan nomor porsi tersebut, klik “submit”
  4. Anda akan melihat data atau informasi detail mengenai calon jamaah haji yng telah terdaftar dan jadwal keberangkatannya.

Cara Cek Porsi Haji Melalui Situs Haji

Selain cara cek porsi haji melalui HP Android, Anda juga dapat mengeceknya melalui situs haji yang dikelola oleh Kemenag. Untuk memudahkan calon jamaah haji dalam memastikan atau memeriksa kapan jadwal keberangkatannya, Kementerian Agama melalui situs resminya menyediakan fitur-fitur terkait pelaksanaan haji. Di sana, para calon jamaah haji dapat mengecek sendiri hal-hal yang berkaitan dengan pelaksanaan haji,termasuk nomor porsi haji masing-masing.

Anda hanya perlu masuk ke situs haji.kemenag.go.id dan setelah itu klik ‘Select Menu’. Kemudian akan muncul pilihan menu. Anda cukup klik ‘BASIS DATA’. Selanjutnya, masukkan Nomor Porsi pada halaman yang muncul dan klik ‘CARI’. Informasi yang berkaitan dengan perkiraan waktu keberangkatan calon jamaah haji pun akan muncul.

Namun jika ternyata calon jamaah haji tidak dapat mengecek waktu keberangkatan tersebut, mohon bersabar. Hal ini bisa saja dikarenakan situs Kemenag sedang dalam tahap perbaikan atau servernya sedang overload karena mungkin ada banyak orang yang mengaksesnya dalam waktu bersamaan. Apabila Anda tidak dapat mengaksesnya karena sedang over load, maka Anda dapat mencoba kembali pada keesokan harinya.

Cara Lain Untuk Mengecek Porsi Haji

Untuk mengecek porsi haji, Anda juga bisa datang langsung ke tempat. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Setelah calon jamaah haji melakukan setoran pembayaran awal sebagai deposit yang jumlahnya sebesar Rp. 25 juta pada BPS (bank), Anda akan mendapatkan bukti setoran awal BPIH yang mencantumkan nomor posrsi haji.
  2. Selanjutnya masukkan nomor porsi haji pada formulir cek porsi haji dan tekan tombol CEK
  3. Bagi para jamaah haji plus, apabila Anda belum memperoleh nomor porsi sebagai bukti resmi bahwa Anda adalah jamaah yang terdaftar di Departemen Agama, Anda dapat meminta bantuan biro perjalanan haji dimana Anda mendaftar.
  4. Para calon jamaah haji diharap bersabar menunggu waktu antrean keberangkatan. Baik haji reguler maupun haji plus tetap harus melewati masa tunggu hingga beberapa tahun.
  5. Dengan memperoleh nomor porsi haji, berrti Anda telah resmi masuk dalam haji kuota Depag.

Selain dengan cara cek porsi haji melalui HP Android, ternyata Anda juga bisa melakukannya secara langsung di tempat. Untuk memudahkan urusan ibadah haji, percayakan saja pada Hasuna Tour, biro perjalanan haji dan umroh Jogja yang telah berpengalaman melayani puluhan ribu jamaah haji dan umroh tak hanya dari Jogjakarta dan sekitarnya, namun juga dari seluruh Indonesia. Hasuna Tour telah mengantongi izin resmi dan bersertifikat Komite Akreditasi Nasional. Sebagai biro perjalanan haji dan umroh jogja yang telah berdiri lebih dari 22 tahun, Hasuna Tour berkomitmen untuk memberikan yang terbaik bagi para jamaah.

 

 

Bagikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga Artikel Menarik dari Hasuna Umrah Jogja

Solusi Naik Haji bagi yang Kurang Mampu

Solusi Naik Haji bagi yang Kurang Mampu

Ibadah haji merupakan ibadah yang diwajibkan bagi mereka yang telah mampu secara fisik maupun finansial. Jadi, bagi mereka yang tidak memiliki kemampuan secara fisik maupun materi, ibadah haji ini tidak diwajib untuk dilaksanakan. lalu bagaimana

HASUNA BIRO UMROH JOGJA DAN HAJI PLUS FURODA (50)

6 Persiapan Fisik Sebelum Umroh yang Perlu Anda Lakukan

Calon jamaah umroh perlu menjalani serangkaian persiapan fisik sebelum umroh. Umroh merupakan ibadah yang membutuhkan kondisi fisik yang begitu prima. Bahkan mulai dari menentukan jadwal penerbangan, mempersiapkan perlengkapan umroh, hingga nantinya menjalankan serangkaian ibadah umroh,

HASUNA BIRO UMROH JOGJA DAN HAJI PLUS FURODA (30)

8 Keistimewaan Ibadah Umroh yang Harus Anda Ketahui

Sebagai muslim, kita perlu tahu apa saja keistimewaan ibadah umroh. Meski berbeda dengan ibadah haji, namun ibadah umroh tidak kalah istimewanya di banding rukun Islam yang kelima itu. Banyak hal istimewa yang Allah janjikan pada

Begini 5 Cara Berdoa di Depan Ka’bah Agar Dikabulkan Allah

Cara berdoa di depan ka’bah agar dikabulkan- Berdoa di depan ka’bah ketika melakukan ibadah haji ataupun umrah adalah salah satu hal yang sangat dinantikan umat muslim di seluruh dunia. Pasalnya, berdoa di tanah suci membuat

Jabal Nur - 10 Situs Bersejarah Islam di Mekah dan Madinah

10 Situs Bersejarah Islam di Mekah dan Madinah

Saat menjalani haji dan umroh, mengunjungi berbagai situs bersejarah Islam di Mekah dan Madinah adalah agenda yang tidak boleh terlewatkan. Kota Mekah dan Madinah memiliki tempat-tempat yang memiliki nilai historis yang berkaitan dengan kisah Nabi

TIPS MENJADI HAJI MABRUR

10 Tips Menjadi Haji Mabrur

10 tips menjadi haji mabrur bisa jadi panduan bagi Anda yang sangat mendambakan untuk menjadi haji yang baik, berhasil, dan sesuai dengan tujuan dari perintah haji. Seorang haji yang mabrur berarti telah berhasil mencapai tujuan