Arab Saudi Larang Masuk Warga dari 20 Negara, Termasuk Indonesia?

umroh ditutup

Hasuna.co.id – Kabar kurang menggembirakan datang dari Arab Saudi. Ada kebijakan terbaru yang diambil oleh kerajaan Arab Saudi sebagai langkah memerangi pandemi Covid-19.

Sayangnya, kebijakan baru tersebut berimbas terhadap para calon jamaah Umroh dari Indonesia yang hendak menunaikan ibadah ke Tanah Suci tersebut.

Pasalnya, baru-baru ini Arab Saudi disebut telah menutup pintu masuk bagi warga dari sekitar 20 negara dunia.

Satu dari 20 negara yang ada dalam ‘daftar dilarang masuk’ tersebut adalah Indonesia.

Akibatnya, umroh ditutup lagi bagi calon jamaah umroh Indonesia hingga waktu yang belum ditentukan di masa mendatang.

Menurut Tribunnews.com, Pemerintah Kerajaan Arab Saudi kembali menutup akses masuk bagi 20 negara untuk antisipasi penularan virus corona (Covid-19).

Sebelumnya Arab Saudi telah mengumumkan suksesnya penanganan Covid-19 di Arab Saudi dan menjadi negara keempat yang paling aman dikunjungi di masa pandemi.

Namun, munculnya peningkatan kasus membuat Arab Saudi melakukan pengetatan kembali.

“Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi mengumumkan daftar 20 negara yang tidak diperkenankan masuk Saudi termasuk Indonesia,” ujar Kabid Umroh Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umroh Republik Indonesia (Amphuri) Zaky Zakaria Anshary dalam keterangan resmi, Rabu 3 Februari 2021.

Aturan tersebut berlaku hingga waktu yang belum ditentukan.

Umroh kembali terhambat lantaran adanya kebijakan larangan masuk Arab Saudi bagi 20 negara dunia, di mana Indonesia termasuk negara dalam daftar tersebut, mendapat respon dari para pengusaha jasa travel Umrah dan Haji.

Keluarnya aturan tersebut jelas berdampak pada gagal berangkatnya jemaah umrah Indonesia.

Padahal, setelah Arab Saudi kembali membuka akses ibadah umrah, Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU) mukai aktif menjaring calon jemaah.

Hal itu memperpanjang berhentinya layanan umrah hingga hampir satu tahun.

Zaky Zakaria Anshary juga menjelaskan kondisi PPIU yang tertekan akibat pandemi saat ini.

Oleh karena itu dibutuhkan bantuan dari pemerintah agar PPIU dapat bertahan selama belum bisa memberangkatkan jemaah.

“Kami berharap Pemerintah Indonesia memberikan perhatian ke bidang usaha umrah, haji & wisata ini untuk membantu dengan berbagai cara,” terang Zaky Zakaria Anshary.

Ditutupnya perjalanan ibadah umrah berdampak kepada keuangan PPIU.

Termasuk juga berkiatan dengan tenaga kerja yang berada di PPIU.

Baca Juga Artikel Menarik dari Hasuna Umrah Jogja

tukar rupiah ke riyal

5 Persiapan Sebelum Berangkat Haji

Persiapan sebelum berangkat haji mutlak dilakukan oleh calon jamaah haj. Ibadah haji sendiri memang merupakan ibadah yang sangat menuntut persiapan, baik secara fisik, mental, maupun keuangan. Ibadah haji menjadi ibadah paripurna dari keislaman seorang muslim.

Sejarah Ka’bah, Awal Mula diBangunnya Tempat Suci di Mekah

Sejarah Ka’bah, Awal Mula diBangunnya Tempat Suci di Mekah

Kabah adalah bangunan suci yang terdapat di Kota Mekah, tepatnya di tengah-tengah Masjidil Haram. Kabah dijadikan oleh umat muslim di seluruh dunia sebagai kiblat dalam beribadah salat. Tidak berhenti di situ, Kabah juga merupakan salah

Hasuna Tour Umroh Jogja

Tata Cara Melaksanakan Ibadah Umroh yang Harus Anda Ketahui

Penting bagi Anda untuk mengetahui tata cara melaksanakan ibadah umroh sebelum menunaikan ibadah tersebut di Tanah Suci. Umroh memang bisa menjadi pilihan alternatif bagi mereka yang belum berkesempatan untuk menunaikan ibadah haji di Tanah Suci.

5 Tempat Mustajab untuk berdoa di Tanah Suci

Berdoa tentu saja dapat dilaksanakan dimanapun dan kapanpun. Namun, terdapat tempat-tempat yang mustajab untuk berdoa . Berikut adalah Tempat Mustajab untuk berdoa di Tanah Suci yang perlu Anda ketahui sebelum melakukan ibadah umroh atau haji.

buah kurma

Sejarah Kurma dan Beragam Manfaatnya bagi Kesehatan Tubuh

Kurma adalah salah satu buah yang identik dengan negara Timur Tengah. Buah yang sering kita jumpai di bulan Ramadhan ini kerap kali dijadikan oleh-oleh ketika menunaikan ibadah haji ke tanah suci. Selain itu, buah kurma

Ibadah Umrah pada Masa Pandemi Covid-19

Hasuna.co.id – Sudah hampir satu tahun seluruh dunia terkena musibah, yaitu tersebarnya virus Covid-19, dan telah menyebabkan banyak korban meninggal. Beberapa aspek kehidupan, seperti kegiatan ekonomi dan sosial, harus terhambat akibat pandemi. Peristiwa yang termasuk

KANTOR PUSAT

Jl. Ipda Tut Harsono No.3, Muja Muju, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55165.

KANTOR HASUNA

© 2019 Hasuna Tour All right reserved