Berikut Ini Cara Cek Porsi Haji Melalui HP Android Tanpa Ribet

Berikut Ini Cara Cek Porsi Haji Melalui HP Android Tanpa Ribet

Cara cek porsi haji melalui HP Android sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Anda hanya butuh aplikasi yang dapat digunakan untuk melihat porsi haji tersebut. Porsi haji disimbolkan dengan sepuluh digit yang didapatkan oleh calon jamaah haji setelah melakukan deposit setoran awal sebesar Rp 25 juta di BPS ( Bank Penerima Setoran) dan BPIH (Bank Penyelenggaraan Ibadah Haji). Di era yang semakin modern ini, para calon jamaah haji semakin mudah untuk mengecek porsi haji tersebut. Yuk simak bagaimana cara mengecek porsi haji ini!

Cara Mengecek Porsi Haji Melalui HP Android

Seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa porsi haji disimbolkan dengan sepuluh digit nomor yang diperoleh oleh calon jamaah haji setelah mereka membayar setoran awal sebagai deposit yang jumlahnya sebesar Rp 25 juta di BPS dan BPIH. Kini Anda bisa mengecek nomor porsi haji Anda melalui aplikasi yang bisa Anda download dan install melalui HP Android Anda masing-masing. Aplikasi tersebut adalah aplikasi cek porsi haji. Berikut ini adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecek porsi haji melalui HP Android Anda:

  1. Pertama Anda harus mendownload dan menginstall aplikasi cek porsi haji di Play Store
  2. Setelah itu, install dan buka aplikasi tersebut. Lalu masukkan “Nomor Porsi Haji” pada kolom yang telah disediakan.
  3. Setelah Anda memasukkan nomor porsi tersebut, klik “submit”
  4. Anda akan melihat data atau informasi detail mengenai calon jamaah haji yng telah terdaftar dan jadwal keberangkatannya.

Cara Cek Porsi Haji Melalui Situs Haji

Selain cara cek porsi haji melalui HP Android, Anda juga dapat mengeceknya melalui situs haji yang dikelola oleh Kemenag. Untuk memudahkan calon jamaah haji dalam memastikan atau memeriksa kapan jadwal keberangkatannya, Kementerian Agama melalui situs resminya menyediakan fitur-fitur terkait pelaksanaan haji. Di sana, para calon jamaah haji dapat mengecek sendiri hal-hal yang berkaitan dengan pelaksanaan haji,termasuk nomor porsi haji masing-masing.

Anda hanya perlu masuk ke situs haji.kemenag.go.id dan setelah itu klik ‘Select Menu’. Kemudian akan muncul pilihan menu. Anda cukup klik ‘BASIS DATA’. Selanjutnya, masukkan Nomor Porsi pada halaman yang muncul dan klik ‘CARI’. Informasi yang berkaitan dengan perkiraan waktu keberangkatan calon jamaah haji pun akan muncul.

Namun jika ternyata calon jamaah haji tidak dapat mengecek waktu keberangkatan tersebut, mohon bersabar. Hal ini bisa saja dikarenakan situs Kemenag sedang dalam tahap perbaikan atau servernya sedang overload karena mungkin ada banyak orang yang mengaksesnya dalam waktu bersamaan. Apabila Anda tidak dapat mengaksesnya karena sedang over load, maka Anda dapat mencoba kembali pada keesokan harinya.

Cara Lain Untuk Mengecek Porsi Haji

Untuk mengecek porsi haji, Anda juga bisa datang langsung ke tempat. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Setelah calon jamaah haji melakukan setoran pembayaran awal sebagai deposit yang jumlahnya sebesar Rp. 25 juta pada BPS (bank), Anda akan mendapatkan bukti setoran awal BPIH yang mencantumkan nomor posrsi haji.
  2. Selanjutnya masukkan nomor porsi haji pada formulir cek porsi haji dan tekan tombol CEK
  3. Bagi para jamaah haji plus, apabila Anda belum memperoleh nomor porsi sebagai bukti resmi bahwa Anda adalah jamaah yang terdaftar di Departemen Agama, Anda dapat meminta bantuan biro perjalanan haji dimana Anda mendaftar.
  4. Para calon jamaah haji diharap bersabar menunggu waktu antrean keberangkatan. Baik haji reguler maupun haji plus tetap harus melewati masa tunggu hingga beberapa tahun.
  5. Dengan memperoleh nomor porsi haji, berrti Anda telah resmi masuk dalam haji kuota Depag.

Selain dengan cara cek porsi haji melalui HP Android, ternyata Anda juga bisa melakukannya secara langsung di tempat. Untuk memudahkan urusan ibadah haji, percayakan saja pada Hasuna Tour, biro perjalanan haji dan umroh Jogja yang telah berpengalaman melayani puluhan ribu jamaah haji dan umroh tak hanya dari Jogjakarta dan sekitarnya, namun juga dari seluruh Indonesia. Hasuna Tour telah mengantongi izin resmi dan bersertifikat Komite Akreditasi Nasional. Sebagai biro perjalanan haji dan umroh jogja yang telah berdiri lebih dari 22 tahun, Hasuna Tour berkomitmen untuk memberikan yang terbaik bagi para jamaah.

 

 

Baca Juga Artikel Menarik dari Hasuna Umrah Jogja

5 Alasan Mengapa Muslim Dianjurkan Umroh

5 Alasan Mengapa Muslim Dianjurkan Umroh

Alasan mengapa muslim wajib umroh- Banyak orang yang berasumsi bahwa pergi ke Tanah Suci adalah hal yang diwajibkan untuk orang yang sudah berusia lanjut dan punya pemahaman agama yang cukup. Namun sebenarnya perintah untuk menunaikan

Sejarah dari Melempar Jumrah

Sejarah dari Melempar Jumrah di Tanah Mina

Melempar jumrah adalah salah satu dari banyaknya rangkaian yang harus jmaah lakukan ketika menjalankan ibadah haji di tanah suci. Lempar jumrah ini umumnya dilaksanakan oleh jamaah ketika berada di Mina. Sedangkan batu yang digunakan untuk

Sejarah Sang Juru Kunci Kabah di Tanah Suci Mekah

Sang juru kunci Kabah- Kabah adalah bangunan di Kota Mekah yang menjadi kiblat bagi umat muslim di seluruh penjuru dunia. Tidak semua orang dapat memasuki Kabah. Oleh karena itu, kuncinya pun tidak dipegang oleh sembarang

souvenir oleh-oleh haji dan umroh

6 Daftar Souvenir Oleh-Oleh Haji Dan Umroh yang Bisa Anda Beli

Souvenir oleh-oleh haji dan umroh – Setiap umat muslim melaksanakan ibadah haji dan atau umroh adalah sebuah kewajiban untuk yang mampu, baik secara fisik dan materi. Setiap melaksanakan ibadah haji ataupun umroh, oleh-oleh sebagai buah

buah kurma

Sejarah Kurma dan Beragam Manfaatnya bagi Kesehatan Tubuh

Kurma adalah salah satu buah yang identik dengan negara Timur Tengah. Buah yang sering kita jumpai di bulan Ramadhan ini kerap kali dijadikan oleh-oleh ketika menunaikan ibadah haji ke tanah suci. Selain itu, buah kurma

Apa itu Tawaf, Jenis-Jenis, Tata Cara, dan Sunnah Pelaksanaannya

Salah satu rangkaian ibadah dalam umroh adalah melakukan tawaf. Apa itu Tawaf ? Tawaf merupakan salah satu rukun haji dan umroh yaitu mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali putaran. Perintah untuk melakukan tawaf ada di Q.S

KANTOR PUSAT

Jl. Ipda Tut Harsono No.3, Muja Muju, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55165.

KANTOR HASUNA

© 2019 Hasuna Tour All right reserved