10 Situs Bersejarah Islam di Mekah dan Madinah

Situs bersejarah tersebut juga memiliki keistimewaan tersendiri sehingga rasanya harus Anda kunjungi saat berkunjung ke tanah suci.  Dengan mengunjungi tempat atau situs bersejarah tersebut, Anda dapat menambah wawasan sekaligus menambah nilai keimanan. Berikut ini adalah beberapa situs bersejarah Islam yang ada di Mekah, Madinah, dan sekitarnya.

Saat menjalani haji dan umroh, mengunjungi berbagai situs bersejarah Islam di Mekah dan Madinah adalah agenda yang tidak boleh terlewatkan. Kota Mekah dan Madinah memiliki tempat-tempat yang memiliki nilai historis yang berkaitan dengan kisah Nabi dan Rasul.

1. Perpustakaan Mekkah Al-Mukarramah

National Library of Makkah.

Salah satu situs bersejarah Islam yang bisa Anda kunjungi saat berada di Mekkah adalah Perpustakaan Mekkah Al-Mukarramah yang terletak di sebelah timur Masjidil Haram, atau tepatnya di sebelah timur area Sa’i. Perpustakaan tersebut dipercaya dulunya merupakan  rumah Nabi Muhammad SAW.

2. Hijr Ismail

hijr ismail

Hijr Ismail merupakan bangunan tembok setengah lingkaran setinggi pundak yang terletak di sebelah utara Ka’bah. Tempat tersebut dibangun oleh kaum Quraisy untuk merenovasi bangunan Ka’Bah yang rusak. Bangunan ini memiliki keistimewaan karena menjadi salah satu tempat paling mustajab untuk memanjatkan doa.

3. Jabal Tsur atau Gunung Tsur

Gunung yang memiliki tinggi 458 meter ini menjadi salah satu tempat yang masuk daftar situs bersejarah Islam di Mekah dan Madinah karena di tempat ini Nabi Muhammad SAW dan Abu Bakar As Shiddiq bersembunyi saat dikejar-kejar oleh kaum kafir Quraisy selama mereka berhijrah ke Madinah.

4. Jabal Nur atau Gunung Nur

Jabal Nur

Jabal Nur merupakan situs bersejarah Islam karena di puncak gunung tersebut, tepatnya di Gua Hira, Nabi Muhammad menerima wahyu dari Malaikat Jibril untuk pertama kalinya. Namun, untuk sampai ke tempat tersebut Anda harus mendaki jalanan yang berbatu.

5.  Masjid Quba

Masjid Quba

Beberapa agen perjalanan haji dan umroh biasanya akan memasukan Masjid Quba sebagai salah satu situs bersejarah Islam di Mekah dan Madinah yang wajib untuk dikunjungi. Masjid ini merupakan masjid pertama yang dibangun oleh Nabi Muhammad SAW ketika beliau berhijrah ke Madinah.

Masjid Quba memiliki keistimewaan tersendiri, yakni siapa saja yang mendatangai masjid ini untuk melaksanakan shalat, maka pahala yang akan didapatkan sama dengan melakukan ibadah umroh.

6. Jannatul Baqi

Jannatul Baqi

Tempat bersejarah Islam selanjutnya adalah Makam Al-Baqi yang terletak di Mekah. Makam Al-Baqi merupakan tempat dimakamkannya keluarga Nabi Muhammad SAW yang bernama Ibrahim beserta para sahabat Nabi yang telah gugur.

7.  Masjid Bilal bin Rabah

Masjid Bilal bin Rabah

Masjid Bilal bin Rabah yang juga menjadi tempat yang bersejarah bagi umat Islam. Masjid ini letaknya cukup dekat Masjid Nabawi. Masjid ini dinamai sebagai Masjid Bilal bin Rabah karena konon kabarnya masjid ini dulunya adalah tempat tinggal Bilal bin Rabbah selama berada di Madinah. Bilal bin Rabah sendiri merupakan sahabat Nabi yang juga merupakan Muadzin pertama pada zaman Nabi.

8. Jabal Uhud

Jabal Uhud

Para jamaah haji dan umroh juga menjadikan Jabal Uhud yang terletak di Madinah sebagai salah satu tempat ziarah. Bukit ini sangat istimewa karena Allah menjanjikan kelak bukit ini aka nada di surge. Bukit Uhud yang terletak di Madinah ini dulunya merupakan tempat terjadinya peperangan antara kaum Muslim dengan pasukan kafir Mekah yang terjadi pada 23 Maret hingga 625 Masehi.

Kini telah hadir beberapa biro perjalanan haji dan umroh yang menawarkan fasilitas perjalanan ke Jabal Uhud. Jika Anda berangkat umroh dari Jogja, kini juga telah hadir agen perjalanan umroh Jogja yang menawarkan fasilitas untuk berziarah ke Jabal Uhud ini.

9. Masjid Ji’ranah

Masjid Ji’ranah  

Masjid yang terletak 21 km di timur laut dari pusat kota Mekah ini dulunya adalah tempat singgah pasukan Mujahidin yang dipimpin oleh Nabi Muhammad SAW selama tiga hari setelah memenangi perang Hawazin atau perang Hunain.

10. Masjid Jawatha

Masjid Jawatha

Masjid ini cukup bersejarah karena pernah dijadikan sebagai tempat penyimpanan batu Hajar Aswad yang sebelumnya pernah dicuri oleh kaum Qarmatians. Setelah berhasil diambil kembali oleh kaum Muslimin, batu Hajar Aswad tersebut tersimpan di Masjid ini selam 22 tahun.

Itulah 10 situs bersejarah Islam di Mekah dan Madinah yang bisa Anda kunjungi selama menjalani ibadah haji dan umroh.  Bagi Anda yang hendak memulai perjalanan umroh Anda dari kota Jogja, maka pilihlah biro perjalanan umroh Jogja yang terpercaya dan telah terjamin legalitas hukumnya. Hasuna Tour merupakan perusahaan tour haji dan umroh pertama dan tertua di Yogyakarta. Berdiri sejak 22 tahun yang lalu, Hasuna Tour telah sukses melayani 21.000 jamaah haji dan umroh dari seluruh Indonesia.

Baca Juga Artikel Menarik dari Hasuna Umrah Jogja

Sejarah Sa’i di Antara Bukit Shafa dan Marwah dan Maknanya

Tahukah anda ada kisah menarik tentang Sejarah sa’i atau berlari kecil di antara Bukit Shafa dan Marwah yang merupakan rangkaian ibadah umroh dan haji? Salah satu rukun dalam melaksanakan ibadah umroh dan haji adalah Sa’i.

9 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Umroh

9 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Umroh

Terdapat beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat umroh. Larangan tersebut dimulai ketika para jamaah umroh memakai kain ihram di miqat. Ihram sendiri artinya adalah “pengharaman”. Larangan tersebut berakhir ketika mereka bertahalul “penghalalan”. Beberapa larangan

Asal Muasal Air Zam-Zam yang Tak Pernah Kering

Asal muasal air zam-zam- Seusai melakukan ibadah haji di tanah suci, jamaah biasanya akan sibuk mencari oleh-oleh yang akan dibawa pulang ke tanah suci. Entah untuk simpanan pribadi ataupun dibagikan kepada tetangga dan sanak saudara.

HAJAR ASWAD

6 Keistimewaan Hajar Aswad, Batu Surga yang Dimuliakan

Keistimewaan Hajar Aswad- Pergi ke tanah suci menunaikan ibadah haji adalah impian bagi seluruh umat muslim di dunia. Di antara serangkaian kegiatan ibadah haji, salah satu yang menjadi impian jamaah haji adalah mencium hajar aswad.

KANTOR PUSAT

Jl. Ipda Tut Harsono No.3, Muja Muju, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55165.

KANTOR HASUNA

© 2019 Hasuna Tour All right reserved