Baik Untuk Kesehatan, Inilah Kandungan Air Zam-Zam di Mekah

Kandungan air zam-zam- Sumur Zam-Zam yang berada di Masjidil Haram, lebih tepatnya Tenggara Kabah, dipercaya memiliki banyak manfaat. Manfaat tersebut dihasilkan dari kandungan yang terdapat pada air zam-zam. Setidaknya hal itulah yang telah dipaparkan dalam beberapa penelitian.

kandungan air zam-zam

Kandungan serta manfaat air zam-zam tersebut membuat air zam-zam menjadi begitu spesial, terutama bagi kaum muslim. Air zam-zam menjadi salah satu oleh-oleh wajib ketika pulang dari tanah suci selesai menunaikan ibadah haji ataupun umrah. Lantas apa saja kandungan serta manfaat dari air zam-zam? Berikut adalah penjelasannya.

Kandungan Air Zam-Zam

Banyak penelitian telah mengungkapkan kandungan dari air zam-zam yang banyak memberikan manfaat bagi kesehatan. Menurut hasil penelitian, air zam-zam diketahui memiliki tingkat keasaman atau pH 7,5-7,7 dengan tanpa bau dan tidak berwarna. Namun selain itu, masih banyak lagi kandungan air zam-zam yang baik untuk tubuh seperti berikut.

1.             Flour Alami

Umumnya sumur yang berada pada wilayah yang hangat akan membuat lumut dan jug alga mudah tumbuh. Akan tetapi hal tersebut tidak berlaku bagi sumur zam-zam. Hal tersebut dikarenakan oleh kandungan flour alami yang terdapat pada air zam-zam. Flour alami tersebutlah yang membuat bakteri, alga, serta lumut tidak dapat tumbuh di sumur zam-zam.

2.             Kalsium serta Garam Magnesium

Berbeda dengan air alami kebanyakan, air zam-zam memiliki kandungan mineral alami atau garam magnesium sebanyak 2000 mh setiap liternya. Padahal, pada air biasa, elemen magnesium tidak akan lebih dari 260 mg setiap liternya. Hal tersebut kemudian dipercaya menjadi alasan air zam-zam memiliki banyak manfaat khusus.

3.             Hidrogen dan Alkali

Kandungan selanjutnya yang ditemukan dalam air zam-zam adalah hidrogen dan juga alkali. Ahmad Abdul Qaadir Al Muhandiss dalam sebuah laman Gulf Times pernah menyatakan air zam-zam sebagai air yang murni. Air zam-zam tidak memiliki warna, rasa, bau, hidrogen, dan juga alkali. Kandungan hodrogen pada air zam-zam adalah 7,5 atau 8 mg untuk setiap liternya.

4.             Elemen Neutron

Berdasarkan jurnal National Center for Biotechnology Information, dalam air zam-zam, terdapat 30 elemen dengan neutron yang berfungsi sebagai pembangkit energi. Kandungan neutron ini dipercaya baik untuk kesehatan ketika dikonsumsi.

5.             Baik untuk Kesehatan

Organisasi kesehatan dunia, WHO (World Health Organization) menyatakan bahwa air zam-zam memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Hal tersebut dikarenakan kandungan ion positif dan juga ion negatif yang terdapat pada air zam-zam. Kandungan ion positif yang terdapat dalam air zam-zam pun beragam, yaitu  250 mg sodium, 20 mg potasium, 200 mg kalsium, dan juga 50 mg magnesium.

Air Zam-zam

Sedangkan kandungan ion negatif yang terdapat pada air zam-zam berupa 372 mg sulfur, 273 mg nitrat, 366 mg bikarbonat, 6 mg amonia, serta 0,25 mg fosfat untuk setiap liternya.

Demikianlah 5 kandungan air zam-zam yang diyakini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Air zam-zam akan dapat Anda jumpai ketika melakukan ibadah haji di tanah suci Mekah. Apabila Anda  berencana melakukan perjalanan spiritual menuju tanah suci Mekah, Anda dapat merencanakan perjalanan Anda tersebut kepada Hasuna Tour Umroh & Haji. Pengalaman 22 tahun sebagai biro haji plus Jogja telah berhasil membawa Hasuna memberangkatkan 21.000 jamaah. Tidak hanya wilayah Jogja, biro umroh Jogja ini juga siap memberikan pelayanan kepada Anda yang berada di Jawa Tengah maupun wilayah Indonesia lainnya.

Baca Juga Artikel Menarik dari Hasuna Umrah Jogja

larangan saat ibadah umroh dan haji

Larangan-Larangan Saat Ibadah Umroh & Haji, Wajib Tahu!

Larangan Saat Umroh & Haji – Untuk jemaah Hasuna yang sedang berencana menunaikan ibadah Umroh atau Haji, tentu menginginkan ibadahnya berjalan khusyuk dan mabrur. Untuk membuat ibadah Umroh atau Haji anda berjalan dengan khusyuk dan

MUI tawarkan usulan haji

MUI Coba Tawarkan Solusi agar Umat Bisa Berhaji di Usia Belia

Hasuna.co.id – Diketahui lebih dari 50 persen jemaah haji asal Indonesia telah berusia lanjut. Tak heran, karena biasanya mereka harus menabung ber-tahun-tahun guna menyiapkan dana untuk mendaftar haji, ditambah lagi biaya yang naik tiap tahunnya.

Kisah Abrahah Menyerang Kabah dengan Pasukan Bergajah

Kisah Abrahah menyerang Kabah- Dalam sejarah Islam, terdapat salah satu peristiwa besar yang terjadi bertepatan dengan kelahiran Nabi Muhammad SAW, yaitu peristiwa penyerangan Kabah yang dilakukan oleh Abrahah. Dalam peristiwa ini, dikisahkan Abrahah menyerang Kabah

keberangkatan jamaah umroh yang tertunda

Kemenag Mulai Bahas Persiapan Umroh 1442 H

Hasuna.co.id – Keberangkatan jamaah umroh yang tertunda sejak Februari lalu diprioritaskan. Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) mulai membahas rencana penyelenggaraan ibadah umroh 1442 H. Pembahasan mencakup identifikasi permasalahan serta langkah-langkah

apa itu ibadah haji

Apa Itu Ibadah Haji?

  Hasuna.co.id – Haji menurut pengertian Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah rukun Islam yang kelima. Haji merupakan kewajiban ibadah yang harus dilakukan oleh orang Islam yang mampu dengan mengunjungi ka’bah di Masjidil Haram pada

haji dan umrah

Menggapai Doa Mustajab dalam Rangka Ibadah Haji dan Umrah

Hasuna.co.id – Ketika bertanya kepada jemaah haji dan umrah tentang harapan dari pelaksanaan haji dan umrah mereka, sebagian besar jawabannya ialah menghapus segala dosa, menjadi insan yang lebih baik, dan dikabulkan segala doa serta permohonannya

KANTOR PUSAT

Jl. Ipda Tut Harsono No.3, Muja Muju, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55165.

KANTOR HASUNA

© 2019 Hasuna Tour All right reserved