Penasaran Berapa Biaya Umroh yang Wajar? Simak Ulasan Berikut

paket umroh jogja ramadhan

Sebelum pergi menjalankan ibadah umroh ke tanah suci, salah satu hal yang Anda pikirkan adalah berapa sebenarnya biaya umroh yang wajar yang harus Anda keluarkan. Untuk bepergian ke luar negeri, khususnya untuk umroh, biaya yang harus dikeluarkan tetu saja tidak sedikit. Ada pembiayaan yang harus Anda penuhi untuk bisa sampai ke tanah suci, seperti biaya tiket pesawat, akomodasi, dan juga biaya jasa agen travel umroh yang Anda gunakan. Nah, kalau sudah begini, mau tidak mau Anda harus melakukan perhitungan secara jeli agar nantinya Anda bisa berangkat umroh dengan biaya yang wajar, dalam artian tidak kemahalan ataupun terlalu murah.

Patokan Biaya Umroh Termurah yang Ditentukan Pemerintah

Awal tahun 2018, pihak Kementrian Agama Republik Indonesia telah menyarankan patokan biaya umroh 2018 paling murah adalah Rp 20 juta. Dengan biaya tersebut tentu saja fasilitas yang diberikan kepada jamaah adalah fasilitas yang paling minimal. Biaya tersebut merupakan biaya keberangkatan dari ibu kota Jakarta.

Sementara itu, Pemerintah Saudi telah memberlakukan visa berbayar mulai bulan September 2019. Hal tersebut menambah biaya visa dan sekaligus proses pengurusannya. Jadi jika ditotal, tambahan biaya yang harus Anda keluarkan mencapai 2 jutaan dari harga awal.

Biaya Umroh yang Wajar Jika Berangkat dari Jogja

Jika Anda merupakan calon jamaah umroh dari daerah Jogja, maka ada biaya tiket domestik PP yang harus Anda bayarkan. Saat ini biaya tambahan untuk PP bagi jamaah Jogja adalah sekitar 1 sampai 1,6 jutaan. Selain itu, ada pula biaya tambahan untuk handling service dan perlengkapan umroh dari biro perjalanan umroh yang besarnya sekitar 1 jutaan. Untuk menambah fasilitas dan pelayanan supaya jamaah lebih merasa puas selama menjalani ibadah umroh, maka biasanya ada biaya tambahan sebesar 500 ribu s/d 1 juta rupiah yang harus dibayarkan.

Secara umum, biaya umroh yang wajar untuk Anda bayarkan jika Anda berangkat dari Jogja adalah sekitar Rp 23 s/d 24 juta. Harga tersebut merupakan referensi patokan termurah, bukan serta-merta itu sudah harga jadi. Nantinya bisa saja ada biaya tambahan yang harus Anda bayarkan pada agen travel umroh untuk menambah fasilitas selama umroh. Pada umumnya, biaya paket umroh yang ditawarkan agen travel umroh Jogja adalah sebagai berikut:

  • Paket bintang 3 (Paket promo)= Rp 22 s/d 24 jutaan
  • Paket bintang 4= Rp 27 s/d 29 jutaan
  • Paket bintang 5= 30 s/d 34 jutaan

Jika harga termurah yang menjadi patokan adalah Rp 22 s/d 24 juta, maka akan sangat mengherankan  jika ada biro perjalanan umroh di Jogja  yang menawarkan harga umroh di bawah harga tersebut.

Sementara itu, wajar kalau ada biro perjalanan umroh di Jogja yang memasang harga yang lebih mahal dari patokan biaya termurah tersebut. Semakin baik pelayanan umroh yang diberikan, maka semakin mahal pula biaya yang harus Anda bayarkan. Jadi, sangat wajar bila semakin mewah fasilitas hotel dan transportasi selama umroh, maka biaya umroh yang Anda bayarkan pun pastinya akan lebih mahal.

Penasaran Berapa Biaya Umroh yang Wajar? Hasuna Tour

Rincian Biaya Umroh Termurah dari Jogja

Berikut ini adalah perkiraan rincian biaya umroh termurah dari Jogja (dalam Rupiah):

Tiket Pesawat ke Arab PP= Rp 12 s/d 15 juta

1Tiket Pesawat ke Arab Saudi PP12-15 juta
2Tiket Dalam Negeri PP1,5-2,5 juta
3Sewa Kamar Hotel (quard)1,8-2,5 juta
4Biaya konsumen catering sehari 3 kali1,2 juta
5Visa Umroh600 ribu
6Akomodasi700 ribu
7Sewa Bus AC untuk Ziarah750 ribu
8Jasa Handling Bandara500ribu
9Manasik & Pembimbing500ribu
10Guide 7 Muthowiff300 ribu
11Koper dan Perlengkapan500 ribu
12Admin Biro (5-10%)1-2 juta

 

Dari rincian di atas, dapat disimpulkan bahwa estimasi biaya umroh yang wajar jika start dari Jogja adalah sekitar Rp 22 s/d 26 juta.  Harga tersebut merupakan biaya termurah yang harus calon jamaah bayarkan. Jika Anda mengingingkan fasilitas umroh yang semakin lengkap dan bagus, maka tentu saja Anda harus mengambil paket umroh yang harganya lebih mahal.

Percayakan perjalanan umroh Anda pada Hasuna Tour, biro umroh Jogja yang telah berpengalaman lebih dari 22 tahun. Tidak seperti kebanyakan biro umroh lain yang hanya berorientasi pada harga murah saja, Hasuna Tour selalu berkomitmen memberikan pelayanan terbaik pada calon jamaah. Hasuna Tour juga telah memiliki legalitas hukum resmi dan tersertifikasi Komite Akreditasi Nasional.

 

 

 

Bagikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga Artikel Menarik dari Hasuna Umrah Jogja

HAJAR ASWAD

6 Keistimewaan Hajar Aswad, Batu Surga yang Dimuliakan

Keistimewaan Hajar Aswad- Pergi ke tanah suci menunaikan ibadah haji adalah impian bagi seluruh umat muslim di dunia. Di antara serangkaian kegiatan ibadah haji, salah satu yang menjadi impian jamaah haji adalah mencium hajar aswad.

HASUNA BIRO UMROH JOGJA DAN HAJI PLUS FURODA (30)

8 Keistimewaan Ibadah Umroh yang Harus Anda Ketahui

Sebagai muslim, kita perlu tahu apa saja keistimewaan ibadah umroh. Meski berbeda dengan ibadah haji, namun ibadah umroh tidak kalah istimewanya di banding rukun Islam yang kelima itu. Banyak hal istimewa yang Allah janjikan pada

Bolehkah Wanita Pergi Umroh Sendirian?

Bolehkah Wanita Pergi Umroh Sendirian?

Sebagian wanita bertanya-tanya, “bolehkah wanita pergi umroh sendirian?”. Dalam hal ini ada perbedaan pendapat antara ulama. Sekarang ini, banyak wanita yang ingin menunaikan ibadah haji dan umroh sendirian karena merasa aman untuk melakukan perjalanan sendirian

Bolehkah Umroh Tapi Belum Haji

Bolehkah Umroh Tapi Belum Haji? Simak Pembahasannya Berikut ini!

Bolehkah umroh tapi belum haji? Ya, pertanyaan tersebut sering kali menjadi pertanyaan banyak orang, terutama bagi mereka yang ingin pergi ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah umroh namun belum berhaji. Saat ini, antrean keberangkatan haji

Sejarah dari Melempar Jumrah

Sejarah dari Melempar Jumrah di Tanah Mina

Melempar jumrah adalah salah satu dari banyaknya rangkaian yang harus jmaah lakukan ketika menjalankan ibadah haji di tanah suci. Lempar jumrah ini umumnya dilaksanakan oleh jamaah ketika berada di Mina. Sedangkan batu yang digunakan untuk

Hukum Naik Haji Tapi Berhutang

Hukum Naik Haji Tapi Berhutang

Ibadah haji diwajibkan bagi setiap muslim yang memiliki kemampuan, baik secara fisik maupun finansial. Tapi fenomena yang terjadi sekarang ini adalah pergi haji dengan jalan berhutang. Berhutang apabila dilihat dari satu sisi menunjukkan bahwa orang