4 Hal Menarik Tentang Makam Rasullullah Muhammad SAW

makam rasulullah

Hasuna.co.id Salah satu destinasi saat berangkat haji atau umroh adalah mengunjungi makam Rasulullah Muhammad SAW. Makam Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam lokasinya adalah di dalam bangunan Masjid Nabawi. Tempat ini selalu menjadi lokasi istimewa di Tanah Suci Madinah.

Dahulu lokasi tersebut adalah kamar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan Ibunda Aisyah RA. Pada masa sekarang ini Masjid Nabawi semakin diperluas, sehingga rumah Aisyah RA. masuk ke dalam kompleks Masjid Nabawi yang telah diperluas saat ini.

Di samping makam Rasulullah, berjajar makam para sahabatnya, sahabat tersebut tak lain adalah Abu Bakar Ash-Shidiq dan Umar bin Khattab.

Nah, dibawah ini merupakan beberapa hal menarik tentang makam Nabi Muhammad SAW :

1. Pagar Tinggi dengan Hiasan Kaligrafi

Area makam Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dibentengi dengan pagar kokoh nan tinggi berhiaskan kaligrafi berwarna kuning keemasan. Ada penjaga khusus yang selalu stand by, penjaga tersebut biasa disebut askar, yang berjaga di sekitaran area makam. Salah satu tugas askar adalah mengingatkan apabila jemaah ada yang berbuat hal-hal berlebihan atas makam Nabi, misalnya menangis histeris ataupun melakukan salat di depan makamnya.

2. Makam Nabi adalah Kamar Aisyah

Diriwayatkan, sempat muncul perdebatan antara para sahabat Nabi ketika hendak menentukan lokasi pemakaman Rasulullah. Abu Bakar lah yang kemudian menjadi penengah dari perdebatan tersebut, karena Rasul pernah bersabda: “Tak seorang nabi pun meninggal dunia kecuali dimakamkan di tempat dia meninggal”. Apa yang diutarakan Abu Bakar tersebut berhasil menjadi penengah sekaligus menjadi argumen penentu mengapa Nabi Muhammad SAW dimakamkan di kamar Aisyah.

3. Makam di Dalam Masjid

Pada masa kepemimpinan Al-Walid I Sulayman ibn Abdul Malik (715-717 M) dari Dinasti Umayah, dilakukan perluasan area masjid Nabawi. Sebab, pertambahan jumlah umat Islam saat itu dirasa semakin banyak. Adik tiri Al-Walid I Sulayman ibn Abdul Malik, Umar ibn Abdul Aziz, memberikan masukan supaya makam Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bisa dimasukkan ke dalam area Masjid Nabawi.

Ditambah lagi, dibuat dinding pagar setinggi 5 meter mengelilingi area makam untuk menjaga tidak terlihat dari dalam masjid serta tidak ada jamaah yang melakukan aktivitas syirik di sekitar makam.

Di samping makam Nabi Muhammad SAW, ada juga makam dua sahabat Rasulullah, tak lain adalah Abu Bakar Ash Shiddiq dan Umar ibn Khattab.

4. Tak Pernah Sepi

Makam Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam serta para sahabat tidak pernah sepi dari orang yang berziarah. Jamaah umroh dan juga umat Islam lain yang datang ke Madinah selalu menyempatkan diri mengunjungi makam Nabi Muhammad SAW. Pertama beribadah di dalam Masjid Nabawi, termasuk juga di Raudhah, lalu berziarah ke makam Rasulullah.

Untuk Anda yang belum pernah berziarah ke makam Rasulullah dan rindu pulang ke tanah suci, bisa melepas kerinduan melalui umroh via Hasuna Tour. Atau ingin sekalian mendaftar Paket Haji Khusus, langsung saja hubungi CS Hasuna Tour via Telp/WA di 0811 904 567

Baca Juga Artikel Menarik dari Hasuna Umrah Jogja

Kisah Haji Wada’, Haji Pertama dan Terakhir Nabi Muhammad

Nabi Muhammad SAW adalah suri tauladan bagi umat muslim di seluruh penjuru dunia. Setiap perbuatan, perkataan, serta gerik-gerik beliau selalu diikuti oleh umatnya. Termasuk ketika beliau melakukan haji untuk pertama dan terakhir kali. Tata cara

Kisah Abrahah Menyerang Kabah dengan Pasukan Bergajah

Kisah Abrahah menyerang Kabah- Dalam sejarah Islam, terdapat salah satu peristiwa besar yang terjadi bertepatan dengan kelahiran Nabi Muhammad SAW, yaitu peristiwa penyerangan Kabah yang dilakukan oleh Abrahah. Dalam peristiwa ini, dikisahkan Abrahah menyerang Kabah

Perbedaan Haji Plus dan Haji Reguler

Apa sih perbedaan antara Haji plus dan haji regular? Sudahkah anda tahu perbedaan antara haji plus dan haji regular? Jika anda belum tahu maka kalian harus mengetahui terlebih dahulu tentang haji plus dan haji regular.

Kisah Penaklukan Mekah / Fathu Makkah

Kisah Penaklukan Mekah- Sejarah penaklukan Kota Mekah / fathu makkah tidak pernah lepas dari perjanjian Hudaibiyah. Perjanjian Hudaibiyah adalah perjanjian antara Kaum Quraisy di Mekah dengan Kaum Muslim di Madinah. Salah satu dari isi perjanjian

HASUNA BIRO UMROH JOGJA DAN HAJI PLUS FURODA (30)

8 Keistimewaan Ibadah Umroh yang Harus Anda Ketahui

Sebagai muslim, kita perlu tahu apa saja keistimewaan ibadah umroh. Meski berbeda dengan ibadah haji, namun ibadah umroh tidak kalah istimewanya di banding rukun Islam yang kelima itu. Banyak hal istimewa yang Allah janjikan pada

KANTOR PUSAT

Jl. Ipda Tut Harsono No.3, Muja Muju, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55165.

KANTOR HASUNA

Β© 2019 Hasuna Tour All right reservedΒ