fbpx

Cara Membuat Hati Tenang dan Ikhlas Menurut Islam

cara membuat hati tenang dan ikhlas menurut islam

Hasuna.co.id Setiap dari kita pasti mempunyai permasalahan masing-masing. Baik itu masalah dengan keluarga, pekerjaan, pendidikan, atau pun yang lainnya. Masalah yang datang bertubi-tubi sering kali membuat kita menjadi cemas, takut, marah, bahkan frustasi. Namun, bukankah tidak ada masalah yang tak disertakan solusinya oleh Allah SWT?

Jika kita tetap bisa menjaga jiwa untuk tenang, pasti kita dapat melihat petunjuk-petunjuk Allah dengan lebih jernih. Menjaga jiwa agar tetap tenang saat menghadapi masalah yang bertubi-tubi memang butuh dilatih dan dibiasakan. Seperti apa kiat-kiat membuat hati tenang dan ikhlas menurut Islam?

Cara Membuat Hati Tenang dan Ikhlas Menurut Islam – Dr. dr. Probosuseno

Sahabat Hsuna, Dr. dr. Probosuseno, Sp.PD-KGer, FINASIM, SE. dalam salah satu materi kajian video pendek di channel youtube Hasuna Tour memberikan penjelasan.

“Tombo ati ana lima perkarane, maca Quran sak maknane. kaping pindo sholat wengi lakonono. Kaping tiga wong kang sholeh kumpulana. Kaping papat kudu weteng ingkang luwe. Kaping lima dzikir wengi ingkang suwe.”

Maksudnya adalah, obat hati ada lima perkara, yang pertama membaca Al-quran dan maknanya. Yang kedua sholat malam, atau melaksanakan sholat tahajjud dan witir. Ketiga berkumpu atau bergaul dengan orang-orang yang sholeh, keempat puasa, menahan perut lapar dan hawa nafsu. Dan kelima adalah berdzikir lama di malam hari.

“Tidak hanya itu, menolong orang membuat hati damai. Berserah kepada Allah SWT dan tawakal juga membuat hati damai. Berbaik sangka kepada Allah, mungkin dibalik rasa tidak nyaman, sedih, dan kecewa tadi Allah akan memberikan yang terbaik oleh Allah SWT.”

Beliau juga menambahkan, tidak hanya lima perkara di atas sebagai cara membuat hati tenang dan ikhlas menurut Islam. Menolong orang lain termasuk cara membuat hati tenang dan damai. Berserah diri dan tawakal kepada Allah SWT, mungkin saja dibalik kejadian buruk, rasa tidak nyaman, sedih dan kecewa yang kita alami, ada maksud Allah untuk memberikan kita sesuatu yang lebih baik.

Untuk mengetahui lebih lengkapnya, apa saja cara membuat hati tenang dan ikhlas menurut Islam, berikut ini video kajian pendek Dr. dr. Probosuseno, Sp.PD-KGer, FINASIM, SE.

Baca Juga Artikel Menarik dari Hasuna Umrah Jogja

Berikut Ini Tuntunan Melaksanakan Puasa Syawal

Puasa Syawal merupakan puasa yang dilakukan setelah bulan Ramadhan selesai. Meskipun tidak diwajibkan, namun puasa Syawal punya banyak keutamaan dan manfaat bagi umat muslim yang melakukannya. Berikut ini adalah tuntunan melaksanakan puasa Syawal. Menentukan niat

3 Sunnah Rasulullah Ketika Berbuka Puasa

Hasuna.co.id – Halo sahabat Hasuna. Ternyata ada loh yang disunahkan Nabi Muhammad SAW saat berbuka puasa. Selain anjuran membaca niat buka puasa, terdapat pula sunah Nabi Muhammad yang dapat kita lakukan saat berbuka. Berikut ini

rekomendasi wisata korea selatan yang muslim friendly

Ini Rekomendasi 5 Tempat Wisata Muslim Friendly di Korea Selatan

Hasuna.co.id – Ingin berlibur ke luar negeri? Salah satu negara tujuan wisata yang sangat terkenal adalah Korea Selatan. Namun, sebagai seorang muslim pertanyaan yang sering muncul adalah apakah ada fasilitas-fasilitas yang menunjang aktivitas muslim di

5 Rekomendasi Pakaian yang Dibawa Saat Ibadah Haji

  Hasuna.co.id – Melakukan ibadah haji adalah impian setiap Muslim. Selain persiapan spiritual, persiapan fisik termasuk pemilihan pakaian yang tepat sangat penting untuk memastikan kenyamanan selama pelaksanaan ibadah. Berikut ini adalah rekomendasi pakaian yang sebaiknya

hasuna biro haji plus

Mengenal Lebih Dekat Porsi Haji Plus dan Keuntungannya

Haji Plus adalah paket perjalanan yang memungkinkan jamaah untuk melakukan Umrah sebelum melaksanakan ibadah Haji. Haji Plus memiliki keistimewaan tersendiri karena memberikan kesempatan kepada jamaah untuk melaksanakan dua ibadah besar dalam satu perjalanan. Dalam blog

KANTOR PUSAT

Jl. Ipda Tut Harsono No.3, Muja Muju, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55165.

KANTOR HASUNA

© 2019 Hasuna Tour All right reserved